Senin, 30 Oktober 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat Tekiro GT-MP1786

Tampilan Kemasan Tekiro GT-MP1786
Tampilan Kemasan Tekiro GT-MP1786
Penulis penasaran dengan kualitas pisau lipat lansiran merek Tekiro, apakah secara kualitas sebaik produk perkakasnya. Secara tidak sengaja ketika melihat-lihat di Shopee, ketemu pisau lipat Tekiro GT-MP1786 dengan harga yang menurut penulis lebih murah daripada pisau lipat merek Jakemy JM-PJ1010 yang penulis ulas secara singkat tanggal 25 Oktober 2023 lalu. Harga pisau lipat Tekiro GT-MP1786 hanyalah Rp. 59.000,- paling murah dari lapak lainnya dan penulis mendapatkan kupon diskon sebesar Rp. 2.500,-, sehingga pisau lipat ini penulis tebus seharga Rp. 56.500,- saja!

Penulis mencari tahu dari bahan besi baja apakah pisau ini, tapi hasilnya nihil, karena tidak ada keterangan sama sekali, baik dikemasan produk maupun hasil pencarian di mbah Google. Ternyata jenis bahannya tertulis dibagian capit tang, yaitu menggunakan bahan 2CR. Baja 2CR ini adalah baja tahan karat buatan Cina yang sangat murah harganya namun berkualitas tinggi dan sangat mirip dengan baja tahan karat SAE seri 200. Baja jenis ini memiliki kekuatan, ketangguhan, dan ketahanan korosi yang tinggi, sehingga cocok untuk berbagai kegunaan. Baja jenis ini sering digunakan dalam pembuatan dan pemeliharaan pesawat terbang dan mesin jet, terutama karena kualitasnya yang tahan lama meskipun suhu sangat panas atau dingin serta dapat digunakan untuk membuat perkakas yang tahan terhadap keausan dan korosi, sehingga umum digunakan dalam industri pengerjaan logam. Setelah pisau lipat Tekiro GT-MP1786 tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Tekiro GT-MP1786
Tampilan Isi Kemasan Tekiro GT-MP1786
Pengemasan pisau lipat ini sangatlah sederhana, pisau lipat dibungkus blister pack, sheath (sarung pisau) dan selembar kertas yang dibagian belakangnya ada petunjuk kegunaan dari masing-masing tool yang ada dipisau lipat ini. Pegangan pisau lipat ini rata, tidak ada lekukan sama sekali sehingga kurang ergonomis apabila digunakan, karena dapat mengakibatkan selip. Pegangan pisau menggunakan perpaduan bahan plastik warna hijau muda serta lembaran aluminium yang ditekuk kedalam.

Tampilan Tekiro GT-MP1786 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Tekiro GT-MP1786 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Pengunci Tekiro GT-MP1786 Ketika Tools Dibuka
Tampilan Pengunci Tekiro GT-MP1786 Ketika Tools Dibuka
Penulis membuka semua tool yang ada dipisau lipat ini, terlihat hanya menggunakan plat besi untuk menahan tool ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan.

Tampilan Ketidakrapian Pada Capit Tang Tekiro GT-MP1786
Tampilan Ketidakrapian Pada Capit Tang Tekiro GT-MP1786

Tampilan Ketidakrapian Pada Penggaris Tekiro GT-MP1786
Tampilan Ketidakrapian Pada Penggaris Tekiro GT-MP1786

Tampilan Ketidakrapian Pada Tools Tekiro GT-MP1786
Tampilan Ketidakrapian Pada Tools Tekiro GT-MP1786
Dari tampilan pada capit tang, penggaris serta tools lainnya di Tekiro GT-MP1786 dapat dilihat bahwa proses pembuatannya kurang rapi dan kurang presisi, dimana dibagian penggaris serta tools lainnya sangat terlihat adanya baretan-baretan (proses penipisan) serta adanya sisa logam dalam penempaannya.

Tampilan Tekiro GT-MP1786 Ketika Dilipat
Tampilan Tekiro GT-MP1786 Ketika Dilipat
Pisau lipat ini sangatlah ringan dan terkesan ringkih sekali, karena sangat terlihat sekali dari bahan yang digunakan serta dalam pengerjaannya yang sangat tidak rapi sama sekali! Bahkan penulis sendiri jadi ragu untuk menguji tools yang ada dipisau lipat ini.. 


.: PENGUJIAN :.

Namanya juga pisau lipat, langsung saja penulis uji ketajaman dari pisau lipat ini. Penulis gunakan untuk menyayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 1mm saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 1cm-an karena mata pisau lipat yang berada ditangan penulis kurang tajam. Ketajaman mata pisau lipat ini memang tidak setajam pisau lipat lain yang sudah penulis uji, tetapi baja yang digunakan dapat dipertajam lagi. Dari sini perbedaan harga yang jauh dengan pisau lipat Jakemy JM-PJ1010 sangatlah terasa sekali, karena jenis baja yang digunakan juga sangat berbeda dari bahan maupun karakteristiknya (2CR vs 420J2). Hanya tool pisau inilah yang menurut penulis paling rapi dan presisi buatannya dibandingkan tool lainnya. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang pisau lipat ini, karena dengan melihat sekilas gigi pemotong yang prosesnya kurang rapi serta terlihat tidak tajam sehingga kurang meyakinkan untuk diuji coba.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian yang telah penulis lakukan dipisau lipat Tekiro GT-MP1786 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini NOT RECOMMENDED kecuali bagi pemula ingin memiliki pisau lipat untuk pertama kalinya. Bahkan bagi penulis pribadi, pisau ini cocoknya dijual dibawah Rp. 50.000,- sesuai dengan kualitas bahan serta pengerjaannya. Tipe ini jangan pernah dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman, jauh bangeetttt!!! Bahkan masih jauh dibandingkan dengan pisau lipat Jakemy JM-PJ1010.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat yang kualitasnya pas-pasan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar