Minggu, 29 Oktober 2023

Pasang Footstep Tambahan di Motor Honda Vario 110 Carbu CW

Tampilan Footstep Tambahan Honda Vario 110 Carbu CW
Tampilan Footstep Tambahan Honda Vario 110 Carbu CW
Beberapa kali penulis sering melihat ada motor matic yang diberi footstep tambahan dideknya. Awalnya penulis berpikir footstep tambahan ini hanya untuk beristirahatnya kaki seperti motor matic Honda PCX atau Yamaha N-Max tapi KW hehehehe..

Secara tidak sengaja, ketika melihat-lihat di Shopee, barulah penulis mengerti kegunaan dari footstep tambahan itu, yakni apabila kita membawa muatan dan melebihi kapasitas dek motor matic. Bila terpaksa harus membawa muatan seperti itu, maka tidak ada pijakan tersisa untuk kaki, bisa pula dipaksakan, tapi kaki ditimpa oleh barang bawaan agak kaki tetap bisa berpijak tetapi tidak efektif apabila dalam perjalanan yang mengharuskan kaki bolak-balik memijak aspal dan kembali berpijak ke dek. Akhirnya penulis memutuskan untuk memasang footstep tambahan dimotor Honda Vario 110 Carbu CW lansiran 2013. Bagaimana memasangnya? Ikuti saja tulisan singkat ini hehehehe.. 

Penulis membeli footstep tambahan ini dari penjual tnt_onlineshop di Shopee dengan harga Rp. 62.000,- sepaket lengkap besi rangka beserta footstep karet-nya. 

Footstep Tambahan Yang Dikirimkan Untuk Honda Vario 12
Footstep Tambahan Yang Dikirimkan Untuk Honda Vario 125
Ketika penulis memesan dan memilih untuk motor Honda Vario 110 Carbu CW, eh sama si penjual dikirimkan bertuliskan untuk Honda Vario 125! Tapi diketerangan dilapak si penjual memang dituliskan cocok juga untuk Honda Vario 110 Carbu CW (dibilang carbu old). Setelah sampai, langsung saja penulis pasang sendiri..

Besi Footstep Sebelah Kanan Sedikit Penyok Terkena Hantaman Palu
Besi Footstep Sebelah Kanan Sedikit Penyok Terkena Hantaman Palu
Ketika penulis coba pasang sendiri, disinilah permasalahan terjadi.. Yakni, ketika salah satu baut dipasangakan disalah satu lubang rangka footstep, eh ternyata lubang satunya TIDAK PRESISI sekitar 5mm lho! Jadinya kalau baut dipaksa saja, maka rumah baut yang ada dirangka motor sudah pasti akan aus (dol)! Awalnya penulis mencoba untuk membengkokkan rangka footstep dengan cara dilepas kemudian dihantam menggunakan palu dan ternyata cara ini TIDAK EFEKTIF! Akhirnya penulis paksa dengan cara baut dipasang dilubang kiri rangka footstep kemudian rangka sebelah kanan penulis hantam dengan palu daaannn cara ini BERHASIL! Tinggal pasang saja baut dilubang rangka footstep sebelah kanan dan selesai deh pemasangannya. 

Tampilan Footstep Tambahan Terpasang (Footstep Terlipat) Rapi di Motor Honda Vario 110 Carbu CW
Tampilan Footstep Tambahan Terpasang (Footstep Terlipat) Rapi di Motor Honda Vario 110 Carbu CW
Setelah terpasang dan penulis coba berkendara menggunakan motor ini, ternyata memang betul footstep tambahan ini sangat bermanfaat apabila kaki capek menapak didek motor dan ingin sedikit meregangkan kaki tanpa harus menunggu membawa muatan terlebih dahulu.

Menurut penulis, penggunaan footstep tambahan ini VERY RECOMMENDED apabila anda membutuhkan sandaran kaki tambahan apalagi apabila sering membawa muatan melebihi kapasitas dek motor matic anda. Selain itu, footstep tambahan ini hasil karya anak bangsa, lebih tepatnya buatan pengerajin dikota Sidoarjo, Jawa Timur. Setidaknya dengan membeli spare part tambahan ini dapat membantu industri UMKM.

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu anda sekalian yang mungkin bingung atau aneh melihat ada motor matic yang menggunakan footstep tambahan ini.. Aku bangga buatan Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar