Minggu, 25 Oktober 2020

Unboxing dan Review Double Stick Merek Speeds

Gara-gara melihat pilem IP Man 4: The Finale dimana ada adegan Bruce Lee, murid dari IP Man yang sukses mengajar beladiri di Amrik sana, bertarung dengan salah satu anggota Marinir Amrik, dan si Bruce Lee dengan mahirnya memainkan double stick (bahasa jawa: ruyung) membuat penulis terpukau hahahaha.. Penulis sebenarnya sudah terpana dengan aksi Chang Jung Lim (berperan sebagai Eun-shik Jang) dipilem Korsel tahun 2004, Sex is Zero, diadegan pertunjukan kemampuan beladiri sekolahnya dan dia memainkan dua double stick dengan indahnya.

Akhirnya penulis browsing di Shopee dan pencarian double stick berakhir pada merek Speeds ini. Produk ini ada dua tipe double stick, berbahan kayu (seharga Rp. 32.500) dan berbahan besi (seharga Rp. 27.500). Tanpa pikir panjang, langsung saja penulis pesan kedua tipe, masing-masing sebanyak dua buah. Pesanan akhirnya sampai ditangan penulis jam 10.30 hari ini, dan langsung saja penulis buka sekaligus diulas.

Kemasan Double Stick Merek Speeds
Kemasan Double Stick Merek Speeds, Atas Dari Kayu, Bawah Dari Besi
Bahan dari double stick ini kualitasnya termasuk bagus, mengingat harganya termasuk "ringan" dikantong bagi para pemula yang ingin mencoba bermain double stick. Disini akan penulis ulas satu persatu double stick ini:
 
1. Double Stick Kayu.

Isi Kemasan Double Stick Kayu
Tampilan Isi Kemasan Double Stick Kayu
Panjang double stick ini kurang lebih sekitar 30 cm-an, material dari kayu halus dan dipernis clear untuk tipe yang penulis pilih.

Bentangan Rantai Double Stick Kayu
Tampilan Bentangan Rantai Double Stick Kayu
Rantai yang digunakan berjenis besi tahan karat tetapi penulis belum tahu, apakah tahan karatnya hanya coating (dilapisi) atau memang paten. Panjang bentangan rantai ini kurang lebih sekitar 20 cm-an.

2. Double Stick Besi.
 
Isi Kemasan Double Stick Besi
Tampilan Isi Kemasan Double Stick Besi
Panjang double stick ini kurang lebih sekitar 30 cm-an, material dari besi tahan karat tetapi penulis belum tahu, apakah tahan karatnya hanya coating (dilapisi) atau memang paten.
 
Bentangan Rantai Double Stick Besi
Tampilan Bentangan Rantai Double Stick Besi
Rantai yang digunakan sama persis dengan yang digunakan double stick kayu. Panjang bentangan rantai ini juga sama, yaitu kurang lebih sekitar 20 cm-an.

Double Stick Besi Bisa Disatukan Menjadi Single Stick
Tampilan Double Stick Besi Bisa Disatukan Menjadi Single Stick
Kelebihan dari double stick besi ini adalah bila tidak digunakan dapat "disatukan" menjadi single stick berukuran kurang lebih 60 cm-an, untuk menyatukannya cukup dengan menyatukan kedua stick melalui ulir yang sudah tersedia.

Hasil pengujian yang penulis lakukan, kedua jenis double stick ini RECOMMENDED, keduanya memiliki berat yang hampir sama, tetapi saran penulis bagi pemula sebaiknya menggunakan yang berjenis kayu terlebih dahulu, yaa minimal mengurangi cidera benjol atau bengkak bila terkena besi.. Paling tidak kalau terkena kayu memar sedikit lah hehehe..

Untuk penggunaan lebih nyaman yang berbahan kayu karena enak digenggam dan bentuk stick-nya kecil mulai diujung dekat rantai dan melebar sampai diakhir stick.. Sedangkan yang berbahan besi, bentuk stick-nya dari ujung dekat rantai sampai diakhir stick tetap sama, cuman mendekati akhir stick dibuat kasar agar mudah digenggam.. Apabila telapak tangan anda mudah berkeringat, perlu diwaspadai bila menggunakan double stick besi ini, dikhawatirkan licin sehingga bisa terlepas dan akhirnya terjadi hal yang tidak anda inginkan.

Akhir kata, sebelum menggunakan double stick ini, pastikan keadaan sekeliling anda aman, karena jangkauan double stick ini sekitar 80 cm-an, belum lagi ditambah oleh panjang tangan anda ketika memainkannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Semoga ulasan singkat ini berguna bagi anda yang sedang mencari double stick untuk menyalurkan bakat minat anda dalam beladiri atau menjadi the next Bruce Lee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar