Jumat, 10 November 2023

Unboxing dan Review Multitools RIGWARL RW4

Tampilan Kardus Kemasan RIGWARL RW4
Tampilan Kardus Kemasan RIGWARL RW4
Kebanyakan pisau lipat yang dibuat berukuran kecil yang pas saku baju maupun saku celana. Ketika sedang melihat-lihat di JakartaNotebook, penulis menemukan multitools berukuran diatas pisau lipat saku dan kebanyakan produk dan merek Cina yang entah kualitas dan dukungan purna jualnya. Beli produk buatan Cina itu ibarat berjudi, kalau pas dapat yang bagus yaa sangat bagus dan awet, tapi kalau apes dapat yang jelek yaa juelek sekali!  Penulis tertarik dengan multitools merek RIGWARL RW4 seharga Rp. 102.600,-. Penonjolan multitools ini adalah palu kambing serta tang lipatnya.

Penulis penasaran dengan merek ini, setelah penulis mencari di mbah Google, ketemu ada peralatan outdoor bemerk RIGWARL ini, tetapi produknya hanya sarung tangan dan sarung kepala saja. Tapi ketika mencari produk multitools RIGWAL ini, penulis menemukan bahwa produk merek ini buatan Cina dan sudah banyak sekali beredar diluar negeri. Penulis pun mencari bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh multitools ini, tapi hasilnya hanya muncul Stainless Steel, dan ini juga tertulis ditangkai dekat kepala palu. Kemungkinan besar dugaan penulis, besi baja yang digunakan oleh produk ini adalah CrV (Chrome Vanadium) atau 2CR (baja tahan karat buatan Cina yang sangat murah harganya namun berkualitas tinggi dan sangat mirip dengan baja tahan karat SAE seri 200) mengingat harganya yang murah sekali. Setelah multitools ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitasnya. Langsung saja kita ulas multitools ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kardus Kemasan RIGWARL R4
Tampilan Isi Kardus Kemasan RIGWARL R4

Tampilan Multitools RIGWARL R4 Dikeluarkan Dari Sheath-nya
Tampilan Multitools RIGWARL R4 Dikeluarkan Dari Sheath-nya
Pengemasan multitools ini sangatlah sederhana, multitools dibungkus plastik transparan dan dimasukkan ke dalam sheath (sarung) tanpa disertai petunjuk penggunaannya.. minimalis banget dah hehehe...

Tampilan Multitools RIGWARL R4
Tampilan Multitools RIGWARL R4

Tampilan Multitools RIGWARL R4 Berukuran 16cm
Tampilan Multitools RIGWARL R4 Berukuran 16cm
Ukuran multitools ini hanyalah 16cm saja lho.. Dan ternyata, tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis di-multitools ini yang menandakan merek RIGWARL. Sepertinya multitools ini buatan OEM dan bisa dipasarkan dengan merek apa saja suka-suka sang penjual.

Tampilan Depan RIGWARL R4 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Depan RIGWARL R4 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Belakang RIGWARL R4 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Belakang RIGWARL R4 Ketika Semua Tools Dibuka
Di multitools ini juga dibekali tang berukuran besar, dimana panjang capit tang sekitar 5cm-an, sedangkan panjang pisau sekitar 6cm-an.

Tampilan Letak Penyimpanan Mata Obeng RIGWARL R4
Tampilan Letak Penyimpanan Mata Obeng RIGWARL R4
Mata obeng (bits) diletakkan disi tangkai palu, cara mengeluarkannya adalah digeser kearah lipatan tang.. Penulis juga salah dalam mengeluarkan mata obeng ini, penulis kira tempat mata obeng ini jenis ungkit, ternyata sudah dicoba diungkit seperti apapun tempat mata obeng tidak akan muncul keluar dari tangkai palu.

Tampilan Letak Penggunaan Mata Obeng RIGWARL R4
Tampilan Letak Penggunaan Mata Obeng RIGWARL R4
Apabila mau menggunakan obeng, cukup mata obeng dimasukkan ke lubang diatas kepala palu.

Tampilan Depan Tang RIGWARL R4
Tampilan Depan Tang RIGWARL R4

Tampilan Belakang Tang RIGWARL R4
Tampilan Belakang Tang RIGWARL R4
Ukuran tang kombinasi dari multitools ini cukup besar dan pembuatannya bagus dan presisi, cuma belum tahu ketahanannya ketika digunakan.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau multiools ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas nota pembelian bahan bangunan dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 3cm-an. Multitools ini hanya kurang rapi dibagian kepala palunya, sisanya sangat rapi dan presisi. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang maupun palu dan pencabut paku-nya, karena penulis yakin dengan melihat kepresisiannya pasti bagus ketika digunakan..


.: KESIMPULAN :.

Dari hasil pengujian cepat yang penulis lakukan, multitools ini RECOMMENDED dibeli oleh para pencari multitools harga murah, kualitas oke, presisi dan cocok dibawa outdoor. Selain itu jika material besi baja yang digunakan sesuai dugaan penulis, maka multitools ini akan bertahan dalam penggunaan sehari-hari yang tidak berat.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari multitools dengan harga yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar