Selasa, 16 Januari 2024

Review Pisau Tunala All in One Floating Fillet Knife

Tampilan Depan Tunala All in One Floating Fillet Knife
Tampilan Depan Tunala All in One Floating Fillet Knife
Tunala.. kalau kita mencari merek ini, maka akan muncullah berbagai macam model pisau untuk keperluan dapur. Penulis awalnya ragu dengan merek ini, karena masih asing ditelinga penulis, tetapi merek dari negara Cina (Tunala Industry Co., Ltd.) ini berhasil membuktikan kepiawaiannya dalam membuat berbagai macam pisau diperuntukan bagi keperluan dapur maupun untuk chef (koki). Tunala ini memiliki laman web di tolimer.com. Adapun pisau yang penulis beli adalah Tunala All in One Floating Fillet Knife seharga Rp. 59.000,- di Tokopedia.

Penulis pun penasaran dan mencari tahu dari bahan besi baja apakah pisau ini, karena pisau ini tanpa kemasan sama sekali (bulk). Dilansir laman web-nya, pisau ini menggunakan bahan baja 2CR13 (baja racikan dari Cina). Pisau ini tiba ditangan penulis tanggal 16 Januari 2024 dan penulis langsung uji malam ini. Langsung saja kita ulas saja pisau ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Samping Tunala All in One Floating Fillet Knife
Tampilan Samping Tunala All in One Floating Fillet Knife

Tampilan Belakang Tunala All in One Floating Fillet Knife
Tampilan Belakang Tunala All in One Floating Fillet Knife
Pisau ini dikemas suuaangatlah sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: pisau lipat hanya dimasukkan kedalam sheath (sarung) berwarna hitam dan dibungkus plastik bening. Dan ternyata, tidak ada tulisan identitas sama sekali mengenai merek Tunala, baik dibilah pisau maupun disarungnya. Menurut penulis, sebenarnya produk ini adalah OEM, alias tidak bermerek! Sehingga siapa saja bebas untuk memberikan nama merek hehehehe..

Tampilan Samping Kanan Tunala All in One Floating Fillet Knife
Tampilan Samping Kanan Tunala All in One Floating Fillet Knife

Tampilan Samping Kiri Tunala All in One Floating Fillet Knife
Tampilan Samping Kiri Tunala All in One Floating Fillet Knife
Penampilan pisau ini ala kadarnya saja, mirip dengan pisau dapur biasa karena masih kasar dalam proses pembuatannya. Bagusnya, pisau ini bilah pisaunya memiliki ketebalan 2mm dan memiliki panjang mata pisau 13,1cm.

Tampilan Mata Pisau Tunala All in One Floating Fillet Knife Berukuran 13,1cm
Tampilan Mata Pisau Tunala All in One Floating Fillet Knife Berukuran 13,1cm


.: PENGUJIAN :.

Tak sabar untuk menguji ketajamannya, langsung saja penulis gunakan untuk mensayat selembar kertas dengan lembut dari pangkal mata pisau sampai ke ujung mata pisau, ternyata mampu menyayat kertas sekitar 2mm-an! Kalau diberi sedikiit saja tenaga, barulah bisa menyayat kertas sekitar 2,6cm-an. Ketajaman mata pisau ini masih kurang tajam, tetapi masih bisa dipertajam lagi. Mengingat ketebalan bahan baja yang digunakan, sebaiknya pisau ini digunakan untuk keperluan sederhana saja, bukan untuk penggunaan heavy duty (pekerjaan berat).


.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, Tunala All in One Floating Fillet Knife ini dapat penulis simpulkan RECOMMENDED untuk dibeli, dikarenakan ukurannya yang kecil dan ringan serta bahan baja yang digunakan termasuk bagus, hanya dibagian pegangan tangan saja yang kasar dalam pengerjaannya. Apalagi bila pisau ini dibandingkan dengan pisau outdoor besutan Krisbow yang harganya sekitar 300rb-an, tetapi susah sekali dipertajam mata pisaunya, maka penulis lebih memilih pisau ini sebagai piliha kedua setelah pisau besutan Tramontina.

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang sedang mencari pisau outdoor dengan kualitas dan fungsi diatas harganya yang budget friendly..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar