Senin, 04 Desember 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat Fortune Frog FGM-02

Tampilan Kemasan Fortune Frog FGM-02
Tampilan Kemasan Fortune Frog FGM-02
Lagi, lagii, lagiii.. penulis membeli pisau lipat untuk koleksi dan pilihan saat ini adalah pisau lipat merek Fortune Frog FGM-02 ketika melihat-lihat di Tokopedia. Kenapa penulis membeli pisau lipat ini? Karena haganya itu lho yang dibawahnya merek NexTool maupun Huohou serta bahan yang digunakan sepertinya sama kedua merek terkenal yang penulis sebutkan. Pisau lipat ini ditawarkan seharga Rp. 298.000,- dan dibekali dengan 12 Bit Set (adapter dan kepala obeng).

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, terjawab dikotak kemasannya, yaitu bahan baja 440A (untuk pisau, gunting dan pemotong kawat) dan 420A. Bahan besi baja 440A adalah baja tahan karat yang memiliki ketahanan aus yang bai serta tingkat kekerasan yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pemotong dan bilah pisau. Sedangkan bahan baja 420A adalah baja berkekuatan tinggi dan tahan korosi, menjadikannya bahan yang ideal untuk pisau yang sering terkena cuaca. Pisau lipat ini tiba ditangan penulis tanggal 4 Desember 2023 dan penulis sempat menguji singkat pagi ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Fortune Frog FGM-02
Tampilan Isi Kemasan Fortune Frog FGM-02
Pengemasan pisau lipat ini sederhana, pisau lipat dibungkus plastik dof dan dimasukkan kedalam sheath (sarung pisau) baru dikemas kedalam kotak kemasan bertuliskan MULTI TOOL, bahkan driver bits set-nya hanya dibungkus plastik dof dan terpisah dari kotak kemasan. Dan ternyata, tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis dipisau lipat ini yang menandakan merek Fortune Frog. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek (bisa jadi merek NexTool maupun Huohou juga menggunakan pisau ini tetapi sama mereka diberi tulisan mereknya)! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe.. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari besi. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan ada sedikit minyak yang dioleskan ke pisau lipat untuk menjaga kelancaran dalam penggunaannya.

Tampilan Fortune Frog FGM-02 Terlipat Berukuran 10,8cm
Tampilan Fortune Frog FGM-02 Terlipat Berukuran 10,8cm

Tampilan Fortune Frog FGM-02 Terbuka Berukuran 16,8cm
Tampilan Fortune Frog FGM-02 Terbuka Berukuran 16,8cm
Ukuran pisau dalam keadaan terlipat adalah 10,8cm, sedangkan ketika terbuka adalah 16,8cm.

Tampilan Depan Fortune Frog FGM-02 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan Fortune Frog FGM-02 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang Fortune Frog FGM-02 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang Fortune Frog FGM-02 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Depan Tang Fortune Frog FGM-02
Tampilan Depan Tang Fortune Frog FGM-02

Tampilan Belakang Tang Fortune Frog FGM-02
Tampilan Belakang Tang Fortune Frog FGM-02

Tampilan Samping Tang Fortune Frog FGM-02
Tampilan Samping Tang Fortune Frog FGM-02
Menariknya, tang ini dibagian pemotongnya bisa diganti lho apabila mata pemotongnya sudah aus/tumpul. Mata pemotong ini klaimnya terbuat dari bahan Tungsten dan sepasang mata pemotong ini harganya Rp. 36.000,-.

Tampilan Pengunci Tools Kecil Fortune Frog FGM-02
Tampilan Pengunci Tools Kecil Fortune Frog FGM-02

Tampilan Pengunci Tools Besar Fortune Frog FGM-02
Tampilan Pengunci Tools Besar Fortune Frog FGM-02
Lebih menarik lagi adalah bagian pengunci tools, disini dibedakan mekanisme penguncian yang digunakan tools berukuran kecil, yaitu harus menekan ke bawah besi penahan yang dilapisi bahan plastik untuk melipat tools kecil yang digunakan. Sedangkan mekanisme penguncian yang digunakan oleh tools berukuran besar, yaitu harus menekan besi penahan ke samping untuk melipat tools besar yang digunakan.

Tampilan Mata Pisau Fortune Frog FGM-02 Berukuran 7,4cm
Tampilan Mata Pisau Fortune Frog FGM-02 Berukuran 7,4cm
Pisau yang disematkan termasuk besar, dimana mata pisaunya saja memiliki panjang 7,4cm, secara keseluruhan panjang pisau sekitar 8cm.

Tampilan Gunting Fortune Frog FGM-02
Tampilan Gunting Fortune Frog FGM-02

Tampilan Mata Obeng Fortune Frog FGM-02
Tampilan Mata Obeng Fortune Frog FGM-02
Pisau lipat ini juga dibekali 12 Bits Set, dimana dibagian adapter-nya memiliki ukuran lubang sekitar 5x5mm, apabila anda memiliki pisau lipat lain dimana salah satu tool-nya memiliki ukuran yang sama, maka dapat menggunakan bits set ini.


.: PENGUJIAN :.

Namanya juga pisau lipat, langsung saja penulis uji ketajaman pisau yang disematkan. Penulis gunakan untuk mensayat selembar kertas glossy pamflet dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 2mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 2,8cm-an saja. Ketajaman mata pisau digunting lipat ini memang tidaklah terlalu tajam, tetapi tetap masih bisa dipertajam lagi. Gunting hanya penulis uji untuk penggunaan ringan, hanya untuk menggunting kertas pamflet bukan dahan tanaman hehehehe..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, Fortune Frog FGM-02 ini dapat penulis simpulkan bahwa gunting lipat ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitas besi baja yang digunakan bagus serta proses pembuatannya rapih, setara dengan produk besutan NexToolHuohou maupun Roxon.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari gunting lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar