Sabtu, 16 Maret 2024

Unboxing dan Review Pisau Lipat SOG PowerPint PP1002

Tampilan Kemasan SOG PowerPint PP1002
Tampilan Kemasan SOG PowerPint PP1002
Karena penulis akan melakukan misi "rahasia", maka penulis membutuhkan pisau lipat yang mumpuni.. Ada beberapa pilihan sih, yaitu: Victorinox, Leatherman, SOG dan Gerber. Setelah menimbang ulang dihadapkan oleh penggunaan pisau lipat ini nantinya, akhirnya penulis memutuskan untuk meminang SOG PowerPint PP1002. Kenapa harus memilih pisau lipat ini? Karena pertimbangan harga yang murah tetapi kualitas tidak murahan.. Selain itu, pisau lipat ini masuk dalam daftar peralatan EDC (Every Day Carry) dilaman web luar negeri lho.. Kebetulan penulis mendapatkan promo ketika membeli pisau lipat ini di Tokopedia dari harga Rp. 575.000,- menjadi Rp. 519.500,-.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, terjawab dikemasannya, yaitu bahan baja 5Cr15MoV yang sangat mirip dengan baja 420HC tetapi memiliki lebih sedikit kandungan vanadium, lebih banyak kromium, dan tambahan molibdenum. Bahan baja ini sangat ekonomis dan sangat terkenal karena ketahanan korosinya yang baik (karena jumlah kromium yang baik), selain itu sangat mudah untuk mempertajamnya menggunakan alat yang tepat. Setelah pisau lipat ini tiba, langsung penulis cek dan buktikan sendiri bagaimana kualitas dari pisau lipat ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Pisau lipat ini dikemas sangat sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: pisau lipat dikemas dalam blister pack dan dibagian belakang terdapat penjelasan pengunaan masing-masing tool-nya. Ketika kemasan dibuka dan pisau lipat terpegang, penulis temukan adanya minyak, jadi pisau lipat ini juga memerlukan perawatan agar tidak berkarat, yaitu dengan memberi minyak ketika disimpan ataupun setelah digunakan.

Tampilan SOG PowerPint PP1002 Terbuka Berukuran 12,7cm
Tampilan SOG PowerPint PP1002 Terbuka Berukuran 12,7cm

Tampilan SOG PowerPint PP1002 Terlipat Berukuran 8,3cm
Tampilan SOG PowerPint PP1002 Terlipat Berukuran 8,3cm

Tampilan Depan SOG PowerPint PP1002 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan SOG PowerPint PP1002 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang SOG PowerPint PP1002 Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang SOG PowerPint PP1002 Ketika Tools Terbuka

Tampilan Kepala Tang SOG PowerPint PP1002
Tampilan Kepala Tang SOG PowerPint PP1002
Penulis melihat dari kepala tang pisau lipat ini terlihat bahwa dalam pengerjaannya sangat rapi, ya karena merek ini berasal dari Amerika meskipun pembuatannya di Cina. Mungkin patent dari merek SOG ini kemungkinan sangat kuat, jadinya penulis belum menemukan adanya pisau lipat merek Cina berani meniru merek ini, terutama dibagian compound leverage mechanism (mekanisme pelipatan kepala tang) yang menurut penulis sangat unik.

Tampilan Mekanisme Pengunci Tools SOG PowerPint PP1002
Tampilan Mekanisme Pengunci Tools SOG PowerPint PP1002

Tampilan Pisau Terkunci SOG PowerPint PP1002
Tampilan Pisau Terkunci SOG PowerPint PP1002

Tampilan Membuka Mekanisme Pengunci SOG PowerPint PP1002
Tampilan Membuka Mekanisme Pengunci SOG PowerPint PP1002
Pisau lipat ini juga dibekali oleh mekanisme penguncian agar tools yang digunakan tidak terlipat dengan sendirinya ketika sedang digunakan. Untuk membuka mekanisme penguncian, cukup tekan saja pengungkit dibalik tools.

Tampilan Mata Pisau SOG PowerPint PP1002 Berukuran 5,1cm
Tampilan Mata Pisau SOG PowerPint PP1002 Berukuran 5,1cm
Mata pisau yang digunakan dipisau lipat ini berjenis serrated knive alias mata pisau bergerigi, buka mata pisau biasa berukuran sepanjang 5,1cm.


.: PENGUJIAN :.

Penulis tidak menguji ketajaman mata pisau ini dalam mengiris kertas, karena mata pisau yang digunakan bergerigi, jelasnya pasti lebih mengoyak ketika memotong dibandingkan mata pisau lurus. Ketika penulis pegang mata pisau bergerigi sudah tajam, tapi tenang saja bahan baja 5Cr15MoV ini sangat mudah kok untuk lebih dipertajam lagi.


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, SOG PowerPint PP1002 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini VERY VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan bahan baja yang digunakan berkualitas tinggi serta harganya yang murah. Produk ini masih mampu untuk disandingkan dengan produk semacam Victorinox, Leatherman maupun Gerber.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar