Senin, 20 November 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat ZEST PA-54

Tampilan Kardus Kemasan ZEST PA-54
Tampilan Kardus Kemasan ZEST PA-54
Ahhhh, lagiii.. penulis membeli pisau lipat lagiii untuk koleksi dan pilihan saat ini adalah pisau lipat merek ZEST PA-54 ketika melihat-lihat di Shopee. Penulis menemukan pisau lipat yang ukurannya cuteee banget, alias mini daaannn ini adalah produk dan merek Cina yang entah kualitas dan dukungan purna jualnya. Seperti yang pernah penulis katakan, bahwa beli produk buatan Cina itu ibarat berjudi, kalau pas dapat yang bagus yaa sangat bagus dan awet, tapi kalau apes dapat yang jelek yaa juelek sekali! Penulis tertarik dengan pisau lipat ini karena berukuran mini dan dibanderol seharga Rp. 69.100,-

Seperti biasa, penulis penasaran dengan bahan baja yang digunakan oleh merek ini, setelah penulis mencari di mbah Google, ditemukan dilaman jejaring JakartaNotebook tercantum, yakni 30CR13 seperti yang digunakan dipisau lipat NexTool NE20096 yang penulis ulas 4 Oktober 2023. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis ulas untuk mengecek dan membuktikan sendiri bagaimana kualitasnya..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kardus Kemasan ZEST PA-54
Tampilan Isi Kardus Kemasan ZEST PA-54

Tampilan ZEST PA-54 Terlipat Berukuran 8,5cm
Tampilan ZEST PA-54 Terlipat Berukuran 8,5cm

Tampilan ZEST PA-54 Terlipat Berukuran 11cm
Tampilan ZEST PA-54 Terlipat Berukuran 11cm
Ukuran pisau lipat ini hanyalah 8,5cm saja ketika sedang terlipat lho.. kalau pisau dibuka maka panjangnya menjadi 11cm. Dan ternyata, tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis dipisau lipat ini yang menandakan merek ZEST. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe.. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari besi. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan banyak minyak yang dioleskan ke pisau lipat, ini menandakan kemungkinan besar pisau lipat ini terbuat dari besi baja yang mudah berkarat apabila tidak dirawat dengan baik, yaitu dengan cara diolesi minyak setelah digunakan sebelum disimpan.

Tampilan Depan ZEST PA-54
Tampilan Depan ZEST PA-54

Tampilan Belakang ZEST PA-54
Tampilan Belakang ZEST PA-54

Tampilan Mekanisme Penguncian Tool ZEST PA-54
Tampilan Mekanisme Penguncian Tool ZEST PA-54
Mekanisme penguncian sangat sederhana hanya menggunakan besi tipis penahan, jadi jangan lupa untuk menggeser besi penahan ini untuk menutup pisau maupun gergaji.

Tampilan ZEST PA-54 Pisau Terbuka Berukuran 13,5cm
Tampilan ZEST PA-54 Pisau Terbuka Berukuran 13,5cm

Tampilan Mata Pisau ZEST PA-54 Berukuran 4,7cm
Tampilan Mata Pisau ZEST PA-54 Berukuran 4,7cm
Pisau lipat ini dibekali pisau berukuran sekitar 4,7cm-an dan ketika pisau ataupun gergaji dibuka, maka mekanisme penguncian pisau atau gergaji akan bekerja.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 2mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 3cm-an. Ketajaman mata pisau lipat ini memang tidak setajam silet, tetapi baja yang digunakan dapat dipertajam lagi. Pisau lipat ini presisi meskipun kurang rapi karena masih ada bekas guratan dalam proses pembuatannya dan ini dapat dilihat pada kepala tang. Penulis tidak menguji kekuatan gigi potong dari tang, karena penulis yakin dengan melihat bahan besi baja yang digunakan, pasti bagus ketika digunakan..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, pisau lipat ZEST PA-54 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitasnya diatas harganya yang murah meskipun terlihat kurang rapih dalam proses pembuatannya. Kekurangan pisau in adalah tool yang ada sangat sedikit sekali. Perlu diingat, produk ini sepertinya membutuhkan perawatan khusus setelah digunakan dan ketika akan disimpan, yaitu diolesi minyak. Produk ini cocok bila disandingkan dengan produk dari Traveler, tetapi jangan dibandingkan dengan merek semacam Victorinox atau Leatherman, jelas beda kelasnya.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar