Sabtu, 16 Desember 2023

Unboxing dan Review Pisau Lipat Roxon Spark CM1349

Tampilan Kemasan Roxon Spark CM1349
Tampilan Kemasan Roxon Spark CM1349
Hmm.. penulis penasaran dengan pisau lipat besutan Roxon, dimana harga dari pisau lipat ini termasuk "high" dan bersaing dikelas atas besutan merek NexTool maupun Houhou. Salah satunya penulis tertarik membeli Roxon Spark CM1349 untuk menambah koleksi karena ketika melihat-lihat di Lazada sedang ada diskon besar 12.12 dari harga Rp. 251.100,- menjadi Rp. 205.100,-.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, terjawab dari mbah Google, yaitu bahan baja 2Cr13, 3Cr 3, 5Cr15 MoV. Bahan besi baja 5Cr15 MoV mirip dengan 420HC ini memiliki tingkat ketahanan aus yang rendah, tetapi memiliki ketahanan korosi dan kekerasan tinggi, bahkan mata pisau tidak mudah untuk coak dan harganya masuk diakal. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Roxon Spark CM1349
Tampilan Isi Kemasan Roxon Spark CM1349
Pengemasan pisau lipat ini sederhana, pisau lipat dimasukkan kedalam sheath (sarung pisau) baru dikemas kedalam kotak kemasan bersama lembar petunjuk penggunaan. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari besi yang dilapisi plastik ABS. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan ada sedikit minyak yang dioleskan ke pisau lipat untuk menjaga kelancaran dalam penggunaannya.

Tampilan Roxon Spark CM1349 Terlipat Berukuran 10,7cm
Tampilan Roxon Spark CM1349 Terlipat Berukuran 10,7cm

Tampilan Roxon Spark CM1349 Terbuka Berukuran 16,2cm
Tampilan Roxon Spark CM1349 Terbuka Berukuran 16,2cm

Tampilan Depan Roxon Spark CM1349 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan Roxon Spark CM1349 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang Roxon Spark CM1349 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang Roxon Spark CM1349 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Depan Kepala Tang Roxon Spark CM1349
Tampilan Depan Kepala Tang Roxon Spark CM1349

Tampilan Belakang Kepala Tang Roxon Spark CM1349
Tampilan Belakang Kepala Tang Roxon Spark CM1349
Dari tampilan kepala tang, dapat terlihat bahwa pisau lipat ini dalam proses pembuatannya kurang rapi, hal ini terlihat dari guratan-guratan dikepala tang. Selain itu, baut dileher terlihat adanya cat yang terkelupas, menandakan bahwa pisau ini warna hitamnya adalah cat, bukan baja hitam.

Tampilan Pengunci Tools Roxon Spark CM1349
Tampilan Pengunci Tools Roxon Spark CM1349
Mekanisme penguncian yang digunakan untuk penggunaan pisau harus menekan besi penahan ke samping untuk melipat pisau yang digunakan.

Tampilan Pin Permudah Membuka Pisau Roxon Spark CM1349
Tampilan Pin Permudah Membuka Pisau Roxon Spark CM1349

Tampilan Mata Pisau Roxon Spark CM1349 Berukuran 7,2cm
Tampilan Mata Pisau Roxon Spark CM1349 Berukuran 7,2cm
Pisau yang disematkan termasuk besar, dimana mata pisaunya saja memiliki panjang 7,2cm, secara keseluruhan panjang pisau sekitar 7,7cm. Dengan adanya pin dipisau, semakin memudahkan dalam membuka pisau menggunakan satu tangan saja.


.: PENGUJIAN :.

Langsung saja penulis uji secara singkat ketajaman mata pisau dipisau lipat ini, ketika digunakan untuk menyayat selembar kertas ATM dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 3,5mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 3,5cm-an. Dari sini perbedaan harga selisih lebih murah dibandingkan Fortune Frog FGM-02 ternyata tidak mempengaruhi kualitas dari pisau lipat ini.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, Roxon Spark CM1349 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitas besi baja yang digunakan bagus serta proses pembuatannya rapih, setara dengan produk besutan NexTool maupun Huohou. Pisau lipat ini sangat cocok untuk outdoor karena dilengkapi dengan pemantik api.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar