Senin, 12 Agustus 2019

Mengganti Power Supply Dekoder Parabola Philsat Neymar HD

Dekoder parabola Philsat Neymar HD PL-101 milik penulis mengalami kerusakan pada power supply-nya, entah kenapa sebabnya, tiba-tiba saja sekitar 2 minggu yang lalu tidak mau menyala. Hanya ada tanda power dengan cahaya yang remang-remang.

Lampu power on menyala remang, tanda kerusakan power supply
Casing dekoder penulis bongkar, kemudian penulis melihat rangkaian power supply dan memesan rangkaian power supply yang cocok dan persis dengan yang ada di dekoder di Shopee.

Rangkaian power supply disebelah kiri, sebelah kanan rangkaian dekoder
Akhirnya ketemu dengan harga 35rb, dan yang jual tokonya di daerah Pamekasan Madura!

Rangkaian power supply yang baru

Atas power supply lama, bawah yang baru
Sebelum memasang power supply yang baru, HARAP PERHATIKAN tegangan output dari power supply yang baru (5.5V, G, 15V dan 20V) JANGAN SAMPAI TERBALIK ketika memasang ke rangkaian dekoder. Bila terbalik, akan fatal akibatnya, yaitu rangkaian dekoder bisa hangus! Tapi rangkaian power supply yang baru meskipun terlihat terbalik tegangan output-nya ternyata konektor untuk ke rangkaian dekoder sesuai dengan urutan rangkaian power supply aslinya.

Rangkaian power supply yang baru sudah terpasang di dekoder Philsat
Setelah rangkaian power supply terpasang, saatnya uji coba, yaitu coba menghidupkan dekoder tanpa harus tersambung ke antena parabola. Tinggal colokkan listrik, tekan tombol power untuk menghidupkan dekoder.

Akhirnya dekoder mau on juga, tandanya power supply baru bekerja dengan baik
Kini saatnya dekoder disambungkan dengan antena parabola dan televisi untuk mengecek apakah dekoder bekerja dengan baik.

Dekoder sudah bekerja nomal kembali, ditandai terdeteksinya tayangan channel
Akhirnya, dekoder Philsat Neymar HD PL-101 milik penulis kembali bekerja dengan normal kembali dan bisa menonton tayangan channel di parabola.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca setia blog ini, agar dapat melakukan penggantian sendiri rangkaian power supply dekoder parabola yang rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar