Sabtu, 18 November 2023

Unboxing dan Review SSD Wellcomm Master Elite 256GB

Tampilan Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Tampilan Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Awalnya penulis ingin membeli flashdisk berukuran 256GB, tetapi ternyata harganya terlalu mahal dibandingkan dengan membeli SSD berukuran yang sama ditambah dengan enclosure SSD Type-C. Ketika mencari SSD yang murah ini, penulis menemukan merek yang harganya murah untuk kapasitas 256GB ini, salah satunya adalah merek Wellcomm. Setelah penulis pertimbangkan dengan matang, akhirnya penulis putuskan untuk membeli SSD merek Wellcomm Master Elite 256GB karena mendapatkan harga yang sangat murah sih, yaitu Rp. 216.000,- pada waktu tulisan ini dibuat.

Kenapa penulis memilih merek Wellcomm? Seingat penulis secara pribadi, Wellcomm ini adalah merek dalam negeri yang telah lama ada bergerak dibidang aksesoris ponsel dan sekarang merambah ke bisnis yang lebih menjanjikan, yaitu penyimpanan data SSD. Mari kita ulas singkat tentang SSD Wellcomm ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kecepatan di Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Tampilan Kecepatan di Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Kecepatan baca SSD ini diklaim maksimal 555MB/s dan kecepatan tulis maksimal 475MB/s sesuai tulisan dikemasannya.

Tampilan Depan Isi Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Tampilan Depan Isi Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB

Tampilan Belakang Isi Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Tampilan Belakang Isi Kemasan SSD Wellcomm Master Elite 256GB
Bagian depan dari SSD ini terdapat label bertuliskan merek, kapasitas SSD, nomer produksi dan nomor seri, tetapi ada yang perlu diwaspadai, bahwa SSD ini menggunakan tegangan 5V dengan arus sebesar 1.5A. Sedangkan bagian belakang polos tanpa ada embel apa-apa.


.: PENGUJIAN :.

Awalnya, penulis menguji SSD ini menggunakan 2.5" HDD SATA Type-C External Case yang tanggal 31 Oktober 2023 sudah diulas. Langsung saja penulis masukkan SSD kedalam enclosure tersebut dan sambungkan ke komputer dengan OS Microsoft Windows 7 Ultimate 64-bit menggunakan kabel Type-C ponsel. Ternyata SSD tersebut TIDAK DIKENALI oleh komputer! Waah, masalah apalagi nih.. awalnya penulis berpikir, mungkin karena SSD ini membutuhkan arus sebesar 1.5A sedangkan port USB hanya menghantarkan arus sebesar 500mA alias sepertiganya. Akhirnya penulis memasangkan SSD ini secara langsung ke dalam komputer.

Tampilan SSD Wellcomm Master Elite 256GB Terdeteksi di OS Microsoft Windows 7 Ultimate
Tampilan SSD Wellcomm Master Elite 256GB Terdeteksi di OS Microsoft Windows 7 Ultimate
SSD ini terdeteksi sebagai Wellcomm Master 256GB SSD ATA Device dan tidak langsung bisa digunakan lho! Kenapa begitu? Ternyata SSD ini unformatted dari pabrik sehingga harus dipartisi dan di-format secara manual.

Tampilan SSD Wellcomm Master Elite 256GB Terdeteksi Unformatted di Disk Management
Tampilan SSD Wellcomm Master Elite 256GB Terdeteksi Unformatted di Disk Management

Tampilan SSD Wellcomm Master Elite 256GB Di-format NTFS Ukuran Cluster 4k
Tampilan SSD Wellcomm Master Elite 256GB Di-format NTFS Ukuran Cluster 4k
Penulis mempartisi (menggunakan MBR agar dapat terbaca di OS lama) dan mem-format-nya menggunakan filesystem NTFS dengan ukuran cluster sebesar 4k (4096) agar lebih hemat dan efisien.

Tampilan Kapasitas SSD Wellcomm Master Elite 256GB Setelah Di-format NTFS
Tampilan Kapasitas SSD Wellcomm Master Elite 256GB Setelah Di-format NTFS
Setelah itu penulis cek kapasitas SSD secara manual menggunakan perintah chkdsk dijendela command prompt dan hasilnya tertera seperti gambar diatas. Kalau dihitung secara manual, adalah sebagai berikut: kapasitas total 250.056.703KB x 1.024 Bytes = 256.058.063.872 Bytes alias 256GB. Jadi kapasitas ini bisa berbeda apabila SSD ini di-format menggunakan filesystem dan ukuran cluster lain.

Disini penulis tidak melakukan pengujian benchmark (unjuk kerja), karena hasil benchmark bisa anda cari di YouTube atau mbah Google. Karena penulis hanya melakukan pengujian secara singkat berkaitan dengan penggunaan SSD saja. 


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang penulis lakukan sendiri serta hasil benchmark yang penulis dapatkan di YouTube maupun Google, dapat penulis simpulkan bahwa SSD ini RECOMMENDED untuk dibeli bila anda mencari SSD murah sebagai pengganti HDD mekanis maupun flashdisk yang lebih mahal harganya dibandingkan SSD untuk saat ini. SSD ini memiliki garansi resmi 3 tahun lho hehehe..

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi anda yang ingin berpindah menggunakan SSD ataupun mau mengganti flashdisk anda dengan SSD hehehehe.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar