Minggu, 19 Februari 2023

Mengganti Baterai GPS Super Spring SF410 Menggunakan Baterai Jenis 18650

Perangkat GPS Super Spring SF410 Milik Penulis
Perangkat GPS Super Spring SF410 Milik Penulis
Perangkat GPS Super Spring SF410 milik penulis baterainya sudah lemah, dimana karakteristik perangkat GPS ini TIDAK AKAN MENYALA apabila TIDAK TERHUBUNG dengan baterai. Sehingga baterai yang lemah otomatis hanya akan menyalakan perangkat GPS sebentar saja dan kemudian akan mati secara tiba-tiba.

Penulis mencoba mengganti dengan baterai tersebut dengan baterai dari ponsel lain yang ukuran fisiknya sesuai baterai asli, tetapi menurut pribadi penulis tidak efektif, dikarenakan banyak baterai ponsel banyak dijual diluaran sana ternyata versi KW alias palsu  ataupun yang merek lain kadang kapasitasnya tidak sesuai dengan yang tertera.

Penulis memiliki ide dengan mengganti baterai menggunakan baterai jenis 18650 yang sama-sama memiliki tegangan 3.7V serta memiliki kapasitas yang beraneka ragam, mulai dari 2300 - 3600 mAh, dibandingkan kapasitas baterai aslinya yang mungkin hanya berkisar sekitar 650 mAh. Dikarenakan penulis mempunyai stok baterai 18650, maka penulis membeli holder baterai ini secara online dengan harga hanya berkisar Rp. 2.500,- - Rp. 4.500,- saja.

Baterai Bawaan Diganti Dengan Baterai 18650
Baterai Bawaan Diganti Dengan Baterai 18650
Cara mengganti baterai cukup mudah, tinggal buka casing perangkat GPS ini, kemudian dengan menggunakan solder, lepas kabel positif (warna merah) dan kabel negatif (warna hitam) dari baterai bawaan dan sambungkan ke holder baterai 18650. Jangan lupa, sebelum menyolder kabel tersebut, masukkan terlebih dahulu isolation tube (isolasi bakar) untuk melindungi agar sambungan kedua kabel tadi tidak konsleting.

Rapikan Kabel dan Buat Coakan Untuk Kabel Holder Baterai
Rapikan Kabel dan Buat Coakan Untuk Kabel Holder Baterai

Setelah itu, buat coakan didekat pengait casing untuk jalur keluar kabel karena holder baterai penulis tempatkan dibagian belakang casing. Rapikan kabel agar tidak mengganggu ketika casing ditutup dan kabel tidak terlalu mencuat diluar casing.

Cek Bekerja Atau Tidak Baterai 18650Baterai 18650 Bekerja Dengan Baik
Baterai 18650 Bekerja Dengan Baik
Sebelum digunakan, baterai 18650 penulis cas terlebih dahulu sampai penuh menggunakan universal charger untuk melihat kapasitas asli baterai tersebut. Selanjutnya, baterai tersebut penulis ujicoba dan ternyata meskipun baterai dalam kondisi penuh, perangkat GPS melaporkan bahwa kapasitas baterai sekitar 75%.

Charger Perangkat GPS Mendukung Baterai 18650
Charger Perangkat GPS Mendukung Baterai 18650
Penulis coba untuk mengecas baterai 18650 tersebut dan ternyata pengecasan berjalan dengan normal meskipun arus pengecasan terkesan lambat. Meskipun baterai sudah penuh setelah pengecasan, ketika charger dicabut, tetap saja kapasitas baterai dilaporkan 75%.

Penyiapan Peletakan Holder Baterai
Penyiapan Peletakan Holder Baterai
Holder baterai penulis letakkan dibelakang disebelah kiri holder perangkat GPS dan tidak menghalangi tombol RESET. Untuk melengketkan holder baterai, penulis menggunakan isolasi bolak-balik (double tape) diatas dan dibawah stiker SUPER SPRING.

Holder Baterai Duduk Dengan Tenang Ditempatnya
Holder Baterai Duduk Dengan Tenang Ditempatnya
Akhirnya, hasil modifikasi berjalan dengan baik. Keuntungan dari penggunaan holder baterai 18650 adalah ketika baterai soak atau habis maka penggantiannya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus ribet lagi membongkar kembali casing dan menyolder ulang kabel ke baterai yang baru.

Teknik ini kemungkinan juga dapat diaplikasikan ke perangkat elektronik lainnya yang juga menggunakan tegangan 3.7V. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar