Selasa, 21 November 2023

Cara Cek Keaslian Baterai Kamera Canon LP-E6NH

Tampilan Kemasan Canon LP-E6NH
Tampilan Kemasan Canon LP-E6NH
Kebetulan kamera kantor merek Canon tipe R5 hanya memiliki baterai asli satu saja. Baterai cadangan sangat dibutuhkan untuk berjaga-jaga apabila kantor mengadakan event besar, malu dong apabila event sedang berjalan, tiba-tiba setrum baterai habis dan tidak punya baterai cadangan. Yang jelas pasti akan kehilangan moment berharga, dan semua orang tidak menginginkan hal itu! Baterai yang digunakan oleh kamera ini adalah LP-E6NH.

Naah, ketika akan membeli baterai tersebut, maka akan banyak ditawarkan baterai LP-E6NH ini dengan rentang harga mulai 200rb s.d. 1 juta lebih di Shopee. Permasalahannya adalah, apakah baterai yang ditawarkan tersebut adalah original? Syukur-syukur kalau penjualnya mau jujur, kalau tidak jujur bisa-bisa kita ditipu mentah-mentah! Bahkan penulis cek, direntang harga 160rb s.d. 600rb ternyata baterai jenis KW lho..

Disinilah diperlukan kesabaran, dimana penulis chat satu persatu para penjual di Shopee, menanyakan apakah baterai yang dijual ori atau KW. Banyak yang dilapaknya dipajang baterai ori dengan harga relatif miring, giliran di-chat, eh bilangnya stok kosong dan menunggu harga terbaru dari distributor! Model penjual seperti apa ini? Barang dipajang tapi tidak ready stock! Akhirnya penulis mendapatkan penjual baterai LP-E6NH yang 100% original, yakni Jakarta Fotografi seharga Rp. 1.639.000,-. Baterai sampai ditangan penulis pada tanggal 17 Nopember 2023 ini, tetapi penulis baru sempat menguji head-to-head dengan baterai ori bawaan kamera pada hari ini. Mari kita lihat apa saja perbedaan baterai baru dengan baterai ori bawaan kamera..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Logo Hologram di Kemasan Canon LP-E6NH
Tampilan Logo Hologram di Kemasan Canon LP-E6NH
Perhatikan logo hologram Canon dikotak kemasan baterai sebagai tanda bukti jaminan keaslian baterai ini.

Tampilan Kemasan Canon LP-E6NH Dibuka
Tampilan Kemasan Canon LP-E6NH Dibuka

Tampilan Depan Baterai Canon LP-E6NH Masih Terbungkus
Tampilan Depan Baterai Canon LP-E6NH Masih Terbungkus

Tampilan Belakang Baterai Canon LP-E6NH Masih Terbungkus
Tampilan Belakang Baterai Canon LP-E6NH Masih Terbungkus
Baterai ini dikemas dimana bagian pin konektor dilindungi plastik tatakan dan dibungkus oleh pastik warna biru tembus pandang dan diplastik terdapat QR Code yang tidak penulis cek apa isinya.

Tampilan Perbandingan Baterai Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Tampilan Perbandingan Baterai Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera

Tampilan Perbandingan Sisi Konektor Baterai Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Tampilan Perbandingan Sisi Konektor Baterai Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Perbedaan antara baterai bawaan kamera (atas) dengan yang baru hanyalah logo kedua dari sebelah kanan.

Tampilan Perbandingan Stiker Baterai Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Tampilan Perbandingan Stiker Baterai Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Perbedaan stiker antara baterai bawaan kamera (atas) dengan yang baru hanyalah penambahan logo UKCA (pernyataan bahwa produk ini memenuhi standar untuk dijual di Inggris).

Tampilan Perbandingan Kode Tahun Pembuatan Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Tampilan Perbandingan Kode Tahun Pembuatan Canon LP-E6NH Baru Dengan Bawaan Kamera
Kedua baterai memiliki kode tahun pembuatan, dimana baterai bawaan kamera (atas) diproduksi tahun 2022 sedangkan baterai baru diproduksi tahun 2023.


.: PENGUJIAN :.

Cara menguji kemampuan baterai ini adalah dicas sampai penuh dan digunakan memotret untuk menguji daya tahan baterai ini, sesuai dengan kemampuan baterai bawaan kamera atau tidak. Hasil pengujian baterai baru ini menunjukkan, bahwa baterai baru ini menurut penulis sama seperti baterai bawaan kamera.


.: KESIMPULAN :.

Dari hasil pengujian cepat yang penulis lakukan, baterai ini ORIGINAL 100% dan VERY RECOMMENDED dibeli, baik untuk dijadikan baterai utama maupun cadangan. Memang, ada harga ada rupa, meskipun dibaterai ini tertulis Made in China tetapi quality control dari perusahaan Canon sangatlah ketat, sehingga kualitas baterai ini terjaga..

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari referensi penjual baterai Canon LP-E6NH yang terpercaya.. Happy shooting!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar