Minggu, 03 Maret 2019

Ganti Stacked/Double Knob di Gitar Bass Cort GB35A

Kali ini baru ada kesempatan untuk memperbaiki gitar bass merek Cort seri GB35A.. Gitar bass ini stacked/double knob bagian atasnya hilang, maklum namanya juga beli gitar bass ini dalam kondisi seken hehehe.. Meskipun seken, tapi gitar bass ini juga mantab kok buat pemula karena 5 string..

Stacked knob bagian atas yang hilang

Tidak perlu bertele-tele, mari kita ganti stacked knob ini, yang diperlukan adalah kunci hex (kunci L) ukuran 2mm dan stacked knob yang baru. Pertama-tama, kita buka dulu stacked knob yang lama dengan menggunakan kunci hex, baut yang ada di samping stacked knob diputar ke arah kiri.

Baut di stacked knob putar ke arah kiri untuk membuka

Kemudian angkat stacked knob, bersihkan gagang potensiometer untuk dipasang stacked knob yang baru.

Bersihkan gagang potensiometer untuk dipasang stacked knob baru

Selanjutnya, pasang bagian bawah stacked knob ke gagang potensiometer, atur jarak ketinggiannya dari badan gitar agar ketika knob diputar tidak bergesekan dengan badan gitar yang dapat mengakibatkan lecet pada cat gitar, kencangkan dengan memutar baut ke arah kanan.

Pemasangan stacked knob yang baru

Terakhir, pasang bagian atas stacked knob ke gagang potensiometer, atur jarak ketinggiannya dari bagian bawahnya agar ketika knob diputar tidak bergesekan dengan knob bagian bawah, kencangkan dengan memutar baut ke arah kanan. SELESAI.

Begitulah kira-kira cara mengganti sendiri stacked/double knob pada gitar bass. Silahkan mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar