Senin, 20 November 2023

Unboxing dan Review Generic 2.5" HDD SSD External Case Type-C

Tampilan Kemasan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C
Tampilan Kemasan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C
Karena penulis menemukan beberapa keanehan, yaitu HANYA MENDUKUNG HDD/SSD yang membutuhkan arus sebesar 500mA saja, ketika enclosure ini di-eject (dilepas) dari komputer ternyata tidak memutuskan aliran listrik serta mendukung kapasitas HDD/SSD maksimal hanya 2TB di HDD External Case Type-C sebelumnya, maka penulis mencari lagi enclosure yang tidak memiliki batasan tersebut. Penulis akhirnya menemukan enclosure ini seharga Rp. 46.000,-, yang hanya selisih sedikit dengan enclosure sebelumnya tetapi mampu mendukung HDD/SSD maksimal sebesar 4TB lho! Tanpa pikir panjang lagi, penulis langsung beli saja enclosure ini dan mari kita ulas HDD/SSD external case ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C
Tampilan Isi Kemasan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C
HDD/SSD external case ini dikemas teramat sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: enclosure ini hanya dibalut plastik bening dan kabel USB Type-C ke Type-A dibungkus plastik bening juga. Tetapi didalam enclosure ini ada satu buah stiker busa sebagai bantalan, mungkin untuk menjaga agar HDD/SSD tidak bergeser dari kedudukan.

Tampilan Port USB Type-C 2.5" HDD/SSD External Case Type-C
Tampilan Port USB Type-C 2.5" HDD/SSD External Case Type-C

Tampilan Slide On Untuk Membuka 2.5" HDD/SSD External Case Type-C
Tampilan Slide On Untuk Membuka 2.5" HDD/SSD External Case Type-C

Tampilan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C Ketika Dibuka
Tampilan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C Ketika Dibuka
Ketika HDD/SSD external case dibuka untuk diisi SSD, terlihat bahwa mekanisme pengucian enclosure ini sangatlah jelek, hanya model slide-on yang rawan bisa terlepas dengan sendirinya. Tetapi hal ini bisa diakali dengan cara ditambahi perekat lain, semisal: stiker, lakban bening dibagian kedua sisi yang saling menghubungkan ataupun dimasukkan kedalam case. Ketika dibuka, terlihat adanya lubang lampu indikator yang menampilkan ketika HDD/SSD sedang bekerja, maupun ketika HDD/SSD di-eject dari komputer maka lampu indikator ini akan mati yang menandakan enclosure ini aman untuk dilepas dari komputer.


.: PENGUJIAN :.

Untuk pengujian, penulis menggunakan SSD 2.5" berkapasitas 256GB merek Wellcomm Master Elite, yang membutuhkan arus sebesar 1.5A, untuk melihat enclosure ini sebenarnya merek apa dan terdeteksinya sebagai apa.

Tampilan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C Terdeteksi Sebagai JMicron Tech
Tampilan 2.5" HDD/SSD External Case Type-C Terdeteksi Sebagai JMicron Tech
Setelah penulis sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB Type-A ke Type-C merek CHOETECH Fast Charging 3A yang biasa penulis gunakan untuk kabel data ponsel maupun menggunakan kabel bawaan dari enclosure ini, enclosure ini terdeteksi sebagai JMicron Tech dan mendukung HDD/SSD yang menggunakan arus sebesar 1.5A lho!

Karena sudah menggunakan antarmuka USB 3.1, maka proses salin-menyalin berkas menjadi cepat. Disini penulis tidak melakukan pengujian benchmark (unjuk kerja), karena penulis menggunakannya dengan tujuan sebagai backup (cadangan) saja, bukan sebagai HDD/SSD kerja atau bermain permainan.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa HDD/SSD external case ini VERY RECOMMENDED bagi anda yang doyan merakit sendiri HDD/SSD cadangan serta dapat menerima kekurangannya, yaitu mekanisme penguncian case-nya yang harus ditambahi perekat lain. Selain itu, case ini rawan pecah kalau terjatuh karena terbuat dari bahan plastik tipis.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membuat HDD/SSD cadangan dengan antarmuka USB Type-C yang lebih praktis. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar