Selasa, 22 Desember 2020

Unboxing dan Review Tablet Windows 8.1 Merek SpeedUp EDU

Gambaran Tablet PC Ainol iNNOV 8
Gambaran Tablet PC Ainol iNNOV 8
Pada tahun 2014-an, penulis pernah membeli Tablet PC merek Ainol iNNOV 8 dari AliExpress seharga kurang lebih Rp. 2.400.000-an. Spek dari Tablet PC tersebut tergolong lumayan, yaitu menggunakan prosesor Intel Z3735D bukan menggunakan Z3735F atau Z3735G seperti kebanyakan tablet lainnya. Ketika terjadi perpindahan dari Denpasar Bali menuju ke Malang Jawa Timur, penulis sedikit melupakan keberadaan tablet tersebut dan ketika penulis menyalakan kembali tablet tersebut, alhasil yang muncul hanyalah tampilan garis yang berwarna-warni saja. Penulis berpikir kemungkinan besar kabel flexibel dari mainboard ke layar tablet tersebut mengalami kerusakan dan bisa diakali dengan menyambungkan ke layar monitor PC menggunakan kabel HDMI untuk melihat tampilan dari tablet tersebut. Alhasil, tetap saja tampilannya blank alias gelap segelap-gelapnya!
 
Ketika penulis berselancar di Tokopedia, penulis kembali menemukan Tablet PC dengan merek SpeedUp EDU dengan harga hanya Rp. 1.539.000,- saja! Penulis mencoba menghubungi pihak penjual melalui layanan percakapan diaplikasi Tokopedia tersebut dan gayung pun bersambut. Penjual memberitahu bahwa produk yang mereka jual masih BNIB (Brand New In Box) alias masih benar-benar baru tetapi stok lama, maklum puncak ketenaran Tablet PC berada ditahun 2014. Tanpa pikir panjang lagi, penulis langsung membelinya dan enaknya berbelanja di Tokopedia adalah disediakan opsi layanan asuransi selama setahun penuh terhadap barang elektronik yang kita beli.

Tanpa panjang lebar lagi, mari kita lihat ulas tentang tablet merek SpeedUp EDU ini:
 
Tampilan Depan Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU
Tampilan Depan Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU
 
Tampilan Belakang Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU
Tampilan Belakang Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU
 
Tampilan Samping Kanan Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU
Tampilan Samping Kanan Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU

Tampilan Samping Kiri Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU
Tampilan Samping Kiri Kotak Kemasan Tablet PC Merek SpeedUp EDU

Tampilan Isi Kotak Kemasan Ketika Dibuka
Tampilan Isi Kotak Kemasan Ketika Dibuka

Tampilan Isi Kemasan Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Isi Kemasan Tablet Merek SpeedUp EDU

Isi dari kemasan adalah tablet itu sendiri, keyboard docking, stylus, charger, earphone, kaca pembesar, kabel untuk remote, buku petunjuk dan stiker cadangan tablet.

Tampilan Depan Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Depan Tablet Merek SpeedUp EDU
Keseluruhan layar terlapisi minyak, maklum karena stok lama, karet sintetisnya mengeluarkan minyak dan akan menyebabkan karet sintesis tersebut menjadi getas alias mudah rontok. Pada layar depan disebelah kiri atas terdapat ambient sensor untuk mendeteksi pencahayaan, ditengah-tengah terdapat kamera depan dengan fixed focus dan dibawahnya terdapat tombol indikator warna biru gambar kamera bekerja yang akan berkedip ketika tablet pertama kali start. Disebelah kanan layar terdapat slot untuk penempatan stylus.

Tampilan Belakang Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Belakang Tablet Merek SpeedUp EDU

Tampilan Bawah Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Bawah Tablet Merek SpeedUp EDU
Bagian bawah tablet terdapat konektor dan pengait docking keyboard untuk menyatukan tablet dengan docking keyboard menjadi laptop.

Tampilan Atas Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Atas Tablet Merek SpeedUp EDU
Bagian atas tablet terdapat tombol Power  (warna jingga) untuk menyalakan dan mematikan layar tablet serta untuk menyalakan tablet ketika tablet di-shutdown. Disebelah tombol power terdapat tombol untuk menaikkan dan menurunkan suara speaker.

Tampilan Samping Kiri Dengan Penutup Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Samping Kiri Dengan Penutup Tablet Merek SpeedUp EDU

Tampilan Samping Kiri Tanpa Penutup Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Samping Kiri Tanpa Penutup Tablet Merek SpeedUp EDU
Bagian samping kiri tablet terdapat tombol Start Menu/Back  untuk kembali ke Start Menu Windows 8.1 ataupun sebagai tombol kembali ke sebelumnya. Apabila penutup dibuka, maka akan terlihat adanya jack 3,5 mm untuk earphone, slot kartu microSD, port micro USB, port mini HDMI dan konektor untuk charger.

Tampilan Docking Keyboard
Tampilan Docking Keyboard

Tampilan Tablet Disatukan Dengan Docking Keyboard dan Dinyalakan
Tampilan Tablet Disatukan Dengan Docking Keyboard dan Dinyalakan
 
Tampilan Tablet Dapat Dipasang Terbalik Pada Docking Keyboard
Tampilan Tablet Dapat Dipasang Terbalik Pada Docking Keyboard
Ketika tablet disatukan dengan docking keyboard, cengkraman dari pengait sangat kuat dan posisi tablet tidak goyah.

Tampilan Tablet Ditutup dan Dijinjing
Tampilan Tablet Ditutup dan Dijinjing

Tampilan Informasi Mendasar Tablet Merek SpeedUp EDU
Tampilan Informasi Mendasar Tablet Merek SpeedUp EDU
Pada tampilan informasi mendasar tentang tablet ini, dapat diketahui bahwa versi Windows yang digunakan adalah Windows 8.1 with Bing.

Sekarang saatnya untuk menguji tablet ini, tetapi penulis tidak menguji unjuk kerja dari tablet ini, hanya menguji kemungkinan yang dapat dilakukan oleh tablet ini, semisal:
  1. Apakah flashdisk/harddisk/DVD drive portable bisa digunakan booting pada tablet ini?
  2. Apakah kita bisa masuk kedalam BIOS tablet ini?
  3. Apakah versi OS nya dapat dirubah selain Windows?
  4. Apakah eMMC nya dapat dipartisi ulang sesuai keinginan penggunanya?
Menjawab pertanyaan Pertama, tancapkan flashdisk/harddisk/DVD drive portable ke port USB di docking keyboard, ketika tablet menyala (start) langsung tekan berulangkali tombol F11 hingga muncul tampilan Boot Menu. Kemudian pilih flashdisk/harddisk/DVD drive portable tadi untuk booting.
 
Tampilan Boot Menu Setelah Penekanan Tombol F11
Tampilan Boot Menu Setelah Penekanan Tombol F11
Menjawab pertanyaan Kedua, untuk masuk kedalam BIOS, ketika tablet menyala (start) langsung tekan berulangkali tombol F11 hingga muncul tampilan Boot Menu seperti gambar diatas. Kemudian gunakan tombol Tab untuk memilih Tab App Menu.
 
Tampilan App Menu
Tampilan App Menu
Kemudian gunakan tombol Panah Atas atau Panah Bawah untuk memilih Setup dan kemudian tekan tombol Enter untuk masuk ke BIOS.
 
Menjawab pertanyaan Ketiga, karena flashdisk/harddisk/DVD drive portable dapat digunakan booting, maka kemungkinan besar OS Windows ini dapat diganti dengan OS selain Windows. Tetapi harap diperhatikan driver yang sesuai dengan OS baru harus disiapkan dengan baik dan jangan lupa untuk selalu melakukan backup sebelum melakukan pemasangan ulang OS agar tidak kerepotan nantinya.

Menjawab pertanyaan Keempat, kemungkinan eMMC bisa dipartisi ulang, karena penulis sempat masuk ke EFI Shell dengan cara ketika tablet menyala (start) langsung tekan berulangkali tombol F12 hingga muncul tampilan command prompt EFI Shell. Untuk keluar dari EFI Shell ini cukup ketikkan perintah exit kemudian tekan tombol Enter untuk memulai ulang tablet ini.
 
Tampilan EFI Shell Setelah Penekanan Tombol F12
Pada tampilan EFI Shell ini dapat terlihat bahwa eMMC sebesar 32 GB ini dibagi menjadi 5 buah partisi. Melihat dari kapasitas eMMC yang tersisa melalui Windows Explorer di Windows, dapat terlihat bahwa kapasitas eMMC sebesar 22,7 GB. Hal ini memiliki arti bahwa kapasitas eMMC 32 GB kemungkinan besar terbaca sekitar 28-an GB, jadi ada sebuah partisi yang memiliki kapasitas kurang lebih 6 GB yang dicadangkan/disembunyikan oleh pabrik yang kemungkinan besar dijadikan sebagai partisi recovery.

Dari hasil pengujian, secara keseluruhan unjuk kerja dari tablet merek SpeedUp EDU ini dapat penulis katakan RECOMMENDED, dikarenakan harganya yang sudah jauh turun tetapi mendapatkan barang baru stok lama dibandingkan anda membeli tablet seken ternama dengan spesifikasi yang sama tetapi dengan harga jauh lebih mahal. Jadilah smart buyer (pembeli yang cerdas)!!! Selain itu, tablet ini cukup portable dan mumpuni bila hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantor sederhana semisal menulis dokumen pada Microsoft Word ataupun melakukan presentasi sederhana menggunakan Microsoft PowerPoint, berselancar di internet dengan jumlah tab yang dibuka diperamban tidak terlalu banyak, maupun hanya untuk sekedar memainkan permainan kelas ringan, mendengarkan musik ataupun menonton pilem kualitas HD.
 
Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin memiliki Tablet PC dengan harga terjangkau tetapi masih ragu tentang kualitas dan fitur dari tablet merek SpeedUp EDU ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar