Kamis, 01 Februari 2024

Uji Coba Aplikasi DVDFab Photo Enhancer AI 1.2.0.3

Tampilan Awal DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Tampilan Awal DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Sebelumnya penulis pernah mengulas perangkat lunak untuk memperbesar ukuran gambar menggunakan AI (Artificial Intelligent) yang diprakarsai oleh Topaz Gigapixel AI 5.6.1 sekarang mulai banyak beredar aplikasiperangkat lunak menawarkan fitur yang sama dengan produk besutan Topaz, tetapi penulis rasakan "lebih ringan" karena sanggup berjalan di sistem operasi Windows 7 x64.

Perangkat lunak DVDFab Photo Enhancer AI yang penulis coba adalah versi 1.2.0.3 dan versi portable agar memudahkan dalam uji coba tanpa harus repot dengan proses pemasangannya. Perangkat lunak ini berukuran sangat besar, yakni 3,57 GB lho! Belum lagi harus tersambung ke internet untuk menggunakannya, karena perangkat lunak ini akan mengunduh AI Model terbaru dari laman web-nya.

Tampilan Pembesaran 2x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Tampilan Pembesaran 2x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Dalam uji coba ini, penulis menggunakan berkas foto lama milik penulis tahun 2005 yang diambil menggunakan ponsel Nokia 6630 yang beresolusi 1280x960 pixel (1.3MP). Kebetulan yang menjadi contoh dalam foto ini adalah teman penulis di Surabaya pada jaman itu, dan entah kemana sekarang dianya hehehehe..

Tampilan Pembesaran 4x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Tampilan Pembesaran 4x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1

Tampilan Pembesaran 6x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Tampilan Pembesaran 6x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Penulis mencoba untuk memperbesarnya hingga ukuran 6x lipat! Semula berukuran 1280x960 pixel menjadi 7680x5760 pixel. Penulis hanya menggunakan setelan default (setelan bawaan pabrik) untuk melihat hasil standar dari perangkat lunak ini. Dann, penulis menggunakan laptop Fujitsu Lifebook T902 yang notabene menggunakan prosesor Intel Core i5-3320M (prosesor i5 generasi ke 3) dengan RAM merek Kingston sebesar 16GB (2x8GB).

Dari hasil pembesaran yang dilakukan oleh perangkat lunak ini sudah cukup bagus dan hampir mirip dengan hasil dari perangkat lunak besutan Topaz. Banyak hal yang masih perlu dibenahi, sebagai contoh rekonstruksi pada mata, gigi dan lubang hidup kiri dari foto tersebut masih belum bagus dan halus. Memang hasil pembesaran dari perangkat lunak ini ini masih perlu sentuhan suntingan tambahan, seperti merapikan pada lubang hidung sebelah kiri maupun pada mata. Sebagai tambahan, apabila pada foto terdapat noise, gunakan Suppress Noise pada Denoise, kalau ada blur, gunakan Remove Blur pada Denoise dan penulis coba hasilnya termasuk memuaskan lho..

Tampilan Proses Penyimpanan Hasil Pembesaran 6x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Tampilan Proses Penyimpanan Hasil Pembesaran 6x DVDFab Photo Enhancer AI 2.1
Penulis memilih untuk menyimpan berkas foto hasil pembesaran ke format PNG untuk memudahkan dalam proses penyuntingan nantinya. Dikarenakan kalau disimpan dalam format JPG maka tekstur maupun detil akan ada yang hilang akibat proses kompresi lossyless dari JPG. Perubahan dari resolusi 1280x960 ke 7680x5760 dengan setelan pembesaran 6x, brightness dan contrast 55 dengan hasil disimpan dalam format PNG membutuhkan waktu sekitar 2 menit 34 detik. Ukuran berkas awal JPG sebesar 358 KB (367,345 bytes) menjadi PNG sebesar 61,3 MB (64,337,907 bytes).

Semoga uji coba singkat perangkat lunak ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin memperbesar kualitas foto/gambar nostalgia koleksi pribadi sehingga dapat anda nikmati dan dicetak dalam ukuran besar.. Seperti biasa penulis berikan tautan pengunduhan perangkat lunak ini disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar