Selasa, 19 Maret 2024

Unboxing dan Review Pisau Lipat HRC78K

Tampilan Kemasan HRC78K
Tampilan Kemasan HRC78K
Selain pisau lipat SOG PowerPint PP1002, untuk mendukung misi "rahasia", penulis juga butuh pisau lipat cadangan. Awalnya penulis ingin membeli Huohou K20 atau NexTool Flagship Pro, tetapi penulis menemukan alternatif dengan harga lebih murah tetapi tools dan kualitas bahan tidak kalah, yaitu HRC78K di Tokopedia seharga Rp. 199.120,-.

Hasil pencarian penulis mengenai bahan material besi baja apakah yang dipakai oleh pisau lipat ini, terjawab  dikotak kemasannya, yaitu bahan baja 440A (untuk pisau, gunting dan pemotong kawat) dan 420A. Bahan besi baja 440A adalah baja tahan karat yang memiliki ketahanan aus yang bai serta tingkat kekerasan yang tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pemotong dan bilah pisau. Sedangkan bahan baja 420A adalah baja berkekuatan tinggi dan tahan korosi, menjadikannya bahan yang ideal untuk pisau yang sering terkena cuaca. Pisau lipat ini SAMA PERSIS dengan pisau lipat yang pernah penulis beli sebelumnya, yaitu Fortune Frog FGM-02, bedanya HRC78K ini TIDAK dibekali dengan 12 Bit Set (adapter dan kepala obeng).  Pisau lipat ini tiba ditangan penulis tanggal 19 Maret 2024 dan penulis sempat menguji singkat malam ini. Langsung saja kita ulas pisau lipat ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan HRC78K
Tampilan Isi Kemasan HRC78K
Pengemasan pisau lipat ini sederhana, pisau lipat dibungkus plastik dof dan dimasukkan kedalam sheath (sarung pisau) baru dikemas kedalam kotak kemasan bertuliskan MULTI TOOL. Tidak ada identitas sama sekali mengenai merek tertulis dipisau lipat ini yang menandakan merek HRC78K. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek (bisa jadi merek NexTool, Huohou maupun Fortune Frog juga menggunakan pisau ini tetapi sama mereka diberi tulisan mereknya)! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe.. Pegangan pisau lipat ini terbuat dari besi. Ketika pertama kali membuka, penulis temukan ada sedikit minyak yang dioleskan ke pisau lipat untuk menjaga kelancaran dalam penggunaannya.

Tampilan HRC78K Terlipat Berukuran 10,8cm
Tampilan HRC78K Terlipat Berukuran 10,8cm

Tampilan HRC78K Terbuka Berukuran 16,3cm
Tampilan HRC78K Terbuka Berukuran 16,3cm
Ukuran pisau dalam keadaan terlipat adalah 10,8cm, sedangkan ketika terbuka adalah 16,3cm. Sepertinya penulis salah ketika mengukur panjang terbuka pisau lipat Fortune Frog FGM-02.

Tampilan Depan HRC78K Ketika Tools Terbuka
Tampilan Depan HRC78K Ketika Tools Terbuka

Tampilan Belakang HRC78K Ketika Tools Terbuka
Tampilan Belakang HRC78K Ketika Tools Terbuka

Tampilan Depan Tang HRC78K
Tampilan Depan Tang HRC78K

Tampilan Belakang Tang HRC78K
Tampilan Belakang Tang HRC78K
Menariknya, tang ini dibagian pemotongnya bisa diganti lho apabila mata pemotongnya sudah aus/tumpul. Mata pemotong ini klaimnya terbuat dari bahan Tungsten dan sepasang mata pemotong ini harganya Rp. 36.000,- ataupun menggunakan 12 Bit Set (adapter dan kepala obeng) seharga Rp. 22.000,- untuk merek Fortune Frog.

Tampilan Pengunci Tools Kecil HRC78K
Tampilan Pengunci Tools Kecil HRC78K

Tampilan Pengunci Tools Besar HRC78K
Tampilan Pengunci Tools Besar HRC78K
Bagian pengunci tools juga sama persis dengan Fortune Frog FGM-02, sama-sama dibedakan mekanisme penguncian yang digunakan tools berukuran kecil, yaitu harus menekan ke bawah besi penahan yang dilapisi bahan plastik untuk melipat tools kecil yang digunakan. Sedangkan mekanisme penguncian yang digunakan oleh tools berukuran besar, yaitu harus menekan besi penahan ke samping untuk melipat tools besar yang digunakan.

Tampilan Mata Pisau HRC78K Berukuran 7,4cm
Tampilan Mata Pisau HRC78K Berukuran 7,4cm
Secara keseluruhan, penampilan fisik dari pisau lipat HRC78K ini SAMA PERSIS dengan pisau lipat besutan Fortune Frog FGM-02.


.: PENGUJIAN :.

Namanya juga pisau lipat, langsung saja penulis uji ketajaman pisau yang disematkan. Penulis gunakan untuk mensayat selembar kertas ATM dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata hanya mampu menyayat kertas sekitar 1mm-an saja! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 2,5cm-an saja. Ketajaman mata pisau dipisau lipat ini memang tidaklah terlalu tajam, tetapi tetap masih bisa dipertajam lagi. Gunting hanya penulis uji untuk penggunaan ringan, hanya untuk menggunting kertas ATM bukan dahan tanaman hehehehe..


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, pisau lipat HRC78K ini SAMA PERSIS dengan besutan Fortune Frog FGM-02 ini dapat penulis simpulkan bahwa pisau lipat ini VERY RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan kualitas besi baja yang digunakan bagus serta proses pembuatannya rapih, setara dengan produk besutan NexTool, Huohou maupun Roxon. Pisau ini bisa menjadi alternatif dikarenakan harganya yang lebih murah daripada Fortune Frog FGM-02 tetapi tidak dibekali dengan 12 Bit Set.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau lipat dengan kualitas diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar