Rabu, 20 Maret 2019

Prince of Persia

Layar pembuka Prince of Persia versi Mac
Ingatkah anda akan permainan ini???
YA, itu adalah permainan bernama Prince of Persia, yang dibuat oleh Jordan Mechner pada tahun 1989 (DOS) dan 1992 (Mac). Permainan ini merupakan salah satu permainan yang gerakan dari karakter si Prince sudah smooth alias gerakannya sudah mulus tanpa kelihatan ada jeda pada pergerakan karakternya. Prince of Persia ini dibuat versi untuk PC maupun Mac. Untuk versi Mac, detailnya lebih bagus sekali dibandingkan versi PC-nya dikarenakan pada saat itu Mac relatif sudah lebih canggih daripada PC kebanyakan.

Layar pembuka Prince of Persia 2 versi PC

Kemudian permainan ini dilanjutkan versi keduanya pada tahun 1994, yaitu Prince of Persia 2: The Shadow and the Flame dimana di versi ini sang Prince dapat berubah menjadi bayangan (shadow) dengan cara menekan gerakan kiri dan kanan secara cepat bergantian sampai sukma sang Prince muncul, tetapi waspadai blood bar (persediaan darah) harus penuh, bila tidak sang Prince akan mati betulan tanpa ada kemunculan sukmanya.

Sekuel permainan ini muncul kembali pada tahun 1999, yaitu Prince of Persia 3D (juga dikenal dengan nama lain Arabian Nights) dimana permainan ini semakin menarik karena 3D dan menurut saya pribadi sudah bagus untuk permainan 3D ditahun tersebut. Pada saat itu, kartu grafis yang mumpuni adalah Voodoo atau nVidia untuk menjalankan permainan tersebut, itupun sekelas Voodoo 2 (add-on) / Voodoo Banshee (standalone) yang terkenal dengan Glide (fitur API 3D pada kartu grafis Voodoo). Terdapat suatu bug (kesalahan) yang fatal pada permainan ini, seingat saya ketika di level 4 dan berada di dalam perpustakaan, ketika mendorong rak buku, permainan ini akan force close (menutup dengan sendirinya) balik ke Windows. Sehingga pada saat itu ada patch (penambalan) pada permainan ini yang hanya bisa di unduh di laman www.megagames.com.

Berikutnya, permainan ini dikembangkan oleh Ubisoft dan menelurkan lima sekuel, yaitu: Prince of Persia: The Sands of Time (2003), Prince of Persia: Warrior Within (2004), Prince of Persia: The Two Thrones (2005), Prince of Persia (2008), dan Prince of Persia: The Forgotten Sands (2010).
Untuk bernostalgia kembali dengan permainan Prince of Persia ini, saya membagikan tautan untuk mengunduh permainan ini (semuanya sudah crack):

1. Prince of Persia (DOS v1.4 dan Mac).
2. Prince of Persia 2: The Shadow and the Flame  (DOS dan Mac).
3. Prince of Persia 3D (Game, video).
4. Prince of Persia: The Sands of Time (Game, video).
5. Prince of Persia: Warrior Within (Game, video).
6. Prince of Persia: The Two Thrones (Game, video).
7. Prince of Persia 2008 (Windows).
8. Prince of Persia: The Forgotten Sands (Windows).

Untuk seri Prince of Persia 3D dan selanjutnya, saya pisahkan program inti permainan maupun video-nya, karena video-nya sendiri berkapasitas sangat besar. Agar dapat menikmati permainan seutuhnya, sebaiknya diunduh inti maupun video dan ekstrak ditempat yang sama.

Selamat menikmati dan bernostalgia dengan permainan Prince of Persia ini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar