Kamis, 08 Februari 2024

Unboxing dan Review SmartWatch Skmei DG1512

Tampilan Kemasan Skmei DG1512
Tampilan Kemasan Skmei DG1512
Huff, kalau bukan karena pisau lipat yang tidak sesuai dengan deskripsinya, mungkin penulis tidak membeli jam ini! Yaa karena sudah terjadi kesalahan ini, akhirnya penulis mengembalikan pisau lipat tersebut dan membeli jam pintar ini dengan menambah sebesar Rp. 105.100,- dari harga Rp. 196.100,- di Jakmall. Penulis melihat bahwa jam ini tampilannya clean (bersih) dan memiliki fitur seperti jam pintar North Edge Laker tetapi ditambahi dengan fitur kompas.

Sebenarnya penulis tidak percaya dengan kualitas kompas merek SKMEI ini, karena penulis pernah memiliki jam kompas merek ini dan tidak sampai setahun kompas sudah tidak berfungsi, padahal selama pemakaian tidak pernah sekalipun jatuh ataupun dipakai ketika berwudhu. Mungkin beda harga beda kualitasnya, penulis pun memberanikan diri membeli jam ini dan jam pintar ini sampai ditangan penulis 7 Pebruari 2024 tetapi baru selesai menguji fungsi kepintarannya tanggal 8 Pebruari 2024. Langsung saja kita ulas secara singkat saja fitur dari jam pintar ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Depan Skmei DG1512
Tampilan Depan Skmei DG1512

Tampilan Belakang Skmei DG1512
Tampilan Belakang Skmei DG1512
Jam pintar ini dikemas suangat sederhana sekali untuk menekan biaya penjualan, yaitu: jam pintar dan charger hanya dibungkus plastik putih tanpa disertai kartu garansi maupun petunjuk penggunaan.

Tampilan Depan Jarak Dekat Skmei DG1512 Kondisi Mati
Tampilan Depan Jarak Dekat Skmei DG1512 Kondisi Mati

Tampilan Belakang Jarak Dekat Skmei DG1512
Tampilan Belakang Jarak Dekat Skmei DG1512
Ketika unit sudah ditangan penulis, ternyata baterai masih dalam keadaan kosong, sehingga harus dicas terlebih dahulu agar bisa diuji coba.

Tampilan Bukti Keaslian Skmei DG1512
Tampilan Bukti Keaslian Skmei DG1512
Saat penulis memfoto bagian belakang jam ini, ternyata QR Code ini membawa ke laman web untuk authentication (pengecekan keaslian) dari jam ini, penulis kirimkan saja foto ini dan laman web ini memberitahukan bahwa unit milik penulis adalah orisinil.


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Charging Skmei DG1512
Tampilan Charging Skmei DG1512
Pada bagian belakang jam terdapat sensor untuk heart rate (detak jantung) dan magnetic charger receiver yang tidak reversible (tidak bisa dibolak balik letaknya, apabila terbalik maka kutub magnet akan menolak penempelan charger). Penulis mengecas jam ini menggunakan powerbank supaya tidak kelupaan mencabut ketika sudah selesai proses cas-nya.

Tampilan Kondisi Menyala Skmei DG1512
Tampilan Kondisi Menyala Skmei DG1512
Ketika dicas, maka jam ini langsung saja menyala dan diikuti dengan indikator bluetooth berkedip-kedip menandakan bahwa jam ini siap untuk di-pairing (disambungkan) ke ponsel.

Tampilan Lampu Skmei DG1512
Tampilan Lampu Skmei DG1512
Untuk menyalakan lampu, cukup tekan tombol kiri atas. Lampu berwarna biru terang lumayan terang juga pencahayaannya.

Tampilan Pembacaan Heart Rate Skmei DG1512
Tampilan Pembacaan Heart Rate Skmei DG1512
Pertama kali yang penulis coba adalah fitur heart rate, caranya adalah menekan tombol kiri bawah sebanyak 8 kali sampai logo bergambar hati berkedip-kedip menandakan sensor pendeteksi detak jantung bekerja. Sensor pendeteksi detak jantung akan bekerja selama 28 detik saja dan kembali ke tampilan awal jam, untuk menampilkan nilai pertama detak jantung membutuhkan waktu sekitar 11 detik. Pembacaan heart rate ini lebih bagus dan cepat daripada jam North Edge Laker yang harus diulang dua kali baru mau membaca.

Tampilan Kompas Skmei DG1512
Tampilan Kompas Skmei DG1512
Untuk menggunakan fitur kompas, caranya adalah menekan tombol kiri bawah sebanyak 5 kali sampai muncul tampilan arah kompas dan nilai sudut kompas. Menurut penulis, penggunaan kompas pertama kali agak lambat dan kurang akurat. Penulis kemudian mengkalibrasi kompas dengan mengikuti petunjuk seperti di jam North Edge Cross Fit 3, yaitu ketika jam dipakai, putarkan jam berlawanan dengan arah putaran jarum jam (putar kearah kiri). Hasil dari kalibrasi ini lumayan lah, kompas jadi agak akurat membaca sudut arah.

Sebagai tambahan, untuk mematikan jam, pencet tombol kiri bawah dan kanan atas secara bersamaan sampai muncul tulisan OFF. Sedangkan untuk menyalakan kembali, pencet kembali tombol yang sama. Untuk mematikan bluetooth, pencet tombol kiri atas dan kanan bawah secara bersamaan sampai logo bluetooth mati (tidak berkedip lagi). Sedangkan untuk menyalakan kembali, pencet kembali tombol yang sama dan ketika bluetooth-nya hidup, jam ini bernama XWatch Pro. Jam ini JANGAN di-pairing dengan ponsel menggunakan fitur bluetooth bawaan ponsel anda, tetapi di-pairing menggunakan aplikasi Sports+ (sama seperti yang digunakan oleh jam North Edge Laker), apabila sudah ter-pairing, maka logo bluetooth di jam tidak akan berkedip lagi.

Setelah penulis coba secara pribadi, sambungan bluetooth dari jam ini ke ponsel Infinix Note 10 Pro milik penulis sangat bagus, jarang terputus. Notification pesan bekerja dengan baik, yakni gambar surat (dibagian atas layar jam) akan berkedip-kedip, tetapi membutuhkan waktu sekitar 78 detik dari pesan WhatsApp masuk pertama kali. Secara umum, jam pintar ini worth banget, mungkin hanya ketahanan daya pakai dan kualitas komponen yang digunakan oleh jam pintar ini saja yang patut dipertanyakan. Ada satu kekurangan dari jam ini, yakni kalau kita menggunakan fitur stopwatch, maka setelah 5 menit, maka tampilan stopwatch akan dikembalikan ke tampilan utama, yakni fungsi jam. Kalau dipandang dari resiko keamanan, jika jam pintar ini hilang ya menyesalnya sangat sedikit sekali sih hehehe...


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa jam pintar ini VERY RECOMMENDED bagi anda yang mencari jam pintar sederhana dengan harga murah tetapi memiliki fitur heart rate untuk menjaga kesehatan, kompas dan dukungan untuk notification yang lumayan banyak.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membeli jam pintar sederhana dan budget friendly dengan fitur yang sangat mumpuni.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar