Jumat, 17 November 2023

Unboxing dan Review Gunting Lipat Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708

Tampilan Kemasan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708
Tampilan Kemasan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708
Kapan hari, ketika penulis ketika melihat-lihat di Shopee, muncullah gunting lipat besutan Tekiro, yakni Tekiro Multifunction Scissor GT-mS1708 dan harganya paling murah diantara para penjual, yaitu Rp. 52.600,-. Menurut penulis, berdasarkan bentuk gunting ini, sebenarnya gunting ini untuk memotong dahan tumbuhan, tetapi Tekiro mengklaim sebagai gunting banyak fungsi yaa kita iyakan saja hehehe..

Penulis pun penasaran dan mencari tahu dari bahan besi baja apakah gunting lipat ini, dikemasan hanya tertera Heat Treated Stainless Steel tanpa ada penyebutan jenis baja yang digunakan. Dugaan penulis mungkin menggunakan bahan baja 2CR13 (baja racikan dari Cina) atau CrV (Chrome Vanadium), dikarenakan kedua bahan inilah yang umum digunakan pada beberapa perkakas buatan Cina. Gunting ini tiba ditangan penulis tadi malam 16 Nopember 2023 dan penulis sempat menguji singkat tadi pagi. Langsung saja kita ulas gunting lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Pengemasan gunting lipat ini sangatlah sederhana, gunting lipat dibungkus blister pack, sheath (sarung pisau) dan selembar kertas yang dibagian belakangnya ada petunjuk kegunaan dari masing-masing tool yang ada digunting lipat ini.

Tampilan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Terbuka
Tampilan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Terbuka
Pegangan gunting lipat ini diberi plastik hitam dilapisi karet yang agak lengket (mungkin karena lembab/disimpan ditempat lembab) dan mudah menarik kotoran ditangan sehingga menempel dilapisan karet tersebut. Sarung gunting yang disertakan terbuat dari kain biasa dan murahan. Panjang gunting ini dalam keadaan terbuka adalah 15cm.

Tampilan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Terlipat
Tampilan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Terlipat
Panjang gunting ini dalam keadaan terlipat adalah 9,5cm.

Tampilan Depan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Depan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Semua Tools Dibuka

Tampilan Belakang Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Semua Tools Dibuka
Tampilan Belakang Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Semua Tools Dibuka
Penulis membuka semua tools yang ada digunting lipat ini, terlihat hanya menggunakan plat besi untuk menahan tools ketika dibuka penuh agar tidak terlipat ketika sedang digunakan.

Tampilan Depan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Ditutup
Tampilan Depan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Ditutup

Tampilan Depan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Dibuka
Tampilan Depan Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Dibuka
Pada kepala gunting terdapat kunci pengaman agar capit gunting tetap dalam posisi tertutup. Cara membukanya cukup kaki gunting dirapatkan baru kunci pengaman digeser keluar. Untuk mengunci kembali langkahnya sama cuma kunci pengaman digeser kedalam.

Tampilan Belakang Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Ditutup
Tampilan Belakang Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Ditutup

Tampilan Belakang Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Dibuka
Tampilan Belakang Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Ketika Gunting Dibuka
Unit yang penulis terima termasuk rapi dan presisi dalam proses pembuatannya meskipun terlihat ada bekas grinding.

Tampilan Pisau Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Berukuran 4,8cm
Tampilan Pisau Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 Berukuran 4,8cm
Pisau yang disematkan digunting lipat ini, mata pisaunya memiliki panjang 4,8cm.


.: PENGUJIAN :.

Meskipun namanya gunting lipat, tapi penulis penasaran menguji ketajaman dari pisau yang disematkan. Penulis gunakan untuk mensayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 3cm-an dan aneh memang, panjang mata pisau pendek tetapi bisa mensayat sepanjang itu. Ketajaman mata pisau digunting lipat ini lebih tajam dari pisau lipat lain yang sudah penulis uji, tetapi tetap masih bisa dipertajam lagi. Gunting tidak penulis uji, karena tidak ada batang tanaman yang bisa penulis jadikan ajang uji coba hehehe.. kalau melihat kualitasnya, gunting ini masih mampu lah untuk memotong dahan berukuran 5-8mm-an, selebihnya dari itu dibutuhkan tenaga yang kuat untuk menekan gunting ini.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, gunting lipat Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 ini dapat penulis simpulkan bahwa gunting lipat ini RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitasnya diatas harganya yang murah.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari gunting lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar