Rabu, 30 Januari 2019

Ganti Keyless Chuck Pada Impact Drill Merk Skil 10mm

Nah, kemarin pada tanggal 23 Januari 2019 saya mengganti chuck bor merek Krisbow yang notabene berjenis impact drill 13mm. Saya punya korban baru untuk penggantian chuck, yaitu impact drill merek Skil tapi berukuran 10mm, apa bisa bor Skil ini dirubah menjadi keyless chuck juga ya?

Tampilan impact drill Skil 10mm
Awalnya ragu, apakah as bor ini sama untuk ukuran 13mm maupun 10mm. Tapi tidak ada salahnya dibongkar untuk mengobati keraguan tentang bor ini hehehehe..

Pastikan mata obeng pas dengan baut pengunci chuck
Setelah siap, putar chuck agar menganga dan dapat terlihat jenis baut yang mengunci chuck-nya. Kebetulan baut pengunci chuck bor Skil ini sama seperti merek Krisbow, yaitu model +.

 Langkah selanjutnya adalah memilih dan memastikan mata obeng + benar-benar pas dengan ukuran + baut agar ketika dalam proses pembukaan menggunakan obeng getok baut tidak rusak.

Pasang kunci chuck untuk menahan supaya chuck tidak ikut berputar
Langkah selanjutnya adalah memasang kunci chuck untuk menahan supaya chuck tidak ikut berputar ketika baut pengunci dibuka menggunakan obeng getok. Putar obeng getok kearah kanan (searah jarum jam) hingga mengunci, selanjutnya pukul obeng getok menggunakan palu. Kemudian putar baut pengunci searah jarum jam hingga terlepas.

Langkah yang sama tidak saya jelaskan lagi, bisa dilihat di artikel "Ganti Keyless Chuck Pada Hammer Drill Merk Krisbow".

Ternyata ukuran as bor Skil sama untuk keyless chuck
Langkah selanjutnya adalah memasang keyless chuck dengan cara memasang ke as dan diputar searah jarum jam hingga mentok. Untuk mengencangkan lagi, pegang keyless chuck dan hidupkan bor pada posisi forward, tekan pelan-pelan tombol bor hingga terasa chuck mentok. Kemudian memasang baut pengunci dengan cara memutar keyless chuck agar menganga, kemudian masukkan baut penguncinya. Putar baut pengunci berlawanan arah jarum jam hingga mentok. Kemudian putar obeng getok kearah kiri (berlawanan arah jarum jam) hingga mengunci, selanjutnya pukul obeng getok menggunakan palu.

Setelah selesai, saatnya menguji coba penguncian mata obeng pada keyless chuck dan kemudian bor dinyalakan untuk melihat, apakah mata obeng tetap lurus ketika bor digunakan. Bila mata obeng tetap lurus ketika bor berputar, maka bor siap digunakan. Apabila mata obeng tidak lurus, maka kemungkinan kualitas chuck-nya tidak bagus dan harus diganti lagi.

Begitulah kira-kira cara mengganti sendiri chuck bor dengan peralatan yang ada. Silahkan mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar