Rabu, 15 November 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat ZEST PL-91

Tampilan Kardus Kemasan ZEST PL-91
Tampilan Kardus Kemasan ZEST PL-91
Lagiii dan lagiii.. penulis membeli pisau lipat lagiii untuk koleksi dan pilihan saat ini adalah pisau lipat merek ZEST PL-91 ketika melihat-lihat di JakartaNotebook. Penulis menemukan pisau lipat yang ukurannya diatas pisau lipat saku daaannn ini adalah produk dan merek Cina yang entah kualitas dan dukungan purna jualnya. Seperti yang pernah penulis katakan, bahwa beli produk buatan Cina itu ibarat berjudi, kalau pas dapat yang bagus yaa sangat bagus dan awet, tapi kalau apes dapat yang jelek yaa juelek sekali! Penulis tertarik dengan pisau lipat ini karena berukuran besar dan dibanderol seharga Rp. 84.700,-. Penonjolan pisau lipat ini tentunya adalah pisaunya yang berukuran besar serta adanya tambahan untuk berbagai macam mata obeng.

Seperti biasa, penulis penasaran dengan merek ini, setelah penulis mencari di mbah Google, tidak ditemukan sama sekali merek ZEST ini diluar negeri sana. Penulis pun mencari bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, dan dilaman jejaring JakartaNotebook tercantum, yakni 2CR13 dimana besi baja ini adalah baja buatan Cina yang memiliki sifat magnetis, ketahanan korosi yang baik, kekerasan tinggi dan sangat murah harganya namun berkualitas tinggi dan sangat mirip dengan baja tahan karat SAE seri 200. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis ulas untuk mengecek dan membuktikan sendiri bagaimana kualitasnya..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kardus Kemasan ZEST PL-91
Tampilan Isi Kardus Kemasan ZEST PL-91

Tampilan Isi Sheath ZEST PL-91
Tampilan Isi Sheath ZEST PL-91

Tampilan ZEST PL-91 Dikeluarkan Dari Sheath-nya
Tampilan ZEST PL-91 Dikeluarkan Dari Sheath-nya
Pengemasan pisau lipat ini sangatlah sederhana, pisau lipat dan kepala obeng dibungkus plastik transparan dan dimasukkan ke dalam sheath (sarung) tanpa disertai petunjuk penggunaannya.. minimalis banget dah hehehe... Didalam sarung terdapat pemisah untuk penempatan pisau lipat dan kepala obengnya, untuk sarung pisau lipat yang disertakan terbuat dari bahan yang berkualitas serta diperkeras mirip hardcase seperti sarung pisau lipat merek Total TFMFT01151 yang penulis ulas pada tanggal 31 Oktober 2023  Jadinya sarung ini tetap bisa mempertahankan bentuknya meskipun terkena himpitan maupun benturan.

Tampilan ZEST PL-91 Terlipat Berukuran 11cm
Tampilan ZEST PL-91 Terlipat Berukuran 11cm

Tampilan ZEST PL-91 Pisau Terbuka Berukuran 19,5cm
Tampilan ZEST PL-91 Pisau Terbuka Berukuran 19,5cm
Ukuran pisau lipat ini hanyalah 11cm saja ketika sedang terlipat lho.. kalau pisau dibuka maka panjangnya menjadi 19,5cm. Dan ternyata, tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis dipisau lipat ini yang menandakan merek ZEST. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe.. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari plastik keras. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan banyak minyak yang dioleskan ke pisau lipat maupun ke mata obeng, ini menandakan kemungkinan besar pisau lipat dan mata obeng ini terbuat dari besi baja yang mudah berkarat apabila tidak dirawat dengan baik, yaitu dengan cara diolesi minyak setelah digunakan sebelum disimpan.

Tampilan Depan ZEST PL-91 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Depan ZEST PL-91 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Belakang ZEST PL-91 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Belakang ZEST PL-91 Ketika Semua Tools Dibuka
Pisau lipat ini dibekali tang berukuran besar serta tool untuk memasang kepala obeng. Pisau lipat ini dibekali mata obeng sebanyak 9 buah mata obeng.

Tampilan Depan Tang ZEST PL-91
Tampilan Depan Tang ZEST PL-91

Tampilan Belakang Tang ZEST PL-91
Tampilan Belakang Tang ZEST PL-91

Tampilan Ketebalan Tang ZEST PL-91 Hanya 5mm
Tampilan Ketebalan Tang ZEST PL-91 Hanya 5mm
Tang ini memiliki panjang capit tang sekitar 5cm-an dengan ketebalan sekitar 5mm saja.

Tampilan Mekanisme Pelipatan Tang ZEST PL-91
Tampilan Mekanisme Pelipatan Tang ZEST PL-91

Tampilan Panjang Pisau ZEST PL-91 Berukuran 7,5cm
Tampilan Panjang Pisau ZEST PL-91 Berukuran 7,5cm

Tampilan Pin Pisau ZEST PL-91 Untuk Membuka Pisau
Tampilan Pin Pisau ZEST PL-91 Untuk Membuka Pisau

Tampilan Mekanisme Penguncian Pisau ZEST PL-91
Tampilan Mekanisme Penguncian Pisau ZEST PL-91

Tampilan Membuka Mekanisme Penguncian Pisau ZEST PL-91
Tampilan Membuka Mekanisme Penguncian Pisau ZEST PL-91
Pisau lipat ini dibekali pisau berukuran sekitar 7,5cm-an dan terdapat pin untuk memudahkan dalam membuka serta menutup pisau hanya menggunakan jempol tangan kanan. Ketika pisau dibuka, maka mekanisme penguncian pisau akan bekerja. Mekanisme penguncian sangat sederhana hanya menggunakan besi tipis penahan, jadi jangan lupa untuk menggeser besi penahan ini untuk menutup pisau.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas  dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 3cm-an. Pisau lipat ini presisi meskipun kurang rapi karena masih ada bekas guratan dalam proses pembuatannya dan ini dapat dilihat pada kepala tang. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang maupun mata obeng-nya, karena penulis yakin dengan melihat kepresisiannya pasti bagus ketika digunakan..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, pisau lipat ZEST PL-91 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitasnya diatas harganya yang murah meskipun terlihat kurang rapih dalam proses pembuatannya. Selain itu nilai plus dari pisau lipat ini adalah pisau yang berukuran besar serta adanya tang lipat berukuran besar juga meskipun ketebalannya hanya 5mm dibandingkan pisau lipat lain yang mengandalkan tang dan sudah penulis uji sebelumnya. Perlu diingat, produk ini sepertinya membutuhkan perawatan khusus setelah digunakan dan ketika akan disimpan, yaitu diolesi minyak. Produk ini cocok bila disandingkan dengan RIGWARL R4, tetapi jangan dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman, jelas beda kelasnya.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar