Rabu, 23 Januari 2019

Ganti Keyless Chuck Pada Hammer Drill 13mm Merk Krisbow

Ketika saya membeli bor jenis cordless (tanpa kabel/menggunakan batre) merek Black+ Deker, pandangan saya tertuju pada chuck (kepala pengait mata bor) yang bentuknya aneh dan tidak menggunakan kunci untuk mengencangkan mata bor. Karena saya penasaran, saya browsing untuk mengetahui apa nama chuck tersebut, ternyata namanya keyless chuck. Akhirnya saya berpikir untuk mengganti chuck bor saya merek Krisbow ke keyless chuck supaya lebih praktis.

Keyless chuck merek MaxSell
Akhirnya saya browsing mencari keyless chuck dan mendapatkan harga yang murah bermerek MaxSell di www.shopee.co.id seharga Rp. 32.000,- dan saya langsung membeli dua buah. Ada juga yang bermerek WIPRO maupun SAN OU (bentuknya pelindung chuck separuh dari plastik dan separuh besi).

Bor merek Krisbow yang akan jadi korban menjadi keyless chuck
Setelah mencari dan melihat cara untuk melepas chuck bor, sekarang waktunya mengganti chuck bor Krisbow ini. Persiapan yang harus dilakukan adalah siapkan impact driver (obeng getok/ketok), mata obeng baik yang jenis + maupun segi enam (untuk membuka baut pengunci didalam chuck karena ada yang menggunakan + ada yang segi enam) dan bor yang akan diganti chuck-nya itu sendiri.

Baut pengunci chuck bor Krisbow berjenis +
Setelah siap, putar chuck agar menganga dan dapat terlihat jenis baut yang mengunci chuck-nya. Kebetulan baut pengunci chuck bor Krisbow ini model +.

 Langkah selanjutnya adalah memilih dan memastikan mata obeng + benar-benar pas dengan ukuran + baut agar ketika dalam proses pembukaan menggunakan obeng getok baut tidak rusak.


Pastikan mata obeng pas dengan baut pengunci chuck
Langkah selanjutnya adalah memasang kunci chuck untuk menahan supaya chuck tidak ikut berputar ketika baut pengunci dibuka menggunakan obeng getok. Putar obeng getok kearah kanan (searah jarum jam) hingga mengunci, selanjutnya pukul obeng getok menggunakan palu. Kemudian putar baut pengunci searah jarum jam hingga terlepas.

Chuck terlepas dari as bor
Selanjutnya putar chuck berlawanan dengan arah jarum jam hingga terlepas dari as bor sehingga siap untuk diganti dengan keyless chuck.


Keyless chuck dipasang pada as bor
Langkah selanjutnya adalah memasang keyless chuck dengan cara memasang ke as dan diputar searah jarum jam hingga mentok. Untuk mengencangkan lagi, pegang keyless chuck dan hidupkan bor pada posisi forward, tekan pelan-pelan tombol bor hingga terasa chuck mentok.

Memasang baut pengunci keyless chuck
Langkah selanjutnya adalah memasang baut pengunci dengan cara memutar keyless chuck agar menganga, kemudian masukkan baut penguncinya. Putar baut pengunci berlawanan arah jarum jam hingga mentok. Kemudian putar obeng getok kearah kiri (berlawanan arah jarum jam) hingga mengunci, selanjutnya pukul obeng getok menggunakan palu.

Bor Krisbow keyless chuck siap digunakan
Setelah selesai, saatnya menguji coba penguncian mata obeng pada keyless chuck dan kemudian bor dinyalakan untuk melihat, apakah mata obeng tetap lurus ketika bor digunakan. Bila mata obeng tetap lurus ketika bor berputar, maka bor siap digunakan. Apabila mata obeng tidak lurus, maka kemungkinan kualitas chuck-nya tidak bagus dan harus diganti lagi.

Begitulah kira-kira cara mengganti sendiri chuck bor dengan peralatan yang ada. Silahkan mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar