Senin, 04 Desember 2023

Unboxing dan Review Gunting Lipat GT05 Generic

Tampilan Kemasan Gunting Lipat GT05 Generic
Tampilan Kemasan Gunting Lipat GT05 Generic
Ketika melihat ada gunting lipat generic alias tak bermerek apapun di Shopee, seharga Rp. 31.000,-, langsung saja penulis beli! Sesuai judul dari sang penjual, gunting ini untuk memotong dahan tumbuhan (pruning) dan mirip dengan Gunting Lipat Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708 yang penulis ulas tanggal 17 Nopember 2023, tetapi lebih murah harganya..

Penulis pun penasaran dan mencari tahu dari bahan besi baja apakah gunting lipat generic ini, karena gunting ini tanpa kemasan sama sekali (bulk). Dugaan penulis mungkin menggunakan bahan baja 2CR13 (baja racikan dari Cina) atau CrV (Chrome Vanadium), dikarenakan kedua bahan inilah yang umum digunakan pada beberapa perkakas buatan Cina. Gunting ini tiba ditangan penulis tanggal 4 Desember 2023 dan penulis sempat menguji singkat tadi pagi. Langsung saja kita ulas gunting lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Gunting Lipat GT05 Generic
Tampilan Isi Kemasan Gunting Lipat GT05 Generic
Gunting lipat ini dikemas suuaangatlah sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: gunting lipat hanya dibungkus plastik bening dan dimasukkan kedalam sheath (sarung) berwarna hijau. Dan ternyata, tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis digunting lipat ini maupun disarungnya. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe.. Pegangan gunting lipat ini terbuat dari besi yang dilapisi bahan plastik berwarna hijau tentara.

Tampilan Gunting Lipat GT05 Generic Terlipat Berukuran 11,8cm
Tampilan Gunting Lipat GT05 Generic Terlipat Berukuran 11,8cm

Tampilan Gunting Lipat GT05 Generic Terbuka Berukuran 20,3cm
Tampilan Gunting Lipat GT05 Generic Terbuka Berukuran 20,3cm
Panjang gunting lipat ini dalam keadaan terbuka adalah 20,3cm, sedangkan dalam keadaan terlipat adalah 11,8cm. Ukurannya hampir mirip dengan gunting lipat besutan Sellery.

Tampilan Depan Gunting Lipat GT05 Generic Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan Gunting Lipat GT05 Generic Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang Gunting Lipat GT05 Generic Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang Gunting Lipat GT05 Generic Ketika Tools Terbuka

Tampilan Depan Gunting Lipat GT05 Generic Terkunci
Tampilan Depan Gunting Lipat GT05 Generic Terkunci

Tampilan Depan Gunting Lipat GT05 Generic Terbuka
Tampilan Depan Gunting Lipat GT05 Generic Terbuka

Tampilan Belakang Gunting Lipat GT05 Generic Terbuka
Tampilan Belakang Gunting Lipat GT05 Generic Terbuka
Gunting yang disematkan memiliki panjang sekitar 4cm, bila diukur mata guntingnya sekitar 5cm

Tampilan Mata Pisau Gunting Lipat GT05 Generic Berukuran 6,8cm
Tampilan Mata Pisau Gunting Lipat GT05 Generic Berukuran 6,8cm
Pisau yang disematkan termasuk besar, dimana mata pisaunya saja memiliki panjang 6,8cm, secara keseluruhan panjang pisau sekitar 7,3cm.


.: PENGUJIAN :.

Meskipun namanya gunting lipat, tapi penulis penasaran menguji ketajaman dari pisau yang disematkan. Penulis gunakan untuk mensayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 1mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 1cm-an saja. Ketajaman mata pisau digunting lipat ini tidak setajam produk besutan Tekiro, tetapi tetap masih bisa dipertajam lagi. Gunting tidak penulis uji, karena tidak ada batang tanaman yang bisa penulis jadikan ajang uji coba hehehe.. kalau melihat kualitasnya, gunting ini masih mampu lah untuk memotong dahan berukuran 5-8mm-an, selebihnya dari itu dibutuhkan tenaga yang kuat untuk menekan gunting ini.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, Gunting Lipat GT05 ini dapat penulis simpulkan bahwa gunting lipat ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitas besi baja yang digunakan serta proses pembuatannya setara dengan gunting lipat besutan Sellery, bahkan melebihi Tekiro Multifunction Scissor GT-MS1708.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari gunting lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar