|
Iklan Volvo 740 GLE di Jamannya |
Sekian lama mencari kendaraan pengganti si DiXie (akhirnya dilego pada 9 September 2020 karena penulis mengalami krisis moneter hebat hehehe), penulis kepincut sama si Volvo 740 GLE (non-turbo). Kenapa penulis memilih mobil ini? Alasannya sangat jelas, yaitu penulis sangat menyukai mobil sedan yang berpenggerak roda belakang (RWD) karena lebih bandel dalam pemakaian dan mudah perawatannya, selain itu mobil ini rem-nya sudah menggunakan cakram dikeempat rodanya hehehe..
Setelah berhari-hari berburu mobil ini, akhirnya pada tanggal 17 Pebruari 2021 penulis mendapatkan mobil ini dalam kondisi yang termasuk fit didaerah Pondok Kelapa, Jakarta dengan harga 16 juta!!! Rata-rata Volvo 740 GLE yang penulis temui kebanyakan mengalami patah pada handle pintu diketiga pintunya serta lubang kunci yang sudah tidak jalan disisi penumpangnya. Berikut ini video penampakan kondisi si Volvo 740 GLE tahun 1989 yang penulis "temukan"..
Namanya juga mobil seken, pasti banyak kendala kecil yang dihadapi, semisal tabung pembuka bagasi otomatis yang hilang sebelah kanannya, power window yang mati dipintu sisi kiri, central lock yang tidak lagi berfungsi, kondisi cover lampu belakang yang sudah retak maupun warna sudah pudar dan dibeberapa titik warna cat kusam perlu untuk dipoles lagi. Pelek asli mobil ini adalah pelek jenis kaleng diberi dop (penutup pelek kaleng) dan memiliki ukuran PCD (Pitch Circle Diameter) yang jarang ditemukan dipasaran, yaitu 5 x 108.
|
Kiri: Pin Pengaman Pintu Patah di Pintu Kanan Depan. Kanan: Pin Pengaman Pintu Utuh |
|
Tampilan Kondisi Mesin |
|
Tampilan Belakang |
|
Salah Satu Kesukaan Penulis, Sedan Menggunakan Gardan |
Secara keseluruhan dari pemakaian sedan Volvo 740 GLE secara singkat ini, penulis dapat memberikan komentar bahwa menaiki sedan ini terasa sangat nyaman, bahkan dengan usia yang sudah mencapai 32-tahun untuk kenyamanan masih tetap terasa, lain halnya dengan Corolla DX yang kurang nyaman suspensinya. Selain itu dengan mesin
B230F berkubikasi
2316 cc penulis rasakan masih cukup bertenaga, mengingat berat keseluruhan Volvo 740 GLE mencapai
1,287 Kg dikarenakan plat maupun rangka yang digunakan menggunakan besi tebal. Meskipun untuk
start awal mobil masih terasa lamban, tetapi apabila sudah berjalan dan gas dibejek pada gigi tiga, mesin langsung responsif, maklum dari spek yang penulis lihat akselerasi dari 0 ke 100 km/j (0 ke 62 mph) hanya butuh
11.6 detik dan memiliki kecepatan puncak
181 km/j (112 Mph). Untuk spek lebih detilnya dapat dilihat
disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar