Kamis, 23 November 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat KNIFEZER A3009

Tampilan Kemasan KNIFEZER A3009
Tampilan Kemasan KNIFEZER A3009
Hmmmm, lagi dan lagiii.. penulis membeli pisau lipat untuk koleksi dan pilihan saat ini adalah pisau lipat merek KNIFEZER A3009 ketika melihat-lihat di JakartaNotebook dan penulis membelinya secara offline. Penulis menemukan pisau lipat yang ukurannya cuteee banget, alias mini daaannn ini adalah produk dan merek Cina yang entah kualitas dan dukungan purna jualnya. Seperti yang pernah penulis katakan, bahwa beli produk buatan Cina itu ibarat berjudi, kalau pas dapat yang bagus yaa sangat bagus dan awet, tapi kalau apes dapat yang jelek yaa juelek sekali! Penulis tertarik dengan pisau lipat ini karena berukuran mini dan dibanderol seharga Rp. 27.900,-.

Seperti biasa, penulis penasaran dengan bahan besi baja yang digunakan oleh merek ini, setelah penulis mencari di mbah Google, hanya ditemukan Stainless Steel saja tanpa ada embel-embel apa bahan bajanya. Kemungkinan besar dugaan penulis bahan baja yang digunakan adalah 2CR13. Setelah sampai dirumah, langsung penulis ulas untuk mengecek dan membuktikan sendiri bagaimana kualitasnya..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan KNIFEZER A3009 Diluar Sarung
Tampilan KNIFEZER A3009 Diluar Sarung
Pisau lipat ini dikemas suangatlah sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: pisau lipat hanya dibungkus plastik bening, dimasukkan kedalam sheath (sarung) dan sarung ini juga dimasukkan kedalam plastik bening.

Tampilan KNIFEZER A3009 Terlipat Berukuran 8,5cm
Tampilan KNIFEZER A3009 Terlipat Berukuran 8,5cm

Tampilan KNIFEZER A3009 Pisau Terbuka Berukuran 12cm
Tampilan KNIFEZER A3009 Pisau Terbuka Berukuran 12cm
Ukuran pisau lipat ini hanyalah 8,5cm saja ketika sedang terlipat lho.. kalau pisau dibuka maka panjangnya menjadi 12cm. Dan ternyata, tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis dipisau lipat ini yang menandakan merek KNIFEZER. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe.. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari besi. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan ada sedikit minyak yang dioleskan ke pisau lipat, ini menandakan kemungkinan besar pisau lipat ini terbuat dari besi baja yang mudah berkarat apabila tidak dirawat dengan baik, yaitu dengan cara diolesi minyak setelah digunakan sebelum disimpan.

Tampilan Depan KNIFEZER A3009
Tampilan Depan KNIFEZER A3009

Tampilan Belakang KNIFEZER A3009
Tampilan Belakang KNIFEZER A3009

Tampilan Kepala Tang KNIFEZER A3009
Tampilan Kepala Tang KNIFEZER A3009
Tampak dari kepala tang bahwa dalam proses pembuatan pisau lipat ini, terutama bagian kepala tang terlihat tidak rapi, karena kelihatan sekali guratan bekas pembentukan kepala tang.

Tampilan Mata Pisau KNIFEZER A3009 Berukuran 3,45cm
Tampilan Mata Pisau KNIFEZER A3009 Berukuran 3,45cm
Pisau lipat ini dibekali pisau berukuran sekitar 3,45cm-an dan ketika pisau ataupun kikir dibuka, maka mekanisme penguncian pisau atau kikir akan bekerja.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 2mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 1,3cm-an. Ketajaman mata pisau lipat ini memang tidak setajam silet, tetapi baja yang digunakan dapat dipertajam lagi. Pisau lipat ini presisi meskipun kurang rapi karena masih ada bekas guratan dalam proses pembuatannya dan ini dapat dilihat pada kepala tang. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang, karena penulis yakin dengan melihat bahan besi baja yang digunakan, pasti bagus ketika digunakan..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, pisau lipat KNIFEZER A3009 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitasnya diatas harganya yang murah meskipun terlihat kurang rapih dalam proses pembuatannya. Kekurangan pisau in adalah tool yang ada sangat sedikit sekali. Perlu diingat, produk ini sepertinya membutuhkan perawatan khusus setelah digunakan dan ketika akan disimpan, yaitu diolesi minyak. Produk ini cocok bila disandingkan dengan produk dari ZEST maupun Traveler, tetapi jangan dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman, jelas beda kelasnya.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar