Minggu, 16 Desember 2018

Mengganti Bridge si Peavey

Hari Minggu kemarin, pas pulang ke rumah orangtua di Surabaya, teringat kalau ada rencana untuk mengganti bridge gitar bass Peavey. Baru kali ini menyempatkan diri, setelah putus asa tahun 2015 ketika mau mengganti bridge gitar bass ini ternyata dua buah sekrupnya sudah berkarat dan hancur tidak bisa dibuka menggunakan obeng plus biasa. Si Peavey ini jenis Precision Bass, dimana nada yang dihasilkan cocok untuk untuk bermain musik genre rock.

Dua sekrup bridge yang sudah hancur kepalanya.
Setelah browsing di www.jakartanotebook.com, menemukan produk merek SpeedOut untuk melepas sekrup yang sudah hancur kepala plus ataupun minus-nya. Setelah membeli produk ini, dengan berbekal nekat, akhirnya mencoba untuk membuka kedua sekrup yang sudah berkarat dan hancur tadi.

Pertama-tama, cocokkan ukuran SpeedOut sesuai dengan ukuran kepala sekrup yang hancur tadi. Kedua, setel arah putaran bor ke kiri (berlawanan arah putaran jarum jam), kemudian gunakan kepala yang berbentuk seperti bor (bukan yang ulir bor) untuk meratakan menjadi lubang di kepala sekrup yang hancur tadi. Ketiga, balik mata bor (gunakan yang ulir bor) kemudian jalankan bor kecepatan agak tinggi biar ulir bor menancap di sekrup sehingga sekrup yang hancur tadi terlepas.
Sekrup yang hancur kepalanya tertarik keluar.

Setelah masalah sekrup sudah teratasi, sekarang waktunya mengganti bridge si Peavey.. Setelah bridge yang lama dilepas, waktunya dibersihkan tempat bekasnya si bridge tadi.
Membersihkan bekas bridge lama.

Karena bekas bridge karatnya sampai merusak pernisnya si Peavey, berarti harus dikasih semacam pembatas dari plastik agar karat tidak "menular" ke bridge penggantinya. Selanjutnya pasang bridge yang baru.
Pasang pembatas agar bridge baru tidak berkarat, selanjutnya disekrup.

Bridge yang baru sudah terpasang.

Setelah bridge terpasang, waktunya pasang senar dan bridge tuning biar tidak terjadi fretbuzz ditiap senar ketika dimainkan.
Tuning Bridge sudah selesai, si Peavey siap digunakan.

Begitulah kira-kira cara mengganti bridge gitar bass dan yang penting tahu caranya untuk mengeluarkan sekrup yang berkarat dan hancur kepalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar