Minggu, 14 Juli 2019

Memodifikasi Cartridge Canon 745 Agar Mudah Diisi Ulang

Kali ini saya membahas cara mengganti isi cartridge printer Canon MG2570 milik istri saya yang habis tinta hitamnya. Sempat beli refill cartridge (isi ulang) untuk cartridge 745 (Hitam) dan 746 (Warna) di shopee tapi masih belum sempat memasang karena tinta belum ada yang habis. Naah, kebetulan tadi pagi dipakai nge-print tugas Psikologi istri, habis tinta hitamnya. Kesempatan untuk mengganti isi tinta nih...

Awalnya kebingungan untuk membuka tutup cartridge ini, karena tutorial yang ada tidak memberikan dengan rinci cara membuka tutup cartridge ini. Awalnya saya berpikir menggunakan gerinda kecil untuk membuka tutup cartridge, tetapi begitu melihat fisik cartridge ini takutnya terkena gerinda plastik akan panas dan meleleh. Akhirnya, saya menemukan celah di atas sensor cartridge dan berpikir mungkin bisa dicongkel dari celah ini.

Gunakan cutter dicelah ini untuk membuka
Cutter diiriskan berulang kali sambil mencongkel untuk membuka
Saya menggunakan cutter yang tajam, kemudian saya iriskan berulang kali sambil dimiringkan untuk mencongkel tutup cartridge ini. Akhirnya tutup cartridge mau lepas dari cartridge case-nya.

Tutup cartridge akhirnya terbuka, terlihat spon yang habis tintanya
Selanjutnya tinggal memindahkan isi ulang ke cartridge 745 yang sudah terbuka tutupnya.

Isi ulang untuk cartridge 745
Pindahkan isi ulang ke cartridge 745
Langkah selanjutnya adalah melepas spon tinta hitam kemudian memindahkan isi ulang kedalam cartridge 745.

Spon cartridge sudah dilepas
Isi ulang sudah terpasang di cartridge
 Sebelum digunakan, lepaskan stiker bertuliskan "pull before installation" dan akan kelihatan lubang untuk pengisian ulang tinta. Bisa juga lubang pengisian tinta ditutup dengan isolasi untuk mencegah tinta kering.

Lepaskan stiker bertuliskan "pull before installation" sebelum dipakai

Pasang tinta ke dalam printer, sebelum melakukan pencetakan, terlebih dahulu lakukan deep cleaning maupun head cleaning agar hasil pencetakan menjadi optimal.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda sekalian dalam mengisi ulang cartridge 745. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengisi ulang cartridge 746. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar