Selasa, 19 Desember 2023

Unboxing dan Review SmartWatch North Edge Laker

Tampilan Kemasan North Edge Laker Dibuka
Tampilan Kemasan North Edge Laker Dibuka
Penulis mencari jam pintar sederhana tetapi memiliki fitur heart rate (mengukur detak jantung) serta pesan pemberitahuan adanya telepon maupun pesan masuk. Awalnya pilihan jatuh ke merek SKMEI, tetapi karena penulis juga memiliki beberapa jam merek ini dan secara pribadi penulis menilai merek ini SANGAT TIDAK DAPAT DIANDALKAN KUALITASNYA! Karena penulis pernah memiliki jam kompas merek ini dan tidak sampai setahun kompas sudah tidak berfungsi, padahal selama pemakaian tidak pernah sekalipun jatuh ataupun dipakai ketika berwudhu. Ketika melihat di Lazada, muncullah merek North Edge Laker dengan fitur yang penulis butuhkan seharga Rp. 285.254,- sesudah mendapatkan diskon promo 12.12 pada saat ulasan ini ditulis. Jam pintar ini sampai ditangan penulis 16 Desember 2023 tetapi baru sempat menguji fungsi kepintarannya tanggal 19 Desember 2023. Langsung saja kita ulas secara singkat saja fitur dari jam pintar ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan North Edge Laker
Tampilan Isi Kemasan North Edge Laker
Jam pintar ini dikemas sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: jam pintar hanya diikatkan ke bantal jam dan ditutup dengan busa yang membentuk jam. Buku panduan penggunaan diletakkan dibawah bantal jam. Jam ini menggunakan baterai kancing sebagai sumber dayanya.

Tampilan Depan North Edge Laker
Tampilan Depan North Edge Laker
Tampilan jam ini menarik bagi penulis secara pribadi, karena mirip seperti jam digital biasa dan digit-nya yang negative alias latar belakang hitam tampilan berwarna putih, selain itu memiliki fitur  penting, seperti heart rate dan message notification. Selain itu ada fungsi untuk pedometer juga.

Tampilan Belakang North Edge Laker
Tampilan Belakang North Edge Laker

Tampilan Lampu Menyala North Edge Laker
Tampilan Lampu Menyala North Edge Laker
Ketika lampu dinyalakan, maka cahaya lampu berwarna putih dan warna digit jam berwarna putih juga.

Tampilan Isi Petunjuk Penggunaan North Edge Laker
Tampilan Isi Petunjuk Penggunaan North Edge Laker
Lembar petunjuk penggunaan termasuk lengkap dalam penjelasannya. Aplikasi yang digunakan oleh jam ini adalah Sports+ dan ketika bluetooth-nya hidup, jam ini bernama XWatch Lite.


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Pembacaan Heart Rate North Edge Laker
Tampilan Pembacaan Heart Rate North Edge Laker
Pertama kali yang penulis coba adalah fitur heart rate, caranya adalah menekan tombol S3 (kiri bawah) sebanyak 6 kali sampai logo bergambar hati berkedip-kedip menandakan sensor pendeteksi detak jantung bekerja. Sensor pendeteksi detak jantung akan bekerja selama 30 detik saja, setelah itu akan diam. Untuk mengulang pengukuran detak jantung, tekan tombol S1 (kanan atas), untuk kembali ke tampilan utama tekan tombol S3.

Tampilan Bluetooth Aktif North Edge Laker
Tampilan Bluetooth Aktif North Edge Laker
Untuk menyalakan bluetooth tekan dan tahan tombol S4 (kiri atas) sampai muncul logo bluetooth berkedip dilayar jam. Jam ini JANGAN di-pairing dengan ponsel menggunakan fitur bluetooth bawaan ponsel anda, tetapi di-pairing menggunakan aplikasi Sports+, apabila sudah ter-pairing, maka logo bluetooth di jam tidak akan berkedip lagi.

Tampilan Pairing North Edge Laker di Aplikasi Sports+
Tampilan Pairing North Edge Laker di Aplikasi Sports+

Tampilan Menu Aplikasi Sports+
Tampilan Menu Aplikasi Sports+
Untuk menyetel notification diaplikasi Sports+, tekan tombol berlambang .- tumpuk 3, kemudian pilih menu Caution.

Tampilan Notification Didukung Aplikasi Sports+
Tampilan Notification Didukung Aplikasi Sports+
Secara bawaan pabrik, aplikasi yang aktif notification-nya hanya dua buah saja, untuk aplikasi lainnya harus diaktifkan secara manual dengan menggeser tombol bulat putih ke kanan.

Setelah penulis coba secara pribadi, sambungan bluetooth dari jam ini ke ponsel Infinix Note 10 Pro milik penulis sering kali putus nyambung terus. Tetapi notification bekerja dengan baik, ketika ada pesan WhatsApp masuk, maka gambar surat (dibagian atas layar jam) akan berkedip-kedip. Secara umum, jam pintar ini worth banget, mungkin hanya ketahanan daya pakai dan kualitas komponen yang digunakan oleh jam pintar ini saja yang patut dipertanyakan. Kalau dipandang dari resiko keamanan, jika jam pintar ini hilang ya menyesal sedikit tidak berlarut-larut hehehe...


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa jam pintar ini VERY RECOMMENDED bagi anda yang mencari jam pintar sederhana dengan harga murah tetapi memiliki fitur heart rate untuk menjaga kesehatan serta dukungan untuk notification yang lumayan banyak. Jam pintar ini juga mirip dengan jam pintar besutan Skmei.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membeli jam pintar sederhana dan budget friendly dengan fitur yang sangat mumpuni.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar