Rabu, 18 November 2020

Mobil Coupe Yang Beredar di Indonesia

Kendaraan Coupe Pertama
Kendaraan Coupe Pertama
Penulis sangat tertarik dengan mobil jenis coupe (2-pintu) karena modelnya yang sangat catchy dan sporty, biasanya memiliki performa yang lebih baik daripada tipe 4-pintunya. Beberapa merek mobil coupe ini ada yang memang resmi diedarkan oleh dealer resmi (ATPM) maupun ada yang tidak resmi (melalui importir umum).

Sejarah awal mobil coupe berasal dari kereta kuda yang memiliki 2-pintu yang diperkenalkan pada abad ke-18 dengan menghilangkan bangku yang ada didepan (berhadapan) dan sebagai kendaraan ideal bagi wanita untuk pergi berbelanja maupun kunjungan sosial.
 
Di negara Indonesia yang kita cintai ini sangat jarang sekali melihat mobil coupe ini, maklum kebiasaan orang Indonesia adalah senangnya naik kendaraan yang bisa dipake rame-rame, sedangkan coupe biasanya hanya tersedia kursi untuk dua orang ataupun konfigurasi 2+2 tetapi kursi belakang biasanya hanya muat untuk anak-anak saja. Tanpa panjang lebar, mari kita bahas satu-persatu mobil jenis coupe yang beredar di Indonesia:

1. Hyundai Tiburon.

Tidak semua coupe memiliki bentuk indah, yang mungkin cendrung lebih mengarah ke bentuk aneh. Salah satunya cukup sering kita temui di Indonesia adalah Hyundai Tiburon atau lebih dikenal dengan Hyundai Coupe berkode body RD2. Nama Tiburon sendiri diambil dari bahasa Spanyol yang artinya Hiu, mobil ini adalah versi facelift generasi pertama dari Tiburon yang dirilis pada tahun 1999, dan berakhir masa produksinya pada 2001. Kerennya lagi, mobil ini sudah frameless untuk kaca pintunya!

Hyundai Tiburon
Hyundai Tiburon
Jantung mekanisnya, Tiburon dibekali oleh Hyundai dengan 3 pilihan mesin, yakni 1.600 cc, 1.800 cc, dan 2.000 cc, 4 silinder, yang memiliki tenaga sebesar 115 dk, 130 dk, dan 138 dk. Sementara torsi maksimalnya 143 Nm, 171 Nm, dan 182 Nm. Terdapat 2 buah pilihan transmisi, yakni 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis, penggerak roda depan. Hasilnya, akselerasi dari 0-100 kpj dituntaskan dalam waktu 8 detik saja, dan kecepatan maksimal mencapai angka 203 kpj untuk transmisi otomatis, sementara transmisi manualnya lebih unggul pada 210 kpj. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD).
Namun cukup disayangkan, masa produksi Tiburon hanya berlangsung hingga generasi keduanya saja, sampai akhirnya disuntik mati oleh Hyundai pada tahun 2008. Penulis pernah melihat harga seken Hyundai Tiburon ini ditawarkan berkisar antara 115 s.d 125 juta tergantung kondisinya untuk yang tahun 2001.

2. Volkswagen Scirocco.

Mungkin bagi sebagian orang nama Volkswagen (VW) Scirocco cukup asing terdengar. Tapi pagi pecinta mobil coupe atau berpintu dua, terutama para penggemar VW nama Scirocco tentunya sangat tidak asing. Mobil hatchback dengan kapasitas 4 penumpang ini bisa dibilang dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi mobil incaran. Ya, karena Scirocco tidak lagi dijual secara resmi oleh VW Indonesia.

Volkswagen Scirocco
Volkswagen Scirocco
Di Indonesia, VW Scirocco ditawarkan dalam 2 pilihan mesin dengan turbocharge; 1.400 cc, 4 silinder, bertenaga 158 HP dengan torsi maksimal 240 Nm. Sedangkan mesin kedua memakai kapasitas 2.000 cc, 4 silinder, bertenaga 262 HP dan torsi 350 Nm. Pilihan transmisinya pun terdiri dari dua pilihan, yakni manual 6 percepatan dan otomatis 7 percepatan dengan DSG. Mobil dua pintu ini sanggup melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 6-8 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimal yang dapat diraih oleh mobil ini mampu mencapai 220-240 km/jam. Selain mesin, pilihan atapnya pun terdiri dari dua varian yang berbeda; versi standard dan atap kaca model panoramic. Mobil ini juga frameless untuk kaca pintunya serta memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Penulis pernah melihat harga seken VW Scirocco ini ditawarkan berkisar diangka 300 juta-an tergantung kondisinya.

3. Honda CR-Z.

Mobil dengan konsep hatchback yang lebih sporty hanya berkapasitas 2 orang yang cocok digunakan pasangan muda adalah Honda CR-Z yang mana mobil ini telah diciptakan sejak tahun 2010 lalu dan memiliki generasi terakhir yang diluncurkan pada tahun 2014 lalu dengan model yang dinamakan Honda CR-Z 2015.

Honda CR-Z
Honda CR-Z
Sesuai dengan konsep yang diciptakan yakni membuat mobil sport dengan harga terjangkau mengharuskan spesifikasi Honda CR-Z memiliki performa mesin yang tidak begitu bisa dibanggakan, yaitu menggunakan mesin SOHC 1.5L 4 silinder segaris dengan 16 katup, i-VTEC, DWB dan TBR diklaim dapat menyemburkan daya maksimal hingga 120 PS pada 6.600 RPM dengan torsi maksimal mencapai 145 Nm membuat Honda CR-Z ini dirasa sudah cukup untuk kebutuhan dalam kota yang kental dengan karakter stop and go. Tidak ketinggalan mobil sport ini juga dilengkapi dengan motor listrik yang menggunakan baterai 12 V-28 Ah dapat memberikan tenaga tambahan mencapai 20 PS pada 2.000 RPM dengan torsi maksimal 78 Nm pada 1.000 RPM. Tenaga Honda CR-Z tersebut disalurkan melalui transmisi 6 percepatan yang tersedia dalam dua pilihan yakni manual dan otomatis. Di mana pada setiap pilihan transmisinya diberikan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) yang memberikan perpindahan gigi dengan halus tanpa hentakan. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Penulis pernah melihat harga seken Honda CR-Z  ini ditawarkan berkisar diangka 200 juta-an tergantung kondisinya.

4. Mercedes Benz 300CE.

Mercedes-Benz 300CE ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1988 di Eropa dan beberapa tahun kemudian pada 1993-1994, Mercedes juga memproduksi 300CE dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Lebih dari 1 dekade silam, mobil pintu 2 ini bisa dibilang cukup terasingkan dan kerennya lagi, mobil ini juga sudah frameless untuk kaca pintunya serta memiliki struktur desain yang tidak memiliki pilar B!

Mercedes Benz 300CE
Mercedes Benz 300CE
Mesin yang digunakan oleh Mercedes-Benz 300CE generasi pertama menggunakan mesin berkode M103.983 dengan dua pilihan mesin. Mesin yang pertama adalah mesin berkapasitas 2.960 cc, 6 silinder yang dapat melontarkan tenaga hingga 177 HP jika menggunakan katalitik converter. Jika katalitik tersebut dilepas, mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 188 HP dengan torsi maksimal mencapai 260 Nm. Selain itu, ada juga mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, 2.597 cc, 6 silinder. Mesin ini mampu melontarkan tenaga hingga 158 HP dengan menggunakan katalitik, dan 166 HP saat katalitiknya dilepas. Soal torsinya, mencapai 228 Nm tanpa menggunakan katalitik. Bisa dibayangkan dizaman tersebut tenaga mobil seperti ini menjadi salah satu mobil kencang yang ada di jalan raya.Untuk mobil di tahun tersebut, direkomendasikan mobil ini untuk menenggak bahan bakar dengan kadar RON minimal 91 dengan RON 96 yang disarankan. Sayangnya, di Indonesia pada zaman tersebut belum tersedia bahan bakar dengan spesifikasi yang ditentukan. Maka dari itu, proses homologasinya terhambat dan jika diisi dengan bahan bakar Indonesia biasanya saluran injeksinya kerap bermasalah. Penulis pernah melihat harga seken Mercedes Benz 300CE ini ditawarkan berkisar diangka 100 s.d 200 juta-an tergantung kondisinya.

5. BMW E30 325is.

BMW E30 adalah mobil kelas eksekutif berukuran kompak yang diproduksi oleh pabrik mobil BMW. Menilik nama sebutan dari BMW tersebut diambil dari kode Sasis yang digunakan yaitu E30. Munculnya E30 lantaran dipicu oleh rumor akan hadirnya “Baby Mercedes” yang merupakan pesaing utama pabrikan asal Jerman ini.

BMW E30 M3 325is
BMW E30 325is
Tahun 1987, diperkenalkan BMW 324td. Mesin dieselnya dilengkapi dengan turbo, sehingga mampu menghasilkan 115 HP. Tak lama kemudian BMW 325i dan BMW 325is menyusul masuk dalam jajaran keluarga besar E30. BMW 325is banyak dipuji karena karakter sportnya, serta outputnya yang mencapai 168 HP. Dengan besarnya tenaga tersebut menjadikan BMW 325is menjadi BMW Seri 3 yang paling bertenaga pada saat itu. Akselerasi dari 0 sampai dengan 60 mph hanya membutuhkan waktu 7.4 detik saja. Varian ini dipuji sebagai BMW Seri 3 pertama yang bisa menyamai karakter sport BMW2002ti. Penulis pernah melihat harga seken BMW E30 "gelap", berkisar diangka 400 s.d 500 juta-an tergantung kondisinya.

6. Honda Civic Estilo (SR3).

Honda Civic Estilo hadir di Indonesia sekitar tahun 1992-1995 dan dijual secara resmi oleh PT. Honda Prospect Motor. Salah satu alasan mengapa model ini masih fenomenal hingga saat ini dikarenakan desain eksteriornya bisa mengikuti zaman tak lekang oleh waktu dan nyatanya masih bisa dibilang relevan dengan mobil-mobil terbaru saat ini.

Honda Civic Estilo (SR3)
Honda Civic Estilo (SR3)
Mobil ini dipersenjatai mesin empat silinder segaris SOHC dengan kapasitas 1.596 cc bertenaga 120 HP, dengan torsi maksimal 150 Nm pada putaran 5.500 RPM. Dimensi bodi Civic Estilo juga terbilang kompak dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.350 mm. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Penulis pernah melihat harga seken Honda Civic Estilo "gelap", berkisar diangka 100 s.d 200 juta-an tergantung kondisinya.

7. Mazda MX-6.

Mazda MX-6 merupakan unit yang sama dengan Mazda 626 Coupe sering juga disebut Mazda Capella C2 dan keduanya dipasarkan di Indonesia. Mazda MX-6 mulai di pasarkan pada 1987 untuk lima tahun dan merupakan generasi kelima dari Mazda Capella dengan penggerak roda depan. Dari segi penampilan MX-6 dinilai mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan mobil lain yang ada di pasaran pada saat itu. Salah satu kelebihannya adalah MX-6 memiliki dua pintu yang menarik lebih banyak perhatian. Walaupun hanya memiliki dua pintu, penumpang belakang masih memiliki ruangan yang cukup agar mereka bisa duduk dengan nyaman. MX-6 memiliki panjang 4.495,8 mm, lebar 1.689 mm dan tinggi 1.359 mm. Sayangnya, versi yang beredar di Indonesia tidak dibekali sunroof.

Mazda MX-6
Mazda MX-6
Mobil ini dipersenjatai mesin seri FE-3N 2000cc DOHC. Mesin ini menggunakan sistem injeksi yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 148 HP dan torsi 180 Nm. Dengan mesin ini MX-6 menjadi juara di Sentul yang baru saja selesai dibangun pada waktu itu. Salah satu cara pemasaran MX-6 ini memang dengan menunjukan bahwa mobil ini bisa mencapai 200 km/jam dengan waktu yang sangat singkat. MX-6 adalah mobil sedan dengan 2000 cc lebih cepat dibandingkan dengan Mitsubishi Eterna GTi yang sejajar dalam kelasnya. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Penulis pernah melihat harga seken Mazda MX-6 berkisar diangka 25 s.d 45 juta-an tergantung kondisinya.

8. Honda Prelude Generasi Ketiga.

Honda Prelude adalah sports coupe yang diproduksi dari tahun 1978 hingga 2001. Coupe longgar ini berasal dari Honda Accord dan berlangsung selama lima generasi. Pada tahun 1987, Prelude generasi ketiga dirilis di pasar domestik Jepang dan dirilis akhir tahun itu di seluruh dunia.

Honda Prelude Generasi Ketiga
Honda Prelude Generasi Ketiga
Mobil ini ditenagai oleh varian mesin Honda B20A, versi karburator dasar dengan katup valvetrain SOHC 12, atau varian DOHC dengan injeksi bahan bakar PGM-FI Honda dan 16 katup. Mesin dimiringkan ke belakang sebesar 18 derajat, yang memungkinkan untuk membuat kap 30 mm (1,2 in) lebih rendah daripada generasi sebelumnya. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Penulis pernah melihat harga seken Honda Prelude generasi ketiga berkisar diangka 75 s.d 150 juta-an tergantung kondisinya.

9. Nissan Sentra RZ-1.

Platform Nissan Sunny (Sentra) dengan kode B12 pertama kali muncul pada tahun 1985 di Jepang dan terbagi menjadi beberapa bodi seperti sedan 4 pintu sampai sport coupe 3 pintu. Versi sport coupe 3 pintu atau yang lebih sering disebut 2 pintu ini pernah masuk ke Indonesia pada tahun 1988. Di luar sana mobil ini lebih dikenal dengan nama Nissan Sunny RZ-1 sementara di Indonesia cukup dengan nama Nissan Sentra Coupe. Nama RZ-1 sendiri merupakan singkatan dari Runabout Zenith One yang dipakai untuk membedakan mobil ini dengan sport car Nissan Fairlady Z. Bentuk coupe mobil ini sebenarnya tidak berupa coupe 2 pintu murni, melainkan lebih kearah hatchback atau fastback karena pintu bagasinya menyatu dengan kaca belakang dan kaca belakangnya landai.

Nissan Sentra RZ-1
Nissan Sentra RZ-1
Mesin yang dipakai mobil ini adalah CA16DE 4 silinder yang berkapasitas 1600cc DOHC 16 katup injection multi ignition coil dengan transmisi manual 5 percepatan. Mesin dengan rasio kompresi 10:1 ini sanggup menghasilkan tenaga sekitar 122 HP pada 6400 RPM dan torsi 138 Nm pada 5200 RPM. Di Indonesia, mesin seri CA ini merupakan versi paling kencang dan dibrosur iklannya saja Nissan berani menuliskan "Dengan mudah mencapai 200 km/jam" dengan ukuran font yang lumayan besar. Meski begitu, diatas kertas tenaga yang dihasilkan dirasa kurang dibandingkan mesin Corolla GTi dan Lancer GTi. Mobil ini memakai layout FF atau mesin di depan gerak roda depan (FWD). Penulis pernah melihat harga seken Nissan Sentra RZ-1 berkisar diangka 45 s.d 90 juta-an tergantung kondisinya.

11. Honda Civic Nouva (SH3).

Mobil Honda Civic Nouva, dikenal dengan kode sasis SH3 ini dipasarkan pada tahun 1988-1991 dimana pada awal peluncuran nya sangat mendapatkan respon yang sangat bagus. Desain yang sporty pada waktu itu banyak para pecinta mobil hatchback yang memiliki ukuran panjang 3.965mm lebar 1.666mm dan tinggi hanya 1.331mm langsung jatuh hati padanya. Ciri khas desain yang mengotak namun timeless dan sedap dipandang hingga kini meskipun umurnya sudah lebih dari 30-tahun.

Honda Civic Nouva (SH3)
Honda Civic Nouva (SH3)
Mobil ini menggunakan mesin D15B2 dengan konfigurasi 4 silinder segaris, SOHC 16 katup 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan 92 HP / 6.000 rpm dan torsi 119 Nm / 4.500 rpm. Kelebihan mobil ini yang membuat orang tergoda ingin memiliki mobil ini, yaitu harganya sangat terjangkau dan spesifikasi yang gahar. Penulis pernah melihat harga seken Honda Civic Nouva berkisar diangka 35 s.d 55 juta-an tergantung kondisinya.

11. Suzuki Amenity Coupe.

Suzuki Amenity adalah mobil mini jenis hatchback yang dikeluarkan pada tahun 1990-1992 sebagai penerus Suzuki Forsa. Suzuki Amenity coupe ini konon hanya dijual dalam jumlah terbatas di Indonesia, yaitu sekitar 200 unit saja. Jumlah yang cukup minim ini semakin hari semakin sedikit karena sudah mengalami kerusakan maupun jatuh ketangan kolektor. Suzuki Amenity ini mirip dengan Suzuki Esteem sehingga sparepart keduanya dapat saling menggantikan.
Suzuki Amenity Coupe
Suzuki Amenity Coupe
Mobil ini menggunakan mesin G13BA dengan konfigurasi 4 silider segaris, SOHC 8 katup 1300 cc. Tenaga yang dihasilkan 71 HP / 6.000 RPM dan torsi 102 Nm / 4.000 RPM. Komponen mesin ini banyak yang mirip dengan Suzuki Carry Futura sehingga ketersediaan sparepart untuk mobil ini masih terjamin. Penulis pernah melihat harga seken Suzuki Amenity coupe berkisar diangka 20 s.d 35 juta-an tergantung kondisinya.

12. Ford Laser TX3.

Ford Laser TX3 adalah hatchback 3 pintu keluaran 1985-1989 buatan Mazda untuk Ford, diimpor langsung dari Jepang dan dirakit di Indonesia. Ford Laser TX3 ini merupakan versi 3 pintu dari Ford Laser Ghia hatchback dan merupakan kembaran dari Mazda 323 SGX atau 323 hatchback dan mobil ini sering digunakan untuk keperluan rally. Pada sekitar tahun 1988 Ford Laser TX3 ini mengalami facelift yang diberi kode KE, yaitu perubahan mencolok dibagian lampu depan yang sebelumnya sipit menjadi 4 buah lampu bulat. Salah satu keunggulan mobil ini adalah memiliki komponen yang bisa digantikan dengan mobil Mazda lain. Jika Anda kesulitan menemukan kaki-kaki asli mobil, Anda bisa menggunakan kaki-kaki yang sama dengan Mazda 323 Elite/Trendy/SGX, Interplay dan Timor, baik pada versi DOHC maupun SOHC.

Ford Laser TX3
Ford Laser TX3
Mobil ini menggunakan mesin B6 dengan konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 16 katup 1.600 cc dan sanggup memuntahkan tenaga hingga 106 HP. Sparepart mesinnya mirip dengan yang ditanamkan pada Ford Laser Lynx, Gala, Champ, serta Mazda Astina. Penulis pernah melihat harga seken Ford Laser TX3 berkisar diangka 20 s.d 30 juta-an tergantung kondisinya.

13. Honda Civic Wonder SB3.

Honda Civic Wonder SB3 ini adalah versi coupe dari sedan Civic Wonder SB4 yang diproduksi dari tahun 1984-1987. Mobil hatchback ini merupakan salah satu mobil yang cukup keren dimasanya dan sempat meramaikan jalanan raya mulai tahun 1984 silam.

Honda Civic Wonder SB3
Honda Civic Wonder SB3
Mobil ini memiliki berat hanya 835 kg dan ditenagai oleh mesin D13 dengan konfigurasi 4 silinder segaris, SOHC 12 katup 1300 cc. Tenaga yang dihasilkan 71 HP / 6.000 RPM dan torsi 105 Nm / 3.500 RPM. Selain memiliki desain yang minimalis berbentuk kotak dan khas mobil klasik jaman dulu namun tetap terlihat modern sehingga tak heran jika hingga sampai saat ini mobil ini masih tetap saja menjadi primadona bagi pecinta mobil tua. Dan menariknya lagi, harga bekas mobil ini juga sangat murah dan ramah di kantong. Penulis pernah melihat harga seken Honda Civic Wonder SB3 berkisar diangka 15 s.d 30 juta-an tergantung kondisinya.

14. Suzuki Forsa Coupe.

Mobil Suzuki Forsa yang memiliki kode sasis SA310 merupakan versi coupe (juga dikenal sebagai Suzuki Cultus/Swift) dari Suzuki Forsa hatchback 4 pintu pertama kali masuk di Indonesia tahun 1985.

Suzuki Forsa Coupe
Suzuki Forsa Coupe
Mobil ini memiliki berat kurang dari 750 kg dan ditenagai oleh mesin G10A dengan konfigurasi 3 silinder segaris 6 katup, 970 cc. Tenaga yang dihasilkan 48 HP / 5.100 RPM dan torsi 77 Nm / 3.200 RPM. Penulis pernah melihat harga seken Suzuki Forsa coupe berkisar diangka 15 s.d 30 juta-an tergantung kondisinya.

Itulah beberapa mobil sedan coupe yang beredar di Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi, semisal: Toyota 86, Chevrolet Camaro, Ford Mustang, BMW, Mercedes Benz, Peugeot, Porsche, dll. Penulis tidak dapat menambahkan mereka satu persatu karena pertimbangan halaman di-blog ini. Tetapi anda sekalian dapat menambahkan di kolom komentar tentang mobil coupe lainnya yang beredar resmi di Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar