Selasa, 03 Desember 2019

Deteksi Plagiasi Pada Naskah Jurnal, Tesis, dan lain-lain

Pembaruan: 03-12-2019 
Karena tautan pada oload.stream habis masa berlakunya, maka penulis menaruh kembali program Plagiarism Detector versi 1092 serta Plagiarism Checker X versi 6.0.11 di Google Drive.

Pernahkah anda sekalian mendengar kata-kata 'PLAGIAT'? Kalau mendengar kata-kata itu solah-olah kita seperti merasa bersalah mencuri atau meniru hasil karya orang lain. Kenapa saya mem-posting tulisan ini? Karena saya mendapat tugas dari kantor untuk melakukan pengecekan tentang naskah untuk akreditasi.

Nah, saat ini ada program komputer yang menjadi andalan dalam pengecekan plagiasi pada suatu naskah, yaitu Plagiarism Detector versi 1092 dan Plagiarism Checker X versi 6.0.11. Pengecekan ini dapat secara on-line (tersambung internet) maupun secara off-line (berdasakan naskah-naskah yang ada dikomputer anda). Untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya pengecekan plagiasi dilakukan secara on-line saja.

Program aplikasi Plagiarism Detector versi 1092 ini juga digunakan oleh kampus-kampus ternama di Indonesia (sebagai contoh di Pascasarjana Universitas Brawijaya) untuk pengecekan plagiat bagi para mahasiswa yang akan submit (mengirimkan) naskah berupa paper, jurnal, thesis maupun disertasi

Tampilan awal aplikasi Plagiarism Detector 1092
Cara memasang program ini sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Plagiarism Detector 1092.
2. Buka file kompresi Plagiarism_Detector_v1092.zip di harddisk anda.
3. Jalankan file Plagiarism-Detector-Setup-1092.exe, ikuti langkah demi langkah sampai aplikasi tersebut terpasang dan aplikasi tersebut jangan dijalankan terlebih dahulu.
4. Salin dan timpa file Plagiarism Detector.exe dari hasil pembukaan kompresi tadi ke folder dimana aplikasi tersebut terpasang.
5. Jalankan aplikasi tersebut, akan muncul tulisan Plagiarism Detector Pro pada Active License Detail-nya.

Tampilan Plagiarism Detector sewaktu proses pengecekan plagiasi on-line
Selamat mencoba untuk mengecek naskah karya anda, apakah terkena plagiasi atau tidak.. Kedua aplikasi ini dapat diunduh disini (Plagiarism Detector versi 1092) dan disini (Plagiarism Checker X versi 6.0.11).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar