Jumat, 10 November 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat NexTool Mini Sailor (Scissors Version)

Tampilan Kotak Kemasan NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Tampilan Kotak Kemasan NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Dan lagiii.. penulis membeli pisau lipat untuk koleksi dan pilihan saat ini adalah pisau lipat merek NexTool Mini Sailor (Scissors Version) ketika melihat-lihat di JakartaNotebook. Kenapa penulis membeli pisau lipat ini? Karena kebanyakan pisau lipat yang ada menawarkan tang sebagai tool utamanya, sedangkan pisau lipat ini menawarkan gunting sebagai tool utamanya dan pisau lipat ini ditawarkan seharga Rp. 180.700,-.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, terjawab dikotak kemasannya, yaitu bahan baja 420J2 dan 420J1. Bahan besi baja 420J2 adalah baja tahan karat yang diproduksi sesuai dengan standar ASTM Amerika, Standar Jepang SUS420J2, standar nasional baru 30Cr13. Sedangkan bahan besi baja 420J1 juga dikenal sebagai 2Cr13 memiliki tingkat ketahanan aus dan ketahanan korosi tertentu, kekerasan tinggi, dan harganya lebih rendah. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kotak Kemasan NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Tampilan Isi Kotak Kemasan NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Pengemasan pisau lipat ini sederhana sekali, pisau lipat ditaruh di-tray beserta silica gel untuk mencegah terjadinya kelembaban yang dapat menyebabkan korosi didalam kemasan.

Tampilan NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Dikeluarkan Dari Kemasan
Tampilan NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Dikeluarkan Dari Kemasan

Tampilan NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Ketika Direntangkan
Tampilan NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Ketika Direntangkan
Ukuran pisau lipat ini termasuk mini, karena panjang ketika terlipat hanya 7cm saja, ketika dibuka dan dirapatkan capit tangnya menjadi 11,5cm, apabila capit tang membuka maka panjangnya 10,5cm.

Tampilan Depan NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Depan NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Belakang NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Belakang NexTool Mini Sailor (Scissors Version) Ketika Semua Tools Dibuka

Penulis membuka semua tool yang ada dipisau lipat ini, terlihat hanya menggunakan plat besi untuk menahan tool ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan, berbeda dengan NexTool NE20096 yang menggunakan mekanisme kunci geser untuk menahan tool ketika dibuka penuh

Tampilan Depan Dari Gunting NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Tampilan Depan Dari Gunting NexTool Mini Sailor (Scissors Version)

Tampilan Belakang Dari Gunting NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Tampilan Belakang Dari Gunting NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Dari tampilan gunting, dapat terlihat bahwa pengerjaan pisau lipat ini masih kasar dan kurang rapi, karena masih adanya bekas grinding, baik pada gunting maupun pada tool yang lain.

Tampilan QR Code Diujung Kikir NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Tampilan QR Code Diujung Kikir NexTool Mini Sailor (Scissors Version)
Diujung kikir terdapat QR Code dan penulis mencoba menggunakan QR code scanner dikamera ponsel Infinix Note 10 Pro ternyata tidak berhasil mengungkap apa isinya, karena QR code-nya terlalu kecil. Dipisau lipat ini, NexTool mencoba meniru tang minimalis seperti yang ada dipisau lipat Victorinox, tetapi dipisau ini lebih tipis ketebalannya. Mungkin hanya digunakan sebagai penjepit untuk pekerjaan yang ringan saja.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau serta gunting dipisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas nota pembelian bahan bangunan dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 3cm-an. Dari sini perbedaan harga selisih lebih mahal dibandingkan dengan NexTool NE20096 tidak membuahkan hasil, meskipun bahan besi baja 420 lebih baik daripada 30Cr13. Penulis menguji ketajaman gunting hanya untuk memotong selembar kertas dan hasilnya sama seperti gunting biasa..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, pisau lipat NexTool Mini Sailor (Scissors Version) ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitasnya diatas harganya yang murah meskipun terlihat kurang rapih dalam proses pembuatannya dibandingkan NexTool NE20096. Tetapi jangan dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman, jelas beda kelasnya.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar