Selasa, 29 Januari 2019

RPCS3: Sony Playstation 3 Emulator

Kali ini emulator saya perbarui sesuai dengan build terbaru, yaitu 7758. Bila anda mau memperbarui sendiri, tinggal download pembaruan emulator ini di laman www.emucr.com dan timpa file rpcs3.exe yang ada dengan file yang sama dari unduhan terbaru.

Ditulis pada tanggal 16-07-2018

Kali ini saya mau membahas tentang emulator RPCS3 untuk console permainan dari Sony, yaitu PS3 (Playstation 3). Emulator ini adalah satu-satunya emulator PS3 untuk PC, banyak juga beredar emulator PS3 palsu yang ternyata emulator PS2 yang diganti tampilannya seolah-olah adalah emulator PS3. Emulator ini dapat diunduh disini, ataupun dari sini.

Tampilan awal emulator RPCS3

Emulator ini membutuhkan firmware orisinil (semacam BIOS) dari Sony yang dapat diunduh di www.playstation.com/en-us/support/system-updates/ps3/ yang selanjutnya dipasang melalui menu File -> Install Firmware pada aplikasi emulator PS3 ini, serta membutuhkan library Vulkan API (file vulkan-1.dll). Tetapi jangan khawatir, emulator RPCS3 yang diunduh dari blog saya ini (dari laman oload.stream) sudah terpasang firmware versi terbaru, yaitu 4.82; serta file vulkan-1.dll sehingga siap dijalankan. Emulator ini sudah saya coba sendiri dikomputer Prosesor Core i7 3770 3,4GHz dengan VGA AMD Radeon HD 7570 dan berjalan dengan lancar.

Untuk menjalankan emulator ini, ekstraksi emulator hasil unduhan dari blog ini ke suatu folder di harddrive anda, kemudian jalankan file rpcs3.exe. Selanjutnya lakukan setelan pada emulator ini, klik menu Configuration. Salah satu kendala yang saya alami, untuk suara gunakan OpenAL jangan gunakan yang lainnya. Jangan lupa untuk membatasi frame rate menjadi 60fps dan set Anti Aliasing menjadi Force-Disabled pada setelan kartu grafis, kalau tidak, permainan yang grafis nya tidak terlalu berat akan berjalan sangat cepat.

Tampilan menu permainan Dragonball Z: Burst Limit di RPCS3

Tampilan dalam permainan Dragonball Z: Burst Limit di RPCS3
Salah satu referensi untuk mengunduh permainan PS3 adalah http://freepsndownlond.blogspot.com, format file permainan PS3 yang berupa unduhan dari PlaySytation Network biasanya PKG. File PKG ini selanjutnya dapat dipasang melalui menu File -> Install .PKG pada aplikasi emulator PS3 ini. Kalau anda ingin membuka file PKG ini, dapat menggunakan aplikasi PSN PKG Decryptor & Extractor v1.85 yang dapat diunduh disini.

Hampir semua permainan dapat dimainkan pada emulator PS3 ini, untuk daftar permainan yang dapat dimainkan dapat dilihat di https://rpcs3.net/compatibility?c=c&s=1 .

Selamat mencoba permainan PS3 di komputer anda.

NB: Versi emulator akan saya perbarui terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar