Senin, 27 November 2023

Unboxing dan Review SmartWatch North Edge Cross Fit 3

Tampilan Kemasan North Edge Cross Fit 3
Tampilan Kemasan North Edge Cross Fit 3
Penulis sangat mengidamkan sekali jam pintar Garmin Tactical, tetapi enggak kuat sama harganya yang masih diatas 5jt hehehehe.. sedih dah.. Tetapi penulis tidak putus asa begitu saja untuk menemukan padanan jam ini yang buatan Cina aja gpp deh.. dan muncullah satu kandidat merek, yakni North Edge Cross Fit 3 yang harganya dibanderol hanya Rp. 958.000,- di Tokopedia pada saat ulasan ini ditulis. Setelah penulis cek, merek ini ternyata sudah sampai dibelahan Eropa lho, bahkan ada website untuk wilayah ini.

Penulis masih ragu untuk membeli produk Cina, karena biasanya hanya mendukung notification (pesan pemberitahuan) hanya untuk SMS maupun aplikasi medsos lokal Cina saja, semisal WeChat, QQ, dll, tetapi tidak dengan jam pintar ini. Apalagi setelah penulis membeli jam H11 Ultra yang fiturnya sudah mumpuni semakin menambah keyakinan penulis untuk memboyong jam pintar North Edge Cross Fit 3 ini. Akhirnya penulis beli jam ini dan sampai ditangan penulis tanggal 26 Nopember 2023 dan baru sempat menguji tadi pagi.. Langsung saja kita ulas secara singkat saja fitur dari jam pintar ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kemasan North Edge Cross Fit 3 Ketika Dibuka
Tampilan Kemasan North Edge Cross Fit 3 Ketika Dibuka

Tampilan Isi Kemasan North Edge Cross Fit 3
Tampilan Isi Kemasan North Edge Cross Fit 3
Jam pintar ini dikemas sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: jam pintar hanya dibalut bubble wrap dan diikatkan ke bantal jam dan ditutup dengan busa yang membentuk jam. Magnetic charger dan buku panduan penggunaan diletakkan dibawah bantal jam.


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Depan North Edge Cross Fit 3
Tampilan Depan North Edge Cross Fit 3
Pada bagian depan jam terdapat layar LCD dan tombol POWER dan FN (Function). Untuk menyalakan jam pintar ini, tekan dan tahan tombol Power.

Tampilan Belakang North Edge Cross Fit 3
Tampilan Belakang North Edge Cross Fit 3

Tampilan Magnetic Charger North Edge Cross Fit 3
Tampilan Magnetic Charger North Edge Cross Fit 3

Tampilan Magnetic Charger Benar Terpasangnya di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Magnetic Charger Benar Terpasangnya di North Edge Cross Fit 3
Pada bagian belakang jam terdapat sensor untuk heart rate (detak jantung), saturasi oksigen, suhu badan dan magnetic charger receiver yang tidak reversible (tidak bisa dibolak balik letaknya, apabila terbalik maka kutub magnet akan menolak penempelan charger).

Tampilan Drawer Menu North Edge Cross Fit 3
Tampilan Drawer Menu North Edge Cross Fit 3
Untuk memunculkan drawer menu, cukup usap layar dari atas kebawah, maka akan muncul enam buah ikon.

Tampilan Daftar Setelan North Edge Cross Fit 3
Tampilan Daftar Setelan North Edge Cross Fit 3
Di setelan ini salah satunya terdapat 24 hour Heart Rate, dimana jam pintar ini akan memantau detak jantung kita selama 24 jam, entah secara real-time atau ada rentang waktu tertentu.

Tampilan Mengenai North Edge Cross Fit 3
Tampilan Mengenai North Edge Cross Fit 3
Ketika melihat About dijam pintar ini, yang tertulis hanyalah versi Bluetooth 2827 dan versi firmware-nya 45.0.45.10.

Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3
Untuk menampilkan menu fitur yang ada dijam pintar ini, tekan tombol POWER dan untuk menggeser menu cukup usap layar keatas atau kebawah.

Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3

Tampilan Barometer (atas) dan Altitude (bawah) di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Barometer (atas) dan Altitude (bawah) di North Edge Cross Fit 3

Tampilan Compass di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Compass di North Edge Cross Fit 3

Tampilan Pengaktifan Heart Rate di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Pengaktifan Heart Rate di North Edge Cross Fit 3
Jam pintar ini fiturnya hampir mendekati jam pintar Garmin Tactical, karena memiliki fitur dan sensor Altitude (ketinggian), Barometer (tekanan udara), Compass (penunjuk arah), Heart Rate (detak jantung), Thermometer (suhu udara) dan GPS (penunjuk lokasi - hanya aktif di running/training).

Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3

Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Menu Fitur di North Edge Cross Fit 3
Apabila di layar utama tombol FN ditekan, maka akan muncul menu fitur untuk mendukung kegiatan olahraga.

Tampilan Menu Apabila Tombol FN Ditekan di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Menu Apabila Tombol FN Ditekan di North Edge Cross Fit 3

Tampilan Menu Olahraga Lari di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Menu Olahraga Lari di North Edge Cross Fit 3

Tampilan Setelan Olahraga Lari di North Edge Cross Fit 3
Tampilan Setelan Olahraga Lari di North Edge Cross Fit 3
Ketika memilih menu olahraga lari, kemudian melakukan setelan, secara otomatis jam pintar ini akan menyalakan fitur GPS trace, tetapi fitur ini dapat dimatikan supaya tidak terlacak hehehe.. Selain itu ada fitur peringatan jarak yang sudah ditempuh dalam kilometer serta peringatan apabila detak jantung melebihi ambang batas.

Tampilan Awal Aplikasi ZeoFit Terhubung Dengan North Edge Cross Fit 3
Tampilan Awal Aplikasi ZeoFit Terhubung Dengan North Edge Cross Fit 3
Aplikasi yang digunakan untuk mensinkronkan jam pintar ini dengan ponsel adalah ZeoFit yang dapat diunduh dari PlayStore atau melalui QR Code yang ada dibuku panduan. Apabila jam pintar sudah terhubung dengan ponsel, ketika membuka aplikasi ZeoFit maka tampilan awalnya seperti gambar diatas.

Tampilan Notification Didukung Aplikasi ZeoFit
Tampilan Notification Didukung Aplikasi ZeoFit
Secara bawaan pabrik, aplikasi yang didukung notification-nya oleh aplikasi ZeoFit ini hanya tiga buah saja, tetapi dapat ditambahkan lagi dengan menekan tanda (+) Add others Application notification.

Secara umum, jam pintar ini very worth (sangat berharga) banget lho.. dengan harga cuma sekitar ~20% (Rp. 985.000,- dari 5jt-an) jam pintar Garmin Tactical sudah mendapatkan fitur yang hampir mendekati. Mungkin hanya ketahanan daya pakai dan kualitas komponen yang digunakan oleh jam pintar ini saja yang patut dipertanyakan. Kalau dipandang dari resiko keamanan, jika jam pintar ini hilang ya menyesal sih tapi disertai sedikit saja menangis bombay-nya hehehe...


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa jam pintar ini VERY RECOMMENDED bagi anda yang mencari jam pintar harga murah tetapi fitur tidak kalah dengan jam pintar Garmin Tactical lho.. Apalagi harganya yang dibawah 1/5-nya Garmin Tactical layak dan patut dipertimbangkan untuk dimiliki.. Jam pintar ini juga mirip dengan jam pintar besutan Huawei GT.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membeli jam pintar budget friendly dengan fitur yang sangat mumpuni.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar