Senin, 20 November 2023

Unboxing dan Review SmartWatch H11 Ultra 49mm

Tampilan Kemasan H11 Ultra 49mm
Tampilan Kemasan H11 Ultra 49mm
Secara tidak sengaja ketika melihat-lihat di Shopee, muncullah smartwatch (jam pintar) buatan Cina dengan berbagai variasi harga yang begitu murah. Pilihan penulis jatuh ke jam pintar H11 Ultra 49mm seharga Rp. 199.000,- lho.. Begitu penulis cek, ternyata jam ini (meniru tepatnya) Apple Watch Ultra yang harganya masih dikisaran 15jt. Kadang penulis ragu untuk membeli produk Cina ini, karena biasanya hanya mendukung notification (pesan pemberitahuan) hanya untuk SMS maupun aplikasi medsos lokal negara Cina saja semisal WeChat, QQ, dll. Penulis nekat saja beli jam ini dan sampai ditangan penulis tanggal 18 Nopember 2023 tetapi baru sempat menguji pada tanggal 20-nya.. Langsung saja kita ulas secara singkat saja fitur dari jam pintar ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kemasan H11 Ultra 49mm Dibuka
Tampilan Kemasan H11 Ultra 49mm Dibuka

Tampilan Kemasan H11 Ultra 49mm Dibuka
Tampilan Kemasan H11 Ultra 49mm Dibuka

Tampilan Isi Kemasan H11 Ultra 49mm
Tampilan Isi Kemasan H11 Ultra 49mm
Jam pintar ini dikemas sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: jam pintar hanya dibalut plastik dof dan ditaruh ditatakan kemudian strap (tali jam) dan magnetic charger juga ditaruh ditatakan. Kertas penutup tatakan berisikan petunjuk penggunaan jam pintar ini.

Tampilan Instruksi Penggunaan H11 Ultra 49mm
Tampilan Instruksi Penggunaan H11 Ultra 49mm

Tampilan Instruksi Penggunaan H11 Ultra 49mm
Tampilan Instruksi Penggunaan H11 Ultra 49mm

Tampilan Depan dan Magnetic Charger H11 Ultra 49mm
Tampilan Depan dan Magnetic Charger H11 Ultra 49mm

Tampilan Tombol Digital Crown dan Side Button H11 Ultra 49mm
Tampilan Tombol Digital Crown dan Side Button H11 Ultra 49mm

Tampilan Belakang H11 Ultra 49mm
Tampilan Belakang H11 Ultra 49mm
Pada bagian belakang jam terdapat sensor untuk heart rate (detak jantung), saturasi oksigen, suhu badan dan magnetic charger receiver.


.: PENGUJIAN :.

Pertama kali penulis mencoba menyalakan jam pintar ini, ternyata tidak mau menyala sama sekali! Penulis pikir mungkin baterainya dalam kondisi kosong sama sekali sehingga tidak mau menyala. Sempat penulis tempelkan ke cas dan layar sempat berkedip sebentar terus mati lagi.. penulis kira rusak hehehe.. tapi penulis coba lanjutkan dicas lagi.

Tampilan Charger Berkedip Ketika Mengecas H11 Ultra 49mm
Tampilan Charger Berkedip Ketika Mengecas H11 Ultra 49mm
Ketika pertama kali dinyalakan, maka akan ada pemberitahuan untuk mengunduh aplikasi melalui QR Code yang tertampil dilayar. Ketika penulis coba dikamera ponsel Infinix, ternyata kamera ponsel tidak bisa mengenali QR Code tersebut karena terlalu kecil. Penulis pun mengunduh aplikasi melalui QR Code yang ada dilembar petunjuk jam ini dan dibawa ke PlayStore kemudian mengunduh aplikasi bernama QiFitPro. Tetapi layar QR Code bisa dilewati dengan cara menekan tombol Digital Crown.

Tampilan QR Code Unduh Aplikasi H11 Ultra 49mm
Tampilan QR Code Unduh Aplikasi H11 Ultra 49mm

Tampilan Dial Screen Bawaan Pabrik H11 Ultra 49mm
Tampilan Dial Screen Bawaan Pabrik H11 Ultra 49mm

Tampilan Beberapa Menu H11 Ultra 49mm
Tampilan Beberapa Menu H11 Ultra 49mm
Naah, permasalahan baru terjadi lagi ketika jam pintar sudah menyala, yaitu ketika dicoba untuk mendeteksi detak jantung, saturasi oksigen dan suhu tubuh selalu gagal terus! Solusinya adalah jam pintar ini di-pairing (disambungkan) ke ponsel menggunakan aplikasi QiFitPro kemudian perbarui versi firmware-nya, barlah jam ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tampilan Mengenai Perangkat H11 Ultra 49mm
Tampilan Mengenai Perangkat H11 Ultra 49mm

Tampilan Mengenai Perangkat H11 Ultra 49mm
Tampilan Mengenai Perangkat H11 Ultra 49mm
Setelah penulis perbarui firmware-nya ke versi 1.00.26_230114 (sepertinya firmware dibuat pada tanggal 14 Januari 2023, sedangkan jam pintar ini tertulis dikotak kemasan dibuat tahun 2022), barulah jam pintar ini berfungsi kepintarannya hehehe..

Tampilan Hasil Pengukuran Suhu Tubuh H11 Ultra 49mm
Tampilan Hasil Pengukuran Suhu Tubuh H11 Ultra 49mm
Awalnya penulis berpikir bahwa pengukuran suhu untuk suhu diluar tubuh, ternyata untuk mengukur suhu tubuh hehehe..

Tampilan Hasil Pengukuran Detak Jantung H11 Ultra 49mm
Tampilan Hasil Pengukuran Detak Jantung H11 Ultra 49mm
Penulis kira pengukuran detak jantung dilakukan secara terus menerus, ternyata hanya memantau selama satu menit saja.. atau mungkin penulis tidak tahu caranya? Maklum masih baru berurusan dengan jam pintar ini hehehe..

Tampilan Awal Aplikasi QiFitPro Terhubung Dengan H11 Ultra 49mm
Tampilan Awal Aplikasi QiFitPro Terhubung Dengan H11 Ultra 49mm

Tampilan Setelan Aplikasi QiFitPro Terhubung Dengan H11 Ultra 49mm
Tampilan Setelan Aplikasi QiFitPro Terhubung Dengan H11 Ultra 49mm
Ketika pertama kali membuka aplikasi QiFitPro, maka akan ditanya tinggi dan berat badan anda. Terus diminta untuk membuat akun untuk menyimpan data dari jam secara online, tetapi langkah ini bisa dilewati. Selanjutnya lakukan binding (ikatan) antara ponsel dengan jam pintar ini, maka halaman binding akan tampil seperti gambar diatas. Silahkan merubah setelan jam pintar dari aplikasi ini, untuk melihat notification apa saja yang didukung oleh jam pintar dan aplikasi ini, buka saja Message notification.

Tampilan Notification Didukung Aplikasi QiFitPro
Tampilan Notification Didukung Aplikasi QiFitPro
Ternyata secara umum, sudah banyak aplikasi yang didukung notification-nya oleh aplikasi QiFitPro ini, tidak kalah dengan jam pintar merek berkelas lhoo..

Secara umum, jam pintar ini worth (berharga) banget lho.. dengan harga cuma sekitar 1,3% (Rp. 199.000 dari 15jt) jam pintar Apple Watch Ultra sudah mendapatkan fitur yang hampir mendekati. Mungkin hanya ketahanan daya pakai dan kualitas komponen yang digunakan oleh jam pintar ini saja yang patut dipertanyakan. Kalau dipandang dari resiko keamanan, jika jam pintar ini hilang kita tidak perlu sampai menyesal dan menangis bombay hehehe...


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa jam pintar ini VERY RECOMMENDED bagi anda yang mencari jam pintar harga murah tetapi fitur tidak kalah dengan jam pintar bermerek terkenal, asalkan anda mau tahan malu karena jam ini KW-nya jam pintar Apple Watch Ultra hehehe..  Bagi penulis sih tidak masalah meskipun KW, karena saat ini barang atau produk mana sih yang bukan buatan Cina? Toh juga Apple pun buatan Cina kok meskipun tidak mengakuinya, makanya Cina berani meniru jam pintar besutan Apple (lihat dikemasan Apple, Designed by Apple in California, Assembled in China). Selain itu, jam ini TIDAK MENDUKUNG GPS secara built-in meskipun tertulis dikardus kemasannya, tetapi menggunakan GPS yang ada diponsel melalui perantara aplikasi QiFitPro.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membeli jam pintar budget friendly dengan fitur yang mumpuni.. Selamat mencoba..

2 komentar:

  1. Sebenernya tertera H11 Ultra Plus kan di Shopee? Kenapa jadi H11 Ultra ya kak? Boleh tau apa bedanya yang biasa dengan yang ada tanda Plus-nya. Kemudian ini ada juga yang bilang aka Hello Watch 2 Ultra. Apakah benar? Terimakasih :))

    BalasHapus
  2. Sepertinya fungsi Kompas yang membedakan antara H11 Ultra dengan Ultra Plus. Karena saya sempat nanya ke seller-nya, di spek-nya dibilang ada Kompas, giliran ditanya beneran ada kompasnya? Enggak dijawab sama seller-nya, giliran diorder baru saya tau kalau tidak ada fungsi kompas-nya..

    BalasHapus