Jumat, 10 November 2023

Review Pisau Lipat Kalibre Tang 06

Tampilan Tanpa Kemasan Kalibre Tang 06
Tampilan Tanpa Kemasan Kalibre Tang 06
Untuk kesekian kalinya penulis membeli pisau lipat untuk koleksi dan pilihan saat ini adalah pisau lipat besutan lokal Bandung, yaitu Kalibre Tang 06 (994151999). Kenapa penulis membeli pisau lipat merek ini? Karena penulis penasaran dengan kualitasnya serta penulis mendapatkan harga murah, yaitu Rp. 101.150,- di Tokopedia. Setelah ditambah kupon diskon dll, akhirnya pisau lipat ini penulis tebus seharga Rp. 92.850,-, cukup murah. Kenapa penulis tidak menulis "unboxing dan review" pisau lipat ini? Ya karena pisau lipat ini dijual tanpa kemasan sama sekali, hanya pisau lipat dimasukkan kedalam sheath (sarung) saja tanpa adanya bungkus kemasan apapun.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, tapi hasilnya hanya muncul Stainless Steel tanpa ada penyebutan jenis baja yang digunakan dan tidak ada keterangan sama sekali, baik diproduk maupun hasil pencarian di mbah Google. Dugaan penulis mungkin menggunakan bahan baja T12 Steel atau CrV (Chrome Vanadium), dikarenakan bahannya mirip sama seperti pisau lipat buatan TOTAL TOOLS, yaitu Total TFMFT01151 yang penulis ulas tanggal 31 Oktober 2023. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Kalibre Tang 06 Terlipat
Tampilan Kalibre Tang 06 Terlipat
Ukuran pisau lipat ini termasuk mini, karena panjang ketika terlipat hanya 7cm saja, ketika dibuka dan dirapatkan capit tangnya menjadi 11cm, apabila capit tang membuka maka panjangnya 10cm.

Tampilan Depan Kalibre Tang 06 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Depan Kalibre Tang 06 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Belakang Kalibre Tang 06 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Belakang Kalibre Tang 06 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Mekanisme Pengunci Tool Kalibre Tang 06
Tampilan Mekanisme Pengunci Tool Kalibre Tang 06
Penulis membuka semua tool yang ada dipisau lipat ini, terlihat hanya menggunakan plat besi untuk menahan tool ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan, mirip seperti yang digunakan oleh pisau lipat Tekiro GT-MP1786 yang penulis ulas tanggal 30 Oktober 2023.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau dipisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas nota pembelian bahan bangunan dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 2cm-an. Dari sini perbedaan harga selisih sedikit dengan pisau lipat Jakemy JM-PJ1010 hanya terlihat bahwa pisau lipat Kalibre Tang 06 ini lebih halus dan presisi. Tool pisau ini menjadi nomer kedua paling rapi dan presisi setelah pisau lipat Tools TFMFT01151. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang pisau lipat ini, karena penulis yakin dengan melihat kepresisiannya pasti bagus ketika digunakan..


.: KESIMPULAN :.

Dari hasil pengujian cepat yang penulis lakukan, pisau ini RECOMMENDED dibeli oleh para pencari pisau lipat harga murah, kualitas oke dari merek lokal yang sudah ternama untuk peralatan outdoor. Selain itu material besi baja yang digunakan sepertinya mirip dengan pisau lipat Total TFMFT01151 menjadikan pisau lipat ini semakin meyakinkan, setidaknya dengan membeli produk dalam negeri semakin mendorong industri dalam negeri menjadi semakin maju. Sekali lagi, jangan dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman yaa, tetap beda kelasnya hehehe..

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan harga yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar