Minggu, 17 Desember 2023

Unboxing dan Review Impact Drill Merek Ecosen DTW300

Tampilan Kemasan Ecosen DTW300
Tampilan Kemasan Ecosen DTW300
Saatnya sedikit beralih dari dunia per-pisau-an, penulis membutuhkan impact drill (bor tumbuk) untuk membuka mur maupun baut roda motor/mobil/peralatan lainnya. Saat melihat-lihat di Shopee, muncullah impact drill merek Ecosen. Penulis pun mencari tahu bagaimana kualitas dari merek ini dan penulis menemukan ada salah satu pembeli yang menampilkan foto ketika dia membongkar motor menggunakan impact drill ini. Merek ini adalah merek Cina yang entah bagaimana kualitas serta unjuk kerjanya, kalau mau membeli yang merek terkenal semacam Makita yaaa bikin kantong jebol hehehe.. Tapi sepertinya bor ini kemungkinan perusahaan OEM yang membuat produk Makita juga tetapi mengeluarkan merek lain untuk harga yang lebih murah..

Akhirnya penulis pun membeli impact drill ini mumpung ada promo 12.12 dan mendapatnya seharga Rp. 322.999,- dan mendapatkan diskon sehingga harga akhir menjadi Rp. 306.999,-. Impact drill ini tiba ditangan penulis 13 Desember 2023 tetapi penulis baru bisa mengujinya tanggal 17 Desember 2023. Mari kita lihat ulas dan lihat unjuk kerja dari impact drill ini...


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan Ecosen DTW300
Tampilan Isi Kemasan Ecosen DTW300

Tampilan Isi Kemasan Ecosen DTW300 Dikeluarkan
Tampilan Isi Kemasan Ecosen DTW300 Dikeluarkan
Dalam pembelian impact drill ini, mendapatkan kotak (case), dan ketika dibuka isinya adalah sebagai berikut: impact drill, baterai 199VF 98.0Ah, fast charger, klip pengait, adaptor 1/2" ke 3/8", mata obeng serta kunci mur/baut ukuran 6, 8, 17, 19 dan 21, serta lembaran petunjuk penggunaan. Dengan harga segini, cukup lengkaplah membeli impact drill buatan Cina.

Tampilan Samping Kiri Ecosen DTW300
Tampilan Samping Kiri Ecosen DTW300

Tampilan Samping Kanan Ecosen DTW300
Tampilan Samping Kanan Ecosen DTW300

Tampilan Depan Ecosen DTW300
Tampilan Depan Ecosen DTW300

Tampilan Baterai Bawaan Ecosen DTW300
Tampilan Baterai Bawaan Ecosen DTW300

Tampilan Klaim Ecosen DTW300 Buatan Makita
Tampilan Klaim Ecosen DTW300 Buatan Makita
Distiker impact drill ini, merek Ecosen ini BERANI mengklaim kalau bor ini juga buatan Makita Corporation lho..


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Ecosen DTW300 Ketika Dicoba Tanpa Beban
Tampilan Ecosen DTW300 Ketika Dicoba Tanpa Beban
Bor ini ketika dicoba tanpa beban mengeluarkan bunyi yang halus serta dibekali 6 percepatan lho! Caranya adalah rasakan ketika menekan picu bor ini secara bertahap, maka akan terdengar bunyi putaran dinamo yang semakin meningkat. Ketika bor digunakan, jangan kaget kalau lampu LED tetap menyal setelah digunakan, tetapi jangan kawatir, lampu LED ini akan mati dengan sendirinya setelah 9,5 detik.

Tampilan Indikator Ecosen DTW300
Tampilan Indikator Ecosen DTW300

Tampilan Konektor Charger Baterai Ecosen DTW300
Tampilan Konektor Charger Baterai Ecosen DTW300
Terdapat dua buah metode untuk mengecas baterai ini, yaitu menggunakan fast charger (menggunakan konektor di tiga buah coakan) serta menggunakan adaptor yang mempunyai jack 5.5mm x 2.5mm.

Tampilan Indikator Charger Baterai Ecosen DTW300
Tampilan Indikator Charger Baterai Ecosen DTW300

Tampilan Baterai Ecosen DTW300 Ketika Dicas
Tampilan Baterai Ecosen DTW300 Ketika Dicas
Penulis belum melakukan pengujian cas baterai yang digunakan. Penulis langsung saja menggunakan bor ini dengan sisa setrum yang tersisa dibaterai.

Saatnya pengujian asli, penulis gunakan impact drill ini untuk membuka baut ukuran 19mm yang digunakan oleh Volvo 740GLE dan berhasil lancar jaya. Anehnya, ketika dibuka untuk membuka baut ukuran 21mm yang digunakan oleh Daihatsu Charade CX G100 malah TIDAK BISA MEMBUKA satu baut pun! Entah apa ada ukuran maksimal yang didukung oleh bor ini, soalnya bor ini tidak mencantumkan ukuran torsinya. Sempat penulis melihat impact drill besutan HUJIA bahwa torsi bor ukuran segini adalah 350Nm.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, impact drill Ecosen DTW300 ini dapat penulis simpulkan RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan harga murah tetapi mendapatkan kelengkapan yang lumayanlah daripada membeli secara eceran. Entah unit yang punya penulis atau semua unit yang memiliki anomali ketika digunakan membuka baut ukuran 19mm dan 21mm.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari impact drill berharga murah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar