Senin, 08 Juli 2019

Pasang HDD Caddy di Laptop Lenovo G50-45

Kembali lagi saya mengulas laptop kelas ekonomi saya (prosesornya AMD E1), yaitu Lenovo G50-45. Kali ini DVD drive laptop ini sudah error dimana ketika diapakai merekam data ke CD/DVD, sudah dipastikan error ketika di verify. Hari Minggu kemarin pas ke Surabaya dalam rangka melayat ke teman main dan tetangga semasa kecil meninggal dunia, iseng nyari caddy ukuran 9mm (ketebalan drive) di jakartanotebook.com untuk mengganti DVD drive. Caddy 9mm ready dicabang offline jakartanotebook.com di Surabaya Timur, langsung saja ke sana untuk membelinya. Harga caddy tersebut sekitar 55rb-an dan langsung saya tes ditempat dan cocok dengan laptop Lenovo ini.

Berikut ini langkah-langkah memasang caddy dilaptop Lenovo ini. Pertama-tama adalah membuka 3 buah sekrup dibagian cover belakang laptop.

Buka 3 buah sekrup yang dlingkari
Untuk membuka, cover belakang tinggal ditekan terus digeser kearah bawah, kemudian baru diangkat. Barulah terlihat isi dari laptop tersebut. Untuk melepas DVD drive, buka sekrup didekat stiker Windows 8.

Tampilan isi laptop, buka sekrup yang ditandai untuk melepas DVD
Setelah sekrup dibuka, ungkit dan dorong besi pengaman DVD ke arah luar, sehingga DVD drive terdorong keluar dari rumahnya.

Dorong ke arah luar besi pengaman DVD drive untuk melepasnya
DVD drive berhasil dilepas
Setelah DVD terlepas, barulah memasang HDD atau SSD 2.5" ke caddy tersebut dan pindahkan besi pengaman dari DVD ke caddy untuk mengencangkan dan mengamankan caddy didalam rumahnya.

HDD 80GB terpasang pada caddy
Selanjutnya masukkan caddy tersebut ke rumah DVD dan pasang sekrup pada besi pengaman tersebut (lihat gambar kedua dari atas) dan tutup kembali cover belakang laptop, jangan lupa pasang 3 buah sekrupnya (lihat gambar pertama dari atas).

Nyalakan laptop, kemudian tekan tombol Fn + F2 untuk masuk ke dalam BIOS laptop. Pada gambar dibawah, HDD Fujitsu 80GB terdeteksi sebagai Hard Disk 2 di BIOS.

HDD Fujitsu 80G terdeteksi di BIOS

Kalau anda ingin memasang OS Windows di HDD didalam caddy, maka jangan lupa mengatur posisi HDD caddy tersebut sebagai 1st Boot (HDD yang di-booting pertama kali), bila anda tidak melakukannya, dijamin Windows installer akan menampilkan pesan kesalahan terus. Serta rubah Boot Mode menjadi Legacy Support agar mendukung OS non EFI.

Atur HDD yang baru sebagai 1st Boot bila akan dipasang OS Windows

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda sekalian dalam mengganti DVD drive di laptop anda untuk menambah harddisk pada laptop anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar