Selasa, 31 Oktober 2023

Unboxing dan Review Generic 2.5" HDD SATA Type-C External Case

Tampilan Kemasan 2.5" HDD SATA Type-C External Case
Tampilan Kemasan 2.5" HDD SATA Type-C External Case
Secara tidak sengaja ketika penulis mencari SSD di JakartaNotebook/Jakmall, muncullah 2.5" HDD SATA Type-C External Case ini dengan harga yang sangatlah murah, yaitu seharga Rp. 44.100,- dan dideskripsi disebutkan bahwa enclosure ini mendukung kapasitas HDD maksimal 2TB. Tanpa pikir panjang, langsung saja penulis beli enclosure ini, karena penulis berencana membuat HDD portable menggunakan SSD kapasitas 1TB yang notabene semakin murah harganya. Mari kita ulas HDD external case ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan 2.5" HDD SATA Type-C External Case
Tampilan Isi Kemasan 2.5" HDD SATA Type-C External Case
HDD external case ini dikemas teramat sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: HDD external case ini hanya dibalut plastik bening dan kabel USB Type-C ke Type-C dibungkus plastik bening juga. Tetapi didalam HDD external case ada dua buah stiker busa sebagai bantalan, mungkin untuk menjaga agar HDD tidak bergeser dari kedudukan.

Tampilan Papan PCB 2.5" HDD SATA Type-C External Case
Tampilan Papan PCB 2.5" HDD SATA Type-C External Case
Karena bening, kita dapat langsung melihat papan PCB serta chipset SATA yang digunakan oleh HDD external case ini, yaitu Realtek RTL9201.

Tampilan Port USB Type-C 2.5" HDD SATA Type-C External Case
Tampilan Port USB Type-C 2.5" HDD SATA Type-C External Case

Tampilan 2.5" HDD SATA Type-C External Case Ketika Dibuka
Tampilan 2.5" HDD SATA Type-C External Case Ketika Dibuka
Ketika HDD external case dibuka untuk diisi HDD, terlihat bahwa mekanisme pengucian HDD external case ini sangatlah jelek, hanya model slide-on yang rawan bisa terlepas dengan sendirinya. Tetapi hal ini bisa diakali dengan cara ditambahi perekat lain, semisal: stiker, lakban bening dibagian kedua sisi yang saling menghubungkan ataupun dimasukkan kedalam case.


.: PENGUJIAN :.

Tampilan 2.5" HDD SATA Type-C External Case Diisi HDD 320GB
Tampilan 2.5" HDD SATA Type-C External Case Diisi HDD 320GB
Untuk pengujian, penulis menggunakan HDD 2.5" berkapasitas 320GB merek Toshiba untuk melihat HDD external case ini sebenarnya merek apa dan terdeteksinya sebagai apa.

Tampilan 2.5" HDD SATA Type-C External Case Terdeteksi Sebagai RTL9201
Tampilan 2.5" HDD SATA Type-C External Case Terdeteksi Sebagai RTL9201
Setelah penulis sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB Type-A ke Type-C merek CHOETECH Fast Charging 3A yang biasa penulis gunakan untuk kabel data ponsel, HDD enclosure ini terdeteksi sebagai RTL9201.

Karena sudah menggunakan antarmuka USB 3.1, maka proses salin-menyalin berkas menjadi cepat. Disini penulis tidak melakukan pengujian benchmark (unjuk kerja), karena penulis menggunakannya dengan tujuan sebagai backup (cadangan) saja, bukan sebagai HDD kerja atau bermain permainan.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian sederhana yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa HDD external case ini  RECOMMENDED bagi anda yang doyan merakit sendiri HDD cadangan serta dapat menerima kekurangannya, yaitu: maksimal kapasitas HDD yang didukung MAKSIMAL 2TB dan mekanisme penguncian case-nya yang harus ditambahi perekat lain. Selain itu, case ini rawan pecah kalau terjatuh karena terbuat dari bahan mika transparan.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membuat HDD cadangan dengan antarmuka USB Type-C yang lebih praktis. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar