Minggu, 19 Februari 2023

Panel Surya Cuma 15 Ribu

Panel Surya Dalam Kemasan Apa Adanya
Panel Surya Dalam Kemasan Apa Adanya
Hari Rabu kemarin (15/02/2023), penulis menyambangi toko Lucky Bundle didaerah Cibinong untuk sekedar melihat-lihat barang apa saja yang dijual disana, kok kelihatan rame setiap harinya.. Dan salah satunya penulis menemukan panel surya mini ini..

Awalnya penulis kurang yakin terhadap panel surya yang penulis beli ini, karena ketika pengecekan produk di Lucky Bundle sendiri berada didalam ruangan dan pihak toko tidak menyediakan AVO meter, so..bagaimana mengetes panel surya ini? Ya sudah, penulis menganggap sama seperti judi ketika membeli panel surya ini, lumayan juga dapat dengan harga cuma Rp. 15.000,-.

Panel Surya Menghasilkan Tegangan Kisaran 12-14V
Panel Surya Menghasilkan Tegangan Kisaran 12-14V
Akhirnya, dihari Minggu ini, penulis mencoba langsung panel surya ini.. Dan ternyata, panel surya ini bekerja dengan baik, menghasilkan tegangan sebesar 12-14V, tergantung dari itensitas sinar matahari yang diterima. Sayangnya, karena produk OEM tanpa merek dan tidak disertai dengan buku petunjuk sama sekali, sehingga penulis tidak tahu berapa besar arus yang dihasilkan oleh panel surya ini. Dugaan penulis, kemungkinan besar arus yang dihasilkan oleh panel surya ini maksimal 1A.

Lumayan, hanya dengan harga Rp. 15.000,- sudah mendapatkan panel surya siap pakai untuk proyek lain atau dirangkai sesuai kebutuhan ke perangkat elektronik lain yang membutuhkan tegangan kerja 12-14V..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar