Sabtu, 27 Juli 2019

Cara Membuka Casing Baterai Laptop Lenovo G50-45

Kembali lagi saya mengulas laptop kelas ekonomi saya (prosesor AMD E1), yaitu Lenovo G50-45. Kali ini membahas tentang mengganti baterai laptop ini yang sudah tidak mau dicas lagi kurang lebih 6 bulanan. Model baterai yang tertera pada casing baterai adalah L12L4E01 yang dapat digunakan di laptop Lenovo seri G40 dan G50. Awalnya malam minggu ini saya berniat untuk membuka casing baterai tersebut dengan cara menggerindanya menggunakan gerinda mini. Tetapi tanpa sengaja, pas saya putar-putar berlawanan arah antara bagian atas dan bawah baterai tiba-tiba casing baterai terbuka dengan sendirinya.

Untuk lebih jelasnya cara untuk membuka casing baterai ini, dapat dilihat di gambar-gambar dibawah ini:

Casing yang terbuka dengan cara dipuntir
1. Tahan bagian atas baterai dengan menggunakan tangan dan jempol kiri seperti gambar diatas, kemudian bagian bawah baterai tahan dengan tangan kanan. Putar tangan kiri kearah kanan dan putar tangan kanan kearah kiri (saling berlawanan arah), maka casing akan terbuka dengan sendirinya. Lakukan hal ini untuk membuka kedua sisi baterai.

Tahan dan buka casing dengan kedua tangan
2. Untuk membuka bagian tengah casing, gunakan kedua tangan seperti gambar diatas dan lakukan secara perlahan-lahan untuk membuka rata bagian tengah casing.

Casing baterai terbuka seluruhnya
Setelah terbuka, tinggal melepaskan baterai dari casing
3. Untuk melepaskan baterai dari casing-nya, lepas dahulu rangkaian charger dari casing kemudian balikkan casing (ditelungkupkan) kemudian cungkil baterai maka rangkaian baterai akan lepas dengan sendirinya.

Rangkaian charger dan baterai terlepas dari casing
Baterai yang digunakan jenis 18650 dengan kapasitas 2800mAh
4. Jenis baterai yang digunakan jenis 1860 dengan kapasitas 2800 mAh yang dirangkai secara seri (dapat dilihat di label casing tertulis 14.8V (4x3.7V = 14.8V) 2800 mAh. Ingat! Rangkaian seri itu menaikkan tegangan (voltase) tetapi arus tetap (mAh).
Untuk mengganti baterai dapat menggunakan baterai jenis 18650 flat top dengan kapasitas 2800 mAh atau lebih tinggi (agar lebih tahan lama).

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda sekalian dalam membuka casing baterai laptop Lenovo. Cara ini juga dapat digunakan untuk membuka casing baterai laptop lainnya yang bentuknya juga sama. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar