Kamis, 28 Maret 2024

Unboxing dan Review SmartWatch North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Kemasan North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Kemasan North Edge CR04 (MG02)
Setelah membeli jam pintar North Edge Cross Fit 3, eh muncul lagi produk dari North Edge CR04 (MG02) dengan fasilitas yang SAMA tetapi harga lebih murah, yakni Rp. 699.000,- baik di Tokopedia maupun di Shopee. Ternyata diakun Shopee penulis, penulis masih memiliki koin sebesar 35.000 dan waktu itu ada kupon promo diskon 10%, jadinya penulis menebus jam pintar ini seharga Rp. 591.000,- saja hehehehe.. Jam pintar ini sampai ditangan penulis tanggal 26 Maret 2024 dan baru sempat tuntas menguji pagi ini.. Langsung saja kita ulas secara singkat saja fitur dari jam pintar ini..


.: BUKA KEMASAN :.

Tampilan Isi Kemasan North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Isi Kemasan North Edge CR04 (MG02)
Jam pintar ini dikemas sederhana untuk menekan biaya penjualan, yaitu: jam pintar hanya ditaruh ditempat dari plastik. Magnetic charger, lembar panduan penggunaan dan kartu garansi diletakkan dibawah plastik tempat jam.

Tampilan Depan North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Depan North Edge CR04 (MG02)
Ketika pertama kali akan digunakan, terdapat tulisan distiker untuk mengecasnya terlebih dahulu.

Tampilan Belakang North Edge CR04 (MG02)
Pada bagian belakang jam terdapat sensor untuk heart rate (detak jantung), saturasi oksigen, suhu badan dan magnetic charger receiver yang tidak reversible (tidak bisa dibolak balik letaknya, apabila terbalik maka kutub magnet akan menolak penempelan charger).

Tampilan Magnetic Charger di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Magnetic Charger di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Layar North Edge CR04 (MG02) Ketika Sedang Dicas
Tampilan Layar North Edge CR04 (MG02) Ketika Sedang Dicas
Ternyata baterai dijam pintar ini masih tersisa 6% dan langsung saja penulis cas. Proses pengecasan jam pintar ini lebih cepat daripada North Edge Cross Fit 3.


.: PENGUJIAN :.

Tampilan Layar North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Layar North Edge CR04 (MG02)
Pada bagian depan jam terdapat layar LCD dan tombol HOME dan SPORT. Untuk menyalakan jam pintar ini, tekan dan tahan tombol HOME.

Tampilan Pesan Pemberitahuan di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Pesan Pemberitahuan di North Edge CR04 (MG02)
Dari layar utama apabila ingin membaca isi pesan pemberitahuan, cukup usap layar dari bawah ke atas, maka akan muncul pesan pembertitahuan, untuk membaca isinya cukup tekan saja pesan tersebut. Untuk kembali ke layar utama, cukup usap layar dari atas ke bawah.

Tampilan Setelan Cepat di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Setelan Cepat di North Edge CR04 (MG02)
Untuk memunculkan menu setelan cepat, dari layar utama usap layar dari atas ke bawah, maka akan muncul 5 ikon serta informasi tanggal, hari, bluetooth, kapasitas baterai dan jam.

Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Menu di North Edge CR04 (MG02)
Untuk memunculkan menu utama, dari layar utama usap layar dari kiri ke kanan, maka akan muncul deretan menu dari atas ke bawah. Perpindahan antar menu dari atas ke bawah berjalan cukup lembut, sama seperti di North Edge Cross Fit 3.

Tampilan Mengenai North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Mengenai North Edge CR04 (MG02)
Apabila dilihat secara mendetail dari menu setelan, bahwa unit jam pintar yang penulis terima ini bernama MG02 bukan CR04 lhoo.. Versi firmware yang digunakan adalah versi 0.0.3_812.

Tampilan Kompas di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Kompas di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Tekanan Udara di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Tekanan Udara di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Ketinggian di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Ketinggian di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Detak Jantung di North Edge CR04 (MG02)
Tampilan Detak Jantung di North Edge CR04 (MG02)

Tampilan Penggunaan GPS di North Edge CR04 (MG02) Ketika Olahraga
Tampilan Penggunaan GPS di North Edge CR04 (MG02) Ketika Olahraga
Jam pintar ini fiturnya hampir mendekati jam pintar Garmin Tactical maupun North Edge Cross Fit 3, karena memiliki fitur dan sensor Altitude (ketinggian), Barometer (tekanan udara), Compass (penunjuk arah), Heart Rate (detak jantung), Thermometer (suhu udara) dan GPS (penunjuk lokasi - hanya aktif di running/training). Semua sensor ini bekerja dengan baik dan hasil juga lumayan akurat lhoo...

Apabila ingin masuk ke menu olahraga secara cepat, dari layar utama cukup tekan tombol SPORT saja. Ketika memilih menu olahraga lari, kemudian melakukan setelan, secara otomatis jam pintar ini akan menyalakan fitur GPS trace, tetapi fitur ini dapat dimatikan supaya tidak terlacak hehehe.. Selain itu ada fitur peringatan jarak yang sudah ditempuh dalam kilometer serta peringatan apabila detak jantung melebihi ambang batas.

Tampilan North Edge CR04 (MG02) Terhubung di Aplikasi ZDFit
Tampilan North Edge CR04 (MG02) Terhubung di Aplikasi ZDFit
Aplikasi yang digunakan untuk mensinkronkan jam pintar ini dengan ponsel adalah ZDFit yang dapat diunduh dari PlayStore atau melalui QR Code yang ada dibuku panduan. Apabila jam pintar sudah terhubung dengan ponsel, ketika membuka aplikasi ZDFit maka tampilan awalnya seperti gambar diatas.

Tampilan Notification Didukung Aplikasi ZDFit
Tampilan Notification Didukung Aplikasi ZDFit
Secara bawaan pabrik, aplikasi yang didukung notification-nya oleh aplikasi ZDFit ini hanya 15 buah saja, tetapi dapat ditambahkan lagi dengan mengaktifkan Other apps.

Jangan lupa untuk memperbarui versi firmware-nya, karena dari aplikasi ZDFit terdeteksi ada firmware baru versi 0.0.6, tetapi penulis sudah mencoba dua kali untuk memperbarui tetapi tidak berhasil sama sekali.

Secara umum, jam pintar ini very very worth (sangat sangat berharga) banget lho.. dengan selisih harga cuma sekitar Rp. 250.000,- lebih dari jam pintar North Edge Cross Fit 3 sudah mendapatkan fitur yang SAMA. Mungkin hanya ketahanan daya pakai dan kualitas komponen yang digunakan oleh jam pintar ini saja yang patut dipertanyakan. Kalau dipandang dari resiko keamanan, jika jam pintar ini hilang ya menyesal sih tapi disertai sedikit saja menangis bombay-nya hehehe...

Untuk review lengkap beserta video-nya, bisa melihat dikanal YouTube milik Rizal Fauzy ini.



.: KESIMPULAN :.

Dari pengujian singkat yang telah penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa jam pintar ini VERY RECOMMENDED bagi anda yang mencari jam pintar harga murah tetapi fitur tidak kalah dengan jam pintar Garmin Tactical maupun North Edge Cross Fit 3 lho.. Apalagi selisih harganya lebih murah Rp. 250.000,- dari North Edge Cross Fit 3 layak dan patut dipertimbangkan untuk dimiliki..

Semoga ulasan singkat ini sangat berguna bagi anda sekalian yang ingin membeli jam pintar budget friendly dengan fitur yang sangat mumpuni.. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar