Rabu, 25 Oktober 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat Jakemy JM-PJ1010

Tampilan Kotak Kemasan Jakemy JM-PJ1010
Tampilan Kotak Kemasan Jakemy JM-PJ1010
Karena penulis sangat senang mengkoleksi pisau lipat, secara tidak sengaja ketika melihat-lihat di Tokopedia, secara tidak sengaja ketemu pisau lipat Jakemy JM-PJ1010 dengan harga yang menurut penulis lebih murah daripada pisau lipat merek NexTool NE20096 yang penulis ulas secara singkat tanggal 4 Oktober 2023 lalu. Harga pisau lipat Jakemy JM-PJ1010 hanyalah Rp. 101.700,- dan penulis mendapatkan kupon diskon sebesar Rp. 15.000,-, sehingga pisau lipat ini penulis tebus seharga Rp. 86.700,- saja!

Setelah penulis cari tahu, ternyata pisau lipat ini terbuat dari besi baja 420J2, dimana baja tahan karat jenis ini adalah kelas baja tahan karat yang terkenal karena harganya cukup terjangkau dan ketahanannya terhadap korosi. Selain itu, 420J2 merupakan baja tahan karat kelas bawah dan rendah karbon yang sering digunakan pada pisau murah, peralatan makan dapur, peralatan bedah, gunting potong rambut, dan aplikasi lain yang mengutamakan biaya murah. Ooo, pantas saja pisau lipat ini secara harga terpaut sekitar Rp. 26.700,- daripada pisau lipat Nextool NE20096. Setelah pisau lipat Jakemy JM-PJ1010 tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kotak Kemasan Jakemy JM-PJ1010
Tampilan Isi Kotak Kemasan Jakemy JM-PJ1010
Pengemasan pisau lipat ini sangatlah sederhana, pisau lipat dibungkus bubble wrap transparan serta karabiner dimasukkan ke dalam sheath (sarung pisau) dan ada multitools bentuk kotak, dimasukkan didalam kotak kemasan disegel menggunakan oleh plastik bening. Isi hanyalah pisau lipat itu sendiri, karabiner untuk gantungan pisau lipat serta multitools bentuk kotak disertai petunjuk penggunaannya.

Tampilan Isi Kotak Kemasan Jakemy JM-PJ1010
Tampilan Isi Kotak Kemasan Jakemy JM-PJ1010

Tampilan Jakemy JM-PJ1010 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Jakemy JM-PJ1010 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Dari Atas Jakemy JM-PJ1010 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Dari Atas Jakemy JM-PJ1010 Ketika Semua Tools Dibuka
Penulis membuka semua tool yang ada dipisau lipat ini, tidak tampak adanya kunci geser seperti dipisau lipat Nextool NE20096, hanya menggunakan besi batang untuk menahan tool ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan.

Tampilan Jakemy JM-PJ1010 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Jakemy JM-PJ1010 Ketika Semua Tools Dibuka
Bahan yang digunakan untuk pegangan pisau lipat ini menggunakan bahan besi baja dengan kontur halus tetapi ada lekukan untuk menahan jari ketika memegangnya untuk mencegah selip ketika sedang digunakan.

Tampilan Pengunci Jakemy JM-PJ1010 Ketika Tools Dibuka
Tampilan Pengunci Jakemy JM-PJ1010 Ketika Tools Dibuka
Disini dapat dilihat besi batang untuk menahan tool ketika dibuka penuh.

Tampilan Multitools Tambahan Jakemy JM-PJ1010
Tampilan Multitools Tambahan Jakemy JM-PJ1010
Tampilan multitools tambahan Jakemy JM-PJ1010, dimana terdapat berbagai fungsi dan disertai kartu berisi petunjuk singkat cara penggunaannya.

Tampilan Capit Tang Jakemy JM-PJ1010
Tampilan Capit Tang Jakemy JM-PJ1010
Dari tampilan penjepit tang yang ada di Jakemy JM-PJ1010 dapat dilihat bahwa proses pembuatannya kurang rapi, dimana dibagian gigi pemotong terlihat tidak tajam.


.: PENGUJIAN :.

Namanya juga pisau lipat, langsung saja penulis uji ketajaman dari pisau lipat ini. Penulis gunakan untuk menyayat selembar kertas maupun bubble wrap dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 2mm saja! Mata pisau lipat yang berada ditangan penulis hanya tajam bulai dari pertengahan pisau sampai ke pangkal pisau. Pisau ini tidak penulis uji memotong plastik bagian kasar di galon Le Minerale, karena tidak punya galon air lagi hehehe.. Ketajaman mata pisau lipat ini memang tidak setajam silet, tetapi baja yang digunakan dapat dipertajam lagi. Dari sini perbedaan harga yang sedikit dengan pisau lipat Nextool NE20096 sangat terasa, karena jenis baja yang digunakan juga sangat berbeda dari bahan maupun karakteristiknya (420J2 vs 30Cr13). Selanjutnya penulis menguji ketajaman gunting untuk memotong selembar kertas maupun bubble wrap, hasilnya dapat memotong dengan sempurna. Penulis tidak menguji untuk memotong benda lainnya. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang pisau lipat ini, karena dengan melihat sekilas gigi pemotong yang prosesnya kurang rapi serta terlihat tidak tajam sehingga kurang meyakinkan untuk diuji coba.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian yang telah penulis lakukan dipisau lipat Jakemy JM-PJ1010 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli BAGI YANG MENCARI PISAU LIPAT HARGA MURAH BUKAN KUALITAS, dikarenakan kualitasnya yang menurut penulis pas-pasan!!! Jangan pernah dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman, jauh bangeetttt!!!

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan harga yang sangat budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar