Sabtu, 09 Maret 2019

Emulator Mac OS 9 di PC

Dari dulu waktu masih jaman SLTP dan SMU, saya mengidam-idamkan punya komputer Mac, dimana waktu itu komputer Mac tampilannya sangat keren banget, baik dari bentuk komputer maupun OS-nya yang pada waktu itu masih menggunakan Mac OS 7.0 sampai 9.0.4. Tetapi harapan itu sirna sudah, karena harga komputer Mac waktu itu sangatlah mahal dan jarang ada orang yang punya dan mulai dari tahun 2001-an Mac menggunakan Mac OS X yang tampilannya berubah drastis tidak classic lagi.

Bila anda sekalian punya keinginan yang sama seperti saya, atau mengobati rasa nostalgia Mac classic, maka ada emulator yang bernama SheepShaver agar dapat menjalankan aplikasi maupun Mac OS versi 7.6 - 9.0.4. Kendala yang dihadapi ketika menggunakan emulator ini adalah kesusahan dalam file sharing di OS Windows, dimana kita harus menggunakan aplikasi lain semisal HFV Explorer dimana kita harus membuat virtual harddisk file yang digunakan untuk menyalin file dari PC ke emulator tersebut.

Tetapi ada seorang mahasiswa di Universitas Colombia bernama Edward Mendelson yang meng-custom emulator SheepShaver dengan nama MacOS9AppInstaller sehingga memudahkan dalam file sharing pada OS Windows maupun Mac OS X. Emulator ini dapat diunduh disini atau disini. Berikut beberapa tampilan emulator ini pada PC saya pribadi:

Tampilan startup Mac OS 9

Tampilan desktop Mac OS 9

Tampilan icon This PC bila diklik, muncul drive yang ada di PC kita

Tampilan isi drive D: pada PC saya pribadi

Selamat menikmati dan bernostalgia kembali dengan Mac OS 9!

1 komentar: