Kamis, 21 Desember 2023

Membedakan HDD Western Digital Asli dan Palsu

Tampilan Iklan HDD Western Digital Purple 4TB
Tampilan Iklan HDD Western Digital Purple 4TB
Kebetulan penulis mendapatkan kepercayaan membangun NAS (Network Attached Storage) untuk dikantor. Penulis memutuskan untuk menggunakan media penyimpanan surveillance harddisk (untuk CCTV) besutan Western Digital (WD) Purple dikarenakan NAS ini hanya dipakai untuk menyimpan arsip foto dan HDD jenis ini memang dirancang untuk operasional perekaman 24 jam tanpa henti sehingga reliable-lah menurut penulis.

Membeli harddisk secara online tidak lah semudah membeli secara offline, karena banyaknya fraud (penipuan) berupa HDD non-ori meskipun banderol harganya mendekati ori agar tidak ketahuan banget modus penipuannya. Penulis mencari tahu cara membedakan HDD WD ori dan non-ori dari laman ini, akhirnya penulis mencari di Tokopedia dan muncullah penjual JunaCom yang menawarkan dengan harga yang masuk diakal. Ketika melihat-lihat komentar dari para pembeli, penulis sempat melihat ada yang berbagi foto HDD yang dibeli terdapat stempel ORI dengan tulisan distributor ASTRINDO diatas logo ORI. Akhirnya penulis memutuskan untuk membeli HDD WD Purple dari penjual ini sebanyak 2 (dua) buah.

HDD sampai ditangan penulis tanggal 20 Desember 2023 sore dan baru sempat penulis unboxing dari paket pengiriman tadi pagi ini..

Tampilan Depan HDD WD Purple 4TB Penulis
Tampilan Depan HDD WD Purple 4TB Penulis

Tampilan Belakang HDD WD Purple 4TB Penulis
Tampilan Belakang HDD WD Purple 4TB Penulis
Penulis senang karena HDD yang penulis terima juga berstiker ORI dan berhologram kuning. Apalagi HDD ini masih tergolong baru, karena dibuat pada tanggal 6 SEP 2023.

Tampilan Logo SMG ORI HDD WD Purple 4TB Penulis
Tampilan Logo SMG ORI HDD WD Purple 4TB Penulis

Tampilan Hologram SMG HDD WD Purple 4TB Penulis
Tampilan Hologram SMG HDD WD Purple 4TB Penulis
Setelah penulis mengamati logo ORI yang tertempel BUKANLAH bertuliskan EA (Eternal Asia Indonesia) ataupun ASTRINDO barulah penulis panik! Karena yang tertempel adalah SMG, dan penulis mencari tahu di mbah Google siapakah inisial SMG ini dan penulis tidak menemukan jawaban sama sekali! Bahkan penulis menulis pesan ke sang penjual menanyakan garansi distributor mana SMG ini, sang penjual hanya bisa menjawab "garansi resmi" tanpa memberitahu siapakah si Mr. SMG ini, ternyata SMG adalah EAI juga alias Eternal Asia Indonesia.. so, HDD ini dari distributor resmi, kok..

Tampilan Nomer Seri HDD WD Purple 4TB Penulis Resmi Terdaftar
Tampilan Nomer Seri HDD WD Purple 4TB Penulis Resmi Terdaftar
Penulis mencoba cara lain, yaitu memasukkan nomor seri dari kedua HDD ini ke website resmi Western Digital dan keduanya terdaftar resmi sampai dengan Oktober 2026. Soooo, HDD yang penulis beli memang benar ORI dan ada garansi resmi selama 3 tahun.

Apabila anda membeli HDD besutan Western Digital dan bingung apabila mendapatkan HDD ini dengan logo SMG ORI, tidak usah khawatir, ikuti langkah yang sudah penulis lakukan untuk mengecek ke-ORI-annya.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi anda yang ingin membeli HDD besutan Western Digital ini hehehehe.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar