Kamis, 08 Februari 2024

Unboxing dan Review Pisau Lipat Ganzo 2019

Tampilan Kemasan Ganzo 2019
Tampilan Kemasan Ganzo 2019
Karena penulis pernah membeli pisau lipat besutan Ganzo 2016, ketika penulis melihat-lihat di Tokopedia, eh muncullah pisau lipat Ganzo 2019 dengan harga yang teramat murah, yakni Rp. 85.000,-. Tanpa pikir panjang, langsung saja penulis beli!

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, terjawab di-website-nya, yaitu bahan baja 440C yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi serta memiliki ketahanan yang tinggi terhadap karat serta daya tahan tinggi ketika digunakan. Maklum, bahan baja ini juga digunakan sebagai bahan gotri (ball bearing), so tahu sendiri kan bagaimana kekuatan dari gotri itu. Tetapi anehnya dikepala tang tertulis menggunakan bahan 2CR.. so, mana yang benar ya?!? Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Ganzo 2019
Tampilan Isi Kemasan Ganzo 2019
Pisau lipat ini dikemas sangat sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: pisau lipat dan bit set dimasukkan kedalam sheath (sarung) berwarna hitam, dimana tempat bit set berada didepan pisau.

Tampilan Ganzo 2019 Terlipat Berukuran 12cm
Tampilan Ganzo 2019 Terlipat Berukuran 12cm

Tampilan Ganzo 2019 Terbuka Berukuran 18,2cm
Tampilan Ganzo 2019 Terbuka Berukuran 18,2cm

Tampilan Depan Ganzo 2019 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan Ganzo 2019 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang Ganzo 2019 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang Ganzo 2019 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Kepala Tang Ganzo 2019
Tampilan Kepala Tang Ganzo 2019

Tampilan Mata Obeng Ganzo 2019
Tampilan Mata Obeng Ganzo 2019
Tool untuk menggunakan mata obeng berdimensi 4,5mm x 4,5mm, sehingga mirip dengan yang digunakan oleh pisau lipat lainnya, semisal Ganzo 2016 maupun Fortune Frog FGM-02 maupun pisau OEM lainnya.. soo, jangan khawatir kalo kehilangan adapter mata obengnya yaa.. masih ada penggantinya.

Tampilan Nomor Seri Pada Pangkal Pisau Ganzo 2019
Tampilan Nomor Seri Pada Pangkal Pisau Ganzo 2019

Tampilan Bahan Baja AISI 420 Pada Pangkal Pisau Ganzo 2019
Tampilan Bahan Baja AISI 420 Pada Pangkal Pisau Ganzo 2019
Pada pangkal pisau terpahat nomor seri pisau serta adanya tulisan C.JUL.HERBERTZ AISI 420 yang memiliki arti bahwa pisau ini (pisau nya saja) dibuat oleh perusahaan Herbertz menggunakan bahan baja 420J (apabila diperlakukan dengan baik ketika proses pembuatannya, kualitasnya bisa hampir setara dengan bahan baha 440C) untuk menekan harga jual. Dari informasi yang penulis dapatkan di forum luar negeri, orang pasti akan mengira perusahaan Herbertz ini dari Jerman, padahal kenyataannya perusahaan ini berada didaerah Far East kemungkinan besar di Cina.

Tampilan Mata Pisau Ganzo 2019 Berukuran 6,15cm
Tampilan Mata Pisau Ganzo 2019 Berukuran 6,15cm
Penulis menilai secara pribadi, bahwa pisau besutan Ganzo yang buatan Cina termasuk serius dalam menggarap pisau, karena pisau ini sangat rapi dan presisi dalam pembuatannya, tidak seperti merek lain yang (maaf) menggunakan pisau buatan OEM terus dilabeli dengan merek sendiri.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau dipisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas struk Indomaret dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3mm-an saja! Kalau diberi sedikit saja tenaga, barulah bisa menyayat sekitar 2,6cm-an. Memang ketika penulis pegang mata pisau sudah tajam, tapi tenang saja bahan baja 440C ini mudah kok untuk lebih dipertajam lagi.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, Ganzo 2019 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan bahan baja yang digunakan berkualitas tinggi serta harganya yang murah. Cuma yang meragukan benarkah pisau lipat ini terbuat dari bahan baja 440C sedangkan dikepala tang tertulis 2CR?!? Mungkin kepala tang saja yang terbuat dari bahan baja 2CR sedangkan pisau dan tools lainnya terbuat dari bahan baja 440C.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar