Selasa, 31 Oktober 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat Total TFMFT01151

Tampilan Kemasan Total TFMFT01151
Tampilan Kemasan Total TFMFT01151
Rupanya ada merek pendatang baru untuk toolkit yang baru penulis ketahui, yaitu TOTAL TOOLS, dimana perusahaan milik negara China ini ternyata sudah Go International lebih dari 150 negara. Kebetulan penulis tertarik dan terpana dengan tampilan pisau lipat Total TFMFT01151 dimana harganya cuma Rp. 153.000,- di Shopee, langsung saja penulis beli untuk mengetahui kualitas dari produk tersebut yang harganya termasuk bersaing ditingkatan rendah. Harganya memang diatas pisau lipat merek Jakemy JM-PJ1010 dan NexTool NE20096 yang sudah pernah penulis ulas sebelumnya.

Penulis pun penasaran dan mencari tahu dari bahan besi baja apakah pisau lipat ini, tapi hasilnya hanya muncul Stainless Steel tanpa ada penyebutan jenis baja yang digunakan dan tidak ada keterangan sama sekali, baik dikemasan produk maupun hasil pencarian di mbah Google. Dugaan penulis mungkin menggunakan bahan baja T12 Steel atau CrV (Chrome Vanadium), dikarenakan kedua bahan inilah yang disebutkan pada beberapa perkakas lain buatan TOTAL TOOLS. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Total TFMFT01151
Tampilan Isi Kemasan Total TFMFT01151
Pengemasan pisau lipat ini sangatlah sederhana, pisau lipat dan sheath (sarung pisau) dibungkus blister pack,  dan selembar kertas yang dibagian belakangnya ada petunjuk kegunaan dari masing-masing tool yang ada dipisau lipat ini. Pegangan pisau lipat berlekuk, disesuaikan dengan ergonomi bentuk tangan serta terdapat karet agar tergenggam erat, selain itu ada sedikit lekukan untuk memudahkan mengeluarkan tool menggunakan kuku.

Tampilan Sheath Total TFMFT01151
Tampilan Sheath Total TFMFT01151
Rupanya produk ini tidak main-main, sarung pisau lipat yang disertakan dibuat dari bahan yang berkualitas serta diperkeras mirip hardcase. Jadinya sheath ini tetap bisa mempertahankan bentuknya meskipun terkena himpitan maupun benturan.

Tampilan Depan Total TFMFT01151 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Depan Total TFMFT01151 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Belakang Total TFMFT01151 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Belakang Total TFMFT01151 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Mekanisme Pengunci Tool Total TFMFT01151
Tampilan Mekanisme Pengunci Tool Total TFMFT01151
Penulis membuka semua tool yang ada dipisau lipat ini, tampak adanya kunci geser yang berfungsi untuk menahan tool ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan.

Tampilan Capit Tang Total TFMFT01151
Tampilan Capit Tang Total TFMFT01151
Dari tampilan pada capit tang, dapat dilihat bahwa proses pembuatannya sudah rapi, presisi dan benar-benar bagus penampilannya. Ada bagian yang memang sengaja tidak diperhalus, mungkin sengaja agar memudahkan ketika memegang ujung capit tang tidak mudah jatuh melorot karena licin.

Tampilan Total TFMFT01151 Ketika Dilipat
Tampilan Total TFMFT01151 Ketika Dilipat
Pisau lipat ini agak berat dan mantab, jadi terkesan material baja yang digunakan memang berkualitas dan membuat penulis terpana dengan pisau lipat ini.


.: PENGUJIAN :.

Begitu sangat menggebu untuk mengujinya, langsung saja penulis uji ketajaman dari pisau lipat ini. Penulis gunakan untuk menyayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 1mm saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 1cm-an karena mata pisau lipat yang berada ditangan penulis kurang tajam. Ketajaman mata pisau lipat ini memang tidak setajam pisau lipat lain yang sudah penulis uji, tetapi baja yang digunakan untuk pisau ini mudah untuk dipertajam lagi. Dari sini perbedaan harga yang jauh dengan pisau lipat Jakemy JM-PJ1010 maupun NexTool NE20096 sangatlah terasa sekali, karena jenis baja yang digunakan sangat berbeda dari bahan maupun karakteristiknya meskipun tidak tahu jenis bajanya. Semua tool pisau ini semuanya presisi dan rapi. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang pisau lipat ini, karena penulis yakin dengan melihat kepresisiannya pasti bagus ketika digunakan.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian yang telah penulis lakukan dipisau lipat Total TFMFT01151 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli yang ingin punya pisau lipat keren dengan harga terjangkau tetapi masih diatas harga NexTool NE20096. Jangan dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman yaa, tetap beda kelasnya!

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan harga yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar