Sabtu, 23 Desember 2023

Review Golok Tramontina Machete 20"

Tampilan Tramontina Machete 20"
Tampilan Tramontina Machete 20"
Eh, ternyata merek Tramontina juga mengeluarkan produk golok (machete) lho! Dan terkejutnya lagi ternyata goloknya tersedia dalam beberapa ukuran dengan rentang harganya yang ekonomis. Tanpa berpikir panjang lagi, penulis langsung membeli golok Tramontina Machete 20" yang pegangan tangannya terbuat dari plastik di Shopee seharga Rp. 80.000,-.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh golok ini, terjawab distiker cap dibilah pisaunya, yaitu Carbon Steel. Kemungkinan sih bahan baja 2CR karena mengingat harganya yang ekonomis. Setelah golok ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitasnya. Langsung saja kita ulas machette..machette..machette..(jadi teringat dipilem Machete hehehe) ini..

Tampilan Stiker dan Ukiran Cap Tramontina
Tampilan Stiker dan Ukiran Cap Tramontina
Dibagian bilah pisau terdapat stiker bercapkan Tramontina dengan tulisan ORIGINAL dan juga ada ukiran bertuliskan TRAMONTINA MADE IN BRAZIL.

Tampilan Mata Pisau Tramontina Machete 20" Berukuran 44,4cm
Tampilan Mata Pisau Tramontina Machete 20" Berukuran 44,4cm

Tampilan Perbesaran Pangkal Mata Pisau Tramontina Machete 20" Berukuran 44,4cm
Tampilan Perbesaran Pangkal Mata Pisau Tramontina Machete 20" Berukuran 44,4cm
Penulis mengukur panjang mata pisau, bukan panjang golok keseluruhan, karena mata pisau inilah bagian terpentingnya. Mata pisau dari golok ini memiliki panjang 44,4cm.

Tampilan Gumpalan Cat Clear di Tramontina Machete 20"
Tampilan Gumpalan Cat Clear di Tramontina Machete 20"
Hmm, aneh tapi menarik.. golok ini dilapisi cat clear (tembus pandang) lho.. Ini terlihat diujung depan golok, ada gumpalan cat clear. Mungkin ini cara menjaga agar golok tidak berkarat setelah diproduksi sampai ke tangan pemiliknya. Kalau penulis lihat, bahan yang digunakan juga mirip dengan buatan lokal sih..

Karena golok ini dicat clear, penulis berasumsi liar meskipun belum tentu benar, yakni kemungkinan besar golok setebal 2mm ini bisa BERKARAT apabila tidak diperlakukan dengan baik seperti diminyaki. Kenapa penulis bisa berasumsi begini? Karena pengalaman penulis membeli palu dengan bahan yang sama seperti golok ini dan dilapisi cat clear juga, setelah palu dipakai dan cat clear hilang terbitlah karat.

Penulis tidak menguji golok ini karena tidak ada sesuatu untuk ditebas oleh golok ini hehehehe.. Tapi penulis rasakan bahwa mata pisau golok ini kurang tajam, apa mungkin karena terkena lapisan cat clear atau memang belum benar-benar ditajamkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi harus dipertajam sendiri agar golok ini bisa maksimal, bahkan penulis berencana dibagian ujung depan golok disisi satunya mau penulis pertajam, supaya mudah dipakai menusuk sesuatu hehehehe..

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari golok buatan luar negeri dengan harga yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar