Senin, 16 Desember 2019

Microsoft Windows 3.x AIO (All-In-One)

Setelah beberapa waktu yang lalu penulis mem-posting Microsoft Windows 9X AIO, pada kesempatan kali ini penulis membuat ISO CD dari koleksi sistem operasi Windows versi 3 yang penulis punya di HDD komputer lama penulis.

Untuk membuat ISO CD ini bootable, penulis tidak menggunakan ISOLINUX dan MEMDISK tetapi hanya menggunakan bootdisk yang penulis buat sendiri berbasis MS-DOS 6.22 karena Microsoft Windows 3.x tidak membutuhkan versi DOS yang spesifik seperti Microsoft Windows 9X. Pada bootdisk ini penulis isi dengan system DOS minimalis, disertai driver CD-ROM, partition manager dan program recovery untuk mengembalikan berkas yang terhapus, baik di disket maupun HDD. Didalam ISO CD juga penulis sertakan image dari bootdisk yang digunakan booting pada CD, sehingga apabila komputer anda tidak mendukung boot dari CD, maka bisa boot menggunakan disket 1.44MB.

Sebelum memasang Microsoft Windows 3.x ini, pastikan partisi HDD anda sudah terisi MS-DOS dan menggunakan filesystem FAT16! Bila HDD anda belum terpartisi, maka gunakan program partisi part244.exe pada image disket. Bila partisi anda belum terisi MS-DOS, maka lakukan format dengan menjalankan perintah "format c:/s/q" dimana c: adalah partisi bootable HDD anda.

Bila HDD anda sudah siap untuk dipasangi Microsoft Windows 3.x dan komputer anda mendukung booting dari CD, maka set booting pertama kali komputer anda pada CD. Masukkan CD kedalam drive CD-ROM, kemudian restart komputer anda. Maka tampilan pertama boot dari CD seperti gambar dibawah ini:

Tampilan Menu Dari Boot CD/Disk Untuk Memilih Versi Windows 3.x
Pilih versi Microsoft Windows 3.x yang akan anda pasang, kemudian tekan tombol enter, bila berhasil, maka program Setup dari Microsoft Windows 3.x akan terpanggil secara otomatis. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan oleh Setup untuk memasang Microsoft Windows 3.x ini.

Tampilan Setup Dari Microsoft Windows 3.00a

Sebagai bukti bahwa Microsoft Windows 3.x sukses terpasang, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Bukti Microsoft Windows 3.0 Terpasang Dengan Baik

Bukti Microsoft Windows 3.00a Terpasang Dengan Baik

Bukti Microsoft Windows 3.1 Terpasang Dengan Baik

Bukti Microsoft Windows 3.1 for Workgroups Terpasang Dengan Baik

Bukti Microsoft Windows 3.11 Terpasang Dengan Baik

Bukti Microsoft Windows 3.11 for Workgroups Terpasang Dengan Baik
Microsoft Windows 3.x AIO ISO ini bisa diunduh disini. Selamat bernostalgia kembali dengan OS Microsoft Windows 3.x ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar